Sukses

Mengulik Hotel Transit Mewah di Bandara Internasional Hamad, Terbaik Dunia Versi Skytrax Saat Kunjungi Qatar

Sebagai hotel megah di bandara super luas yang secara teratur menempati peringkat teratas dalam daftar tahunan terbaik dunia menurut Skytrax, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Oryx menjadi salah satu hotel transit termewah di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Penumpang yang transit melalui Bandara Internasional Hamad di ibu kota Qatar dapat memilih untuk meninggalkan bandara dan mengikuti tur gratis ke beberapa atraksi paling terkenal di ibu kota, termasuk Souq Waqif dan Masjid Emas. Namun orang lain dapat memilih untuk memesan kamar di Oryx, hotel milik Qatar Airlines yang berlokasi dekat gerbang C,D, dan E.

Sebagai hotel mewah di bandara megah yang secara teratur menempati peringkat teratas dalam daftar tahunan terbaik dunia menurut Skytrax, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa hotel ini bisa menjadi salah satu hotel transit termewah di dunia.

Karena Oryx sejenis kijang asli Timur Tengah adalah logo Qatar Airways, nama tersebut digunakan di seluruh bandara, terkadang menimbulkan efek yang membingungkan. Misalnya, Lounge Oryx hanya satu lantai di bawah hotel Oryx, yang membuat seorang anggota staf dipekerjakan untuk berjaga di lobi hotel untuk membantu pelancong yang tersesat.

Mengutip dari laman CNN, Kamis (5/10/2023), untuk melakukan check-in, penumpang harus menunjukkan paspor dan boarding pass. Doha adalah bandara yang tenang, yang berarti tidak ada pengumuman lisan mengenai gerbang keberangkatan dan penumpang diharapkan menggunakan layar atau aplikasi telepon untuk mengetahui ke mana harus pergi.

Mereka juga harus mengeluarkan biaya sekitar 450 dolar AS per masa menginap, jauh lebih mahal dibandingkan akomodasi malam pada umumnya di Doha. Hanya penumpang transit yang dapat menginap di sana, karenanya bagian penerima tamu akan memeriksa rencana perjalanan penumpang sebanyak dua kali lipat dan tiga kali lipat serta memberikan peringatan untuk memastikan mereka bangun tepat waktu di penerbangan berikutnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fasilitas Hotel Beroperasi 24 Jam

"Bandara Internasional Hamad beroperasi sebagai fasilitas 24 jam, tujuh hari seminggu dan oleh karena itu semua titik kontak penumpang mengikuti jadwal yang sama," kata Badr Mohammed Al Meer, kepala operasional bandara.

Ia menambahkan bahwa pihaknya berupaya menawarkan pengalaman terbaik dan sesuai pesanan bagi para pelancong, termasuk penawaran hotel bandara. "Kami ingin memberi mereka pengalaman tak tertandingi dengan daya tarik mewah, yang identik dengan bandara secara keseluruhan," katanya. 

Oryx adalah satu-satunya hotel di bandara itu sendiri, menjadikannya pilihan logis bagi mereka yang memiliki waktu singgah lebih singkat (menurut undang-undang, masa transit di bandara harus kurang dari 24 jam). Dan ada juga cara untuk merasakan hotel tanpa memesan kamar.

Wisatawan dapat mengakses “pusat vitalitas” Oryx dengan biaya 48 dolar AS per orang hingga empat jam (harga berlaku mulai Mei 2023). Area yang berpusat pada kesehatan ini, satu lantai di atas kamar, memiliki lapangan squash, simulator golf, kolam spa dan hidroterapi, serta hot tub di samping kolam renang. Kolam sempit sepanjang 25 meter (82 kaki) ini tampak seperti terbungkus dalam kotak perhiasan kaca.

3 dari 4 halaman

Boleh Pakai Baju Renang

Desain geometris berwarna perak adalah motif utama di sekitar bandara, dan berlanjut ke kolam renang yang air birunya berkilau melawan cahaya yang masuk dari bentuk kisi-kisi dinding dan langit-langit logam. Meskipun ada beberapa aturan berpakaian di sekitar pantai umum di Qatar, hotel ini adalah milik pribadi, artinya para tamu dapat mengenakan pakaian renang ala barat.

Mereka juga dapat memesan koktail di tepi kolam renang, karena alkohol juga diperbolehkan di sini. Berbeda dengan hotel yang buka 24 jam sehari, pusat vitalitas tutup mulai pukul 02.00-06.00 pagi.

Akses ke kawasan tersebut gratis bagi tamu hotel, meski tetap harus membayar untuk perawatan spa. Perawatan tersebut dirancang khusus untuk para pelancong, seperti pijat untuk kaki yang lelah dan perawatan wajah untuk mengatasi kekeringan akibat daur ulang udara pesawat. 

Berkat peran Doha sebagai pusat transit global utama, beberapa tamu kembali ke Oryx untuk kunjungan berulang. Salah satunya adalah Jane Jones, seorang agen perjalanan Kanada yang baru-baru ini menghabiskan waktu singgah selama 12 jam untuk tidur dan berenang di Oryx.

Ini adalah kedua kalinya dia berada di sana. Saat pertama kalinya, dia singgah lebih singkat dan memilih tiket masuk kolam renang dan gym.

Jones, yang sedang dalam perjalanan berlibur ke Thailand pada bulan Januari ini, mengatakan bahwa fasilitas terbaik hotelnya. "Satu hal yang sangat saya hargai adalah kenyamanannya," katanya. "Saya sangat terkejut dengan kualitas ruangannya."

 

4 dari 4 halaman

Tidur Cukup Kemewahan Paling Mewah

 

Keunggulan pribadinya adalah Wi-Fi gratis cepat, yang memungkinkannya menyelesaikan beberapa pekerjaan sebelum penerbangan dan beragam pilihan, misalnya latihan beban dan kardio di gym. "Saya pasti akan melakukannya lagi," tambahnya.

Di dalam ruanganTerdapat 100 kamar di hotel, semuanya tersebar di satu lantai. Mengingat rata-rata 40 juta orang melewati Bandara Internasional Hamad per tahun, terdapat tingginya permintaan kamar di Oryx.

Pemesanan terlebih dahulu sangat disarankan. Orang-orang yang rencananya telah berubah atau berurusan dengan pembatalan di menit-menit terakhir dapat datang ke area resepsionis dan mengantre panjang untuk mencoba mendapatkan kamar, namun mereka yang telah memesan di muka dapat melewatinya dan check-in dengan mudah.

Kamar-kamar di Oryx terang dan lapang. Dindingnya sederhana dan berwarna krem ​​dengan sesekali warna merah atau emas, sedangkan seprai dan handuk berwarna putih bersih dan bersih. Secara keseluruhan, skema desainnya menciptakan kesan ringan.

Terdapat empat tipe kamar utama, antara lain superior (dengan satu tempat tidur king), deluxe (satu tempat tidur king dan satu tempat tidur twin), keluarga (tiga tempat tidur), dan suite eksekutif (satu tempat tidur king, tetapi lebih luas), serta kamar mewah. Presidential suite lengkap dengan lounge pribadi dan ruang rias. 

Meskipun ruangan dan ruang umum terasa lapang dan terbuka, ada satu area penting yang membuat segala sesuatunya terasa berat yaitu penutup jendela. Bagi orang-orang yang sangat membutuhkan istirahat, kamar tidur Oryx bisa dibuat sangat gelap meskipun di luar ada sinar matahari Doha yang cemerlang. Tidur malam atau sore hari yang nyenyak mungkin merupakan kemewahan yang paling mewah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini