Sukses

Sandiaga Uno Ungkap Transaksi Pameran UMKM di MotoGP Mandalika Sudah Nyaris Rp3 Miliar dalam 2 Hari

Menparekraf Sandiaga Uno berharap momen MotoGP Mandalika 2023 dan planogram menjadi ‘booster’ promosi bagi merek-merek yang terlibat termasuk para UMKM.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang MotoGP Mandalika 2023 yang sedang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) bukan sekadar event olahraga tapi juga berdampak pada bidang lainnya seperti pariwisata dan ekonomi kreatif yang melibatkan UMKM. Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menghadirkan Planogram "Goes To Mandalika 2023" di Bandara Lombok untuk mendukung MotoGP Mandalika 2023.

Kemenparekraf berkolaborasi dengan Bank Indonesia, PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, dan Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat. Hal itu diketahui dari unggahan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di akun Instagramnya pada Minggu (15/10/2023).

"Alhamdulillah, kemarin saat saya akan menuju lokasi MotoGP Mandalika penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta menuju Lombok full penumpang, guys! Ini lah salah satu kebermanfaatan yang bisa kita liat dari gelaran event MotoGP di Mandalika. Luar biasa!👍🏻,” tulis Sandiaga Uno di awal keterangan unggahannya.

Setelah itu ia memperlihatkan video instalasi interaktif yang menampilkan 100 merek dari sektor fesyen, kriya, dan kuliner terkurasi ini berlokasi di area lobi terminal penumpang Bandara Lombok, Event ini hanya selama periode MotoGP 2023 yaitu hingga Senin, 16 Oktober 2023.

Sandiaga mengunjungi planogram di Bandara Lombok didampingi oleh Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi dan General Manager Bandara Lombok Rahmat Adil Indrawan, Sabtu,14 Oktober 2023. Ia mengatakan, Planogram ini merupakan bagian dari langkah Kemenparekraf dalam mendukung event sport tourism kelas dunia MotoGP 2023 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, 13-15 Oktober 2023.

"Momen MotoGP dan planogram ini diharapkan menjadi ‘booster’ promosi bagi merek-merek yang terlibat sekaligus menciptakan multiplier effect yang lebih besar," ucap pria yang biasa disapa Sandi ini. Hanya dalam dua hari saja, menurut Sandi, transaksi yang terjadi di acara pameran tersebut sudah mencapai Rp2,9 miliar atau nyaris Rp3 miliar.

Planogram “Goes to Mandalika 2023” memuat informasi dan foto-foto produk kreatif beserta QR Code-nya yang akan tersambung dengan akun resmi pelaku kreatif di marketplace nasional atau platform penjualan lain (media sosial, website, dan lainnya).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

MotoGP Mandalika dan Kebangkitan Ekonomi Indonesia

Dilansir dari Antara, Sabtu, 14 Oktober 2023, pembayaran pembelian produk kreatif dapat dilakukan secara nontunai menggunakan QRIS yang didukung oleh Bank Indonesia. Untuk selanjutnya, produk kreatif akan dikirim ke alamat pembeli melalui jasa ekspedisi pengiriman barang.

Selain itu, terdapat juga display produk yang dapat dibeli secara langsung. "Saya yakin planogram dapat menggeliatkan ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif Mandalika dan sekitarnya serta dapat membuka lapangan kerja yang lebih luas untuk masyarakat yang berujung pada kebangkitan ekonomi Indonesia," kata Sandi.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok Rahmat Adil Indrawan mengatakan, keberadaan planogram ‘Goes to Mandalika 2023’ ini merupakan salah satu wujud komitmen PT Angkasa Pura I dalam ikut serta mendorong kemajuan UMKM dan para pelaku ekonomi kreatif yang mewakili seluruh daerah di Indonesia dan khususnya Provinsi NTB melalui penyediaan ruang promosi di dalam area Bandara Lombok.

"Dalam momentum MotoGP 2023 ini, planogram bisa menjadi alternatif tempat berbelanja bagi para pengunjung bandara," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Sandi juga berharap meningkatnya permintaan penerbangan menuju Lombok bisa membuat harga tiket jadi lebih murah dan penerbangan bisa ditambah. "Kita GASPOL terus pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia untuk mendorong kebangkitan ekonomi dan terciptanya lapangan kerja yang semakin luas🙌🏻," tulis Sandi lagi dalam unggahannya.

 

3 dari 4 halaman

Branding Wonderful Indonesia di Mandalika

Salah satu bentuk dukungan Kemenparekraf terhadap MotoGP Mandalika 2023 adalah pemasangan nation branding Wonderful Indonesia di berbagai titik di dalam sirkuit Mandalika dan sekitarnya.

Branding Wonderful Indonesia ditempatkan di tikungan 16 dan 18 sirkut Mandalika, Wonderful Hiils (Bukit 360), dan beberapa titik lainnya. Selain itu, brand Wonderful Indonesia juga akan dipasang di kendaraan yang akan membawa pembalap MotoGP dalam parade keliling sirkuit Mandalika sebelum sesi warm up lap.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan MotoGP Mandalika merupakan salah satu event wisata olahraga (sport tourism) terbesar di Tanah Air. Mempromosikan nation branding Wonderful Indonesia di event balap motor terbesar di dunia ini adalah strategi yang efektif.

Balapan yang diselenggarakan oleh Dorna ini rencananya akan diliput sekitar 119 media patner. Ajang itu menjangkau lebih dari 200 negara sehingga akan semakin membuat Wonderful Indonesia dikenal dunia.

"Keramaian pengunjung pada ajang MotoGP Mandalika baik secara langsung maupun melalui tayangan langsung internasional merupakan momentum yang efektif untuk berpromosi. MotoGP memiliki kelompok pendukung yang fanatik dalam jumlah besar. Hal itulah yang kami garap terlebih Indonesia merupakan salah satu fans terbesar MotoGP di dunia," kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya yang diterima Liputan6.com, Sabtu (14/10/2023).

4 dari 4 halaman

Strategi Wisata di Event MotoGP Mandalika

Bukan hanya di dalam sirkut, Wonderful Indonesia akan menyemarakkan area di luar sirkut dalam berbagai bentuk seperti signage, neon box, umbul-umbul, shuttle bus serta pada side event Mandalika Seru. Ada pula bazar ekonomi kreatif yang berlangsung selama tiga hari yang akan memberikan kesempatan untuk pelaku ekonomi kreatif untuk dikenal masyarakat luas.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, dalam country brand strategy rating, Wonderful Indonesia berada di peringkat 25. Hal ini tentu menambah daya saing pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Wonderful Indonesia sebagai brand equity telah menjadi identitas dari industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia yang telah dikenal di dunia.

"Event MotoGP Mandalika juga menjadi strategi untuk memperkenalkan salah satu destinasi super prioritas Mandalika dan tentunya untuk mendorong masyarakat agar berwisata #DiIndonesiaAja," tambah Sandiaga.

Sandi mengatakan, dirinya optimistis bahwa industri wisata olahraga MotoGP akan menjadi peluang yang terus berkembang. Ditambah lagi, Indonesia akan menjadi tuan rumah kejuaraan Mandalika selama 10 tahun sejak tahun 2021.

Merujuk MotoGP Mandalika 2022, penyelenggaraan event tersebut memberikan dampak ekonomi mencapai Rp3,57 triliun bagi perekonomian NTB dan Rp4,5 triliun bagi perekonomian nasional serta menyerap tenaga kerja 4.600 orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.