Sukses

Mengenal Tren TikTok Looksmaxxing dan Bahaya yang Perlu Diantisipasi

Looksmaxxing adalah usaha untuk memaksimalkan penampilan, sering kali dengan tujuan mendapatkan pasangan atau validasi sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Mengubah penampilan untuk mendapatkan validasi atau pengakuan dari masyarakat sudah terjadi sejak zaman dahulu. Namun, kehadiran media sosial, terutama TikTok, tren mengubah penampilan telah mencapai tingkat baru.

Di bawah tagar #looksmaxxing yang telah digunakan oleh 1,9 miliar pengguna TikTok, tren ini memamerkan transformasi radikal mereka, mulai dari perubahan sederhana seperti potongan rambut atau make-up, hingga operasi plastik yang kompleks. Tapi, mengapa sekarang? Mengapa ada dorongan besar-besaran untuk memaksimalkan penampilan di era digital ini?

Melansir Body+Soul pada Selasa, 24 Oktober 2023, Looksmaxxing, dalam esensinya, adalah usaha tertinggi untuk memaksimalkan penampilan, sering kali dengan tujuan mendapatkan pasangan atau validasi sosial. Berbeda dari tren kecantikan lainnya yang mungkin didominasi oleh satu gender, looksmaxxing tampaknya menyeberang batas gender.

Baik pria maupun wanita terlibat dalam tren ini, mencari cara untuk meningkatkan penampilan mereka dalam berbagai cara. Namun, seperti halnya dengan setiap tren, ada sisi gelapnya.

Dr Paul Coceancig, seorang ahli bedah terkemuka, mengatakan ada alasan untuk waspada. "Ketika seseorang memutuskan untuk melakukan operasi atau perubahan drastis pada diri mereka berdasarkan tren, ada risiko emosional dan fisik yang terlibat," kata Dr Coceancig.

"Tidak semua prosedur cocok untuk setiap orang, dan penting bagi seseorang untuk memahami risiko dan manfaat sebelum membuat keputusan."

Ia juga menambahkan bahwa tekanan dari media sosial dan keinginan untuk mendapatkan validasi online bisa mendorong seseorang ke keputusan yang mungkin mereka sesali di kemudian hari. Oleh karena itu, penting untuk selalu mendiskusikan dengan profesional dan memahami motivasi sebenarnya di balik keinginan untuk berubah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Timbul Tren Softmaxxing dan Hardmaxxing

TikTok, sebagai platform media sosial populer saat ini, menyajikan berbagai macam konten yang berkaitan dengan penampilan. Tutorial yang menawarkan saran tentang "cara memposisikan rahang Anda untuk foto" atau "gaya rambut yang cocok dengan bentuk wajah Anda" mungkin tampak tidak berbahaya pada pandangan pertama.

Namun, ketika mulai menyelami berbagai jenis tren kecantikan yang ada, kita akan menemukan perbedaan antara "softmaxxing" dan "hardmaxxing".

Softmaxxing biasanya merujuk pada perubahan kecil dan non-invasif untuk meningkatkan penampilan. Contohnya meliputi makeup, gaya rambut, dan pilihan pakaian. Meski demikian, ada beberapa teknik dalam kategori ini yang bisa melampaui batas kesehatan mental pengguna.

Dr Coceancig menyoroti bahwa ada kekhawatiran besar mengenai bagaimana produk dan teknik kecantikan ditujukan kepada generasi muda. Dalam upaya mempercantik penampilan mereka, banyak orang yang dapat dikonsumsi oleh ketidakpuasan diri dan standar kecantikan yang terlalu tinggi.

Hal ini dapat memicu gangguan dismorfik tubuh, suatu kondisi seseorang terobsesi dengan "cacat fisik" yang dirasakan dan bisa mendorong mereka untuk melakukan tindakan radikal untuk mengubah penampilan mereka.

3 dari 4 halaman

Penyalahgunaan Bedah Plastik

Selanjutnya, Dr Coceancig juga mengingatkan tentang risiko yang mungkin tidak dipertimbangkan oleh banyak orang. Prosedur yang mungkin tampak tidak berbahaya, seperti botox, bisa berdampak jangka panjang yang tidak selalu diungkap dengan jelas dalam konten promosi.

Sementara, hardmaxxing merujuk pada upaya perubahan penampilan yang ekstrem dan seringkali bersifat permanen, seperti operasi estetika yang invasif. Hardmaxxing cenderung menimbulkan dampak yang lebih besar dan konsekuensi jangka panjang.

Dr Coceancig, yang berpengalaman di bidang bedah maksilofasial, menyatakan keprihatinannya terhadap arah tren yang kini berkembang. Banyak dari operasi-operasi tersebut yang awalnya dirancang untuk keperluan medis kini semakin sering dilakukan demi tujuan estetika belaka.

Yang lebih mengerikan lagi, menurutnya, adalah adanya kecenderungan bagi beberapa orang untuk mencoba melakukan operasi ini sendiri.

"Penting sekali bagi orang-orang untuk memahami risiko yang ada," tegas Dr Coceancig. "Berkonsultasilah dengan dokter atau ahli bedah sebelum memutuskan untuk menjalani operasi adalah langkah penting untuk memastikan bahwa prosedur tersebut dilakukan dengan benar dan aman."

 

4 dari 4 halaman

Standar Kecantikan Gen Z Ada di Media Sosial

Di era digital saat ini, ketersediaan informasi sering kali menjadi pedang bermata dua. Sementara sumber informasi semakin melimpah, tidak semua informasi tersebut akurat dan bisa diandalkan. Terlebih lagi, platform media sosial seperti TikTok, Instagram, dan Snapchat kadang menyajikan representasi prosedur medis yang tidak akurat atau bahkan menyesatkan.

Dr Coceancig menekankan, "Tanggung jawab ada pada kami, para profesional medis, untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan kepada publik akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Kami harus aktif mengkoreksi kesalahan informasi yang beredar dan memberikan pendidikan yang tepat kepada masyarakat."

Dari perspektif medis, Dr Coceancig mengungkapkan, "Generasi sebelumnya, biasanya pada kelompok usia yang lebih tua, datang dengan harapan untuk mengembalikan penampilan alami mereka, seperti mengencangkan kulit yang kendur atau mengembalikan volume payudara. Namun, untuk generasi yang lebih muda, terutama Gen Z, sudah ada kecenderungan untuk memodifikasi penampilan mereka guna mencapai standar kecantikan tertentu yang terinspirasi oleh media sosial."

Dengan dominasinya media sosial, generasi muda saat ini sering kali merasa perlu menyesuaikan diri dengan standar estetika yang sedang tren, seperti tampilan yang sering muncul di Instagram atau TikTok.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.