Sukses

Farhana Nariswari Ungkap Alasan Bakal Tampil dengan Kostum Nasional Bertema Gajah dan Siger Lampung di Miss International 2023

Berbagai persiapan telah dijalani Puteri Indonesia 2023 Farhana Nariswari untuk tampil di Miss International 2023. Salah satunya adalah menyiapkan sejumlah kostum yang akan menampilkan berbagai busana dari rancangan desainer berbakat dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Puteri Indonesia 2023, Farhana Nariswari bakal mewakili Indonesia di ajang Miss International 2023 yang akan berlangsung pada 26 Oktober 2023 di Yoyogi National Gymnasium, Tokyo, Jepang. Sebagai langkah persiapan menuju kompetisi Miss International 2023, Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia mengungkapkan persiapan Farhana ke ajang internasional tersebut.

Berbagai persiapan telah dijalani, salah satunya adalah menyiapkan sejumlah kostum yang akan dipakai. Farhana Nariswari akan menampilkan berbagai busana idari rancangan desainer berbakat dalam negeri, seperti Cocktail Dress Songket by Ayumi, Kimono Songket by Topan Sapta serta National Costume karya Inggi Kedran, gaun untuk grand final karya Albert Yanuar dan perhiasan dari Amero.

Untuk kostum nasional atau national costume yang selalu menjadi pusat perhatian di berbagai ajang kecantikan internasional Puteri Indonesia 2023 yang mewakili Jawa Barat ini bakal tampil dengan tema yang megah, "The Royal Siger Splendor: A Majestic Tribute to Lampung’s Heritage".

Menurut Farhana, kostum ini terinspirasi dari wanita Lampung yang menggunakan siger di kepalanya. Bukan sekadar penghias kepala, ternyata ada makna filosofis dari siger yang membuat Farhana merasa terinspirasi.

"Siger ini maknanya cukup dalam karena berkaitan dengan nilai-nilai hidup masyarakat Lampung yaitu Piil Pesenggiri, artinya sikap untuk menjaga harga diri, nama baik, martabat, dan kehormatan hidup terutama bagi wanita, makanya saya sangat terinspirasi dengan siger ini," terangnya pada Liputan6.com dalam jumpa pers di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2023).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gajah Lampung Terancam Punah

Busana ini ingin mengajak wanita Lampung khususnya untuk menjaga keluhuran budaya tanah kelahirannya salah satunya dengan menjaga keseimbangan alamnya. Lukisan gajah pada ekor busana ini mengingatkan kita bahwa Lampung punya spesies Gajah yang terancam dalam garis kepunahan.

"Gajah ini kan termasuk salah satu satwa yang melekat dengan budaya masyarakat Lampung. Tapi keberadaannya kini harus jadi perhatian kita demi menjaga kelestarian dan keberadaannya. Bagi saya pelestarian hewan langka seperti gajah Lampung ini sangat penting karena jadi ciri khas bangsa kita yang tidak dipunyai negara lain," tuturnya.

Masyarakat Indonesia tentu berharap Farhana Nariswari dapat memperlihatkan keindahan, kecerdasan, dan keramahtamahan perempuan Indonesia kepada dunia internasional. Meskipun dengan persiapan waktu lima bulan, tapi dukungan dari masyarakat Indonesia sangatlah penting dalam memberikan semangat dan motivasi kepada Farhana Nariswari selama berkompetisi.

Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia dan juga Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Putri Kus Wisnu Wardani, menyatakan dengan persiapan waktu lima bulan, kita berharap Farhana mampu meraih hasil terbaik dan membawa pulang Crown Miss International untuk Indonesia.

 

3 dari 4 halaman

Persiapan Farhana Sudah Maksimal

"Persiapan Farhana Nariswari untuk ajang Miss International 2023 tetap berjalan maksimal meskipun di tengah-tengah kesibukannya sebagai Puteri Indonesia sebagai duta bangsa di ajang nasional maupun international. Dukungan penuh diberikan kepada Farhana untuk meraih hasil terbaik dan mewakili Indonesia dengan kebanggaan di panggung internasional," tutur Putri dalam kesempatan yang sama.

Indonesia, melalui Yayasan Puteri Indonesia sudah 14 kali mengirimkan wakilnya di ajang Miss International, dengan berbagai prestasi yang telah diraih. Untuk pertama kali di tahun 2007 Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu mengirimkan wakilnya Puteri Indonesia Runner up 1, Rahma Landy mengikuti ajang Miss International di Jepang dan berhasil meraih predikat Top 15.

Selanjutnya disusul oleh Puteri Indonesia Lingkungan 2009, Zukhriatul Hafizah meraih prestasi sebagai Miss Friendship International 2010 di China, Puteri Indonesia Lingkungan 2014, Elfin Pertiwi yang meraih prestasi Top 10 dan The Best National Costume dengan tema the Crown of Siger Lampung karya desainer ternama (alm) Dynand Fariz. 

4 dari 4 halaman

Wakil ke-15 Indonesia di Miss International

Lalu Puteri Indonesia Lingkungan 2016, Felicia Hwang berhasil meraih prestasi 2nd Runner Up dan Miss Best Dresser. Puncak prestasi tertinggi ditorehkan oleh Puteri Indonesia Lingkungan 2017, Kevin Lilliana dengan meraih prestasi sebagai Miss International 2017. 

Vania Fitryanti Herlambang, Puteri Indonesia Lingkungan 2018 berhasil meraih prestasi Top 15 dan tahun 2019, Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Jolene Marie Rotinsulu meraih prestasi Top 8. Kini di tahun ke-15 Indonesia akan diwakili oleh Puteri Indonesia 2023, Farhana Nariswari.

Wamita yang menyelesaikan pendidikan sarjananya dengan meraih gelar Sarjana Kedokteran dari Universitas Padjadjaran ini akan bersaing dengan finalis dari 69 negara dalam karantina Miss International 2023 yang akan berlangsung dari tanggal 11- 26 Oktober 2023. Grand Final akan digelar pada 26 Oktober 2023 di Tokyo, Jepang.

"Sejak awal terpilih menjadi Puteri Indonesia 2023, saya sudah melatih untuk melakukan persiapan yaitu dengan melakukan perawatan kecantikan luar dan dalam," jelas Farhana.

"Saya juga mempelajari teknik merias wajah dan rambut sendiri yang langsung diajarkan oleh Tim Profesional Make Up Artist Mustika Ratu dengan menggunakan produk-produk unggulannya," tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.