Sukses

Tren Merawat Tanaman Hias di Pot Kecil Masih Berlanjut, Strategi Menghijaukan Rumah yang Makin Sempit

Tanaman hias yang sempat berjaya di masa pandemi ternyata masih bergigi pasca-pandemi. Trennya kini mengarah pada tanaman hias di pot-pot kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring pertumbuhan penduduk, kebutuhan akan tempat tinggal pun meningkat. Dengan tingginya permintaan, harga tanah ataupun rumah pun meningkat tak terkendali. Untuk menyiasatinya, para pengembang pun banyak menghadirkan rumah dengan luas lahan terbatas. 

Kondisi tersebut berdampak pada mereka yang hobi merawat tanaman hias. Banyak pemilik rumah kini tertarik memelihara tanaman hias pada pot-pot kecil. Handry Chuhairy, Steering Comitee Floriculture Indonesia International mengatakan tren tersebut sudah dimulai sejak empat tahun yang lalu.

"Lahan yang semakin sempit itu jadi dipergunakan sebagai tanaman pekarangan serambi, atau patio garden," jelasnya kepada Liputan6.com, saat ditemui di di acara Floriculture Indonesia International Expo 2023, di ICE BSD, Banten, Kamis, 28 September 2023.

Dia juga menyampaikan lantaran kondisi lahan yang terbatas, banyak pemilik tidak hanya meletakkan koleksi tanaman hias itu tidak hanya diletakkan di pekarangan rumah, melainkan juga di dalam rumah. "Tanaman tersebut masuk ke ranah pribadi mereka, seperti ke ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi," ujarnya.

Sementara, jenis tanaman hias yang saat ini sedang naik daun menurut Handry berasal dari jenis Aroid. Tanaman itu termasuk jenis tanaman berbunga dan berseludang seperti Monstera, Philodendron, dan Aglonema. 

Tanaman jenis Anthurium atau Kuping Gajah yang juga salah satu tanaman Aroid juga mulai memiliki hibrida yang menarik. "Beberapa hybrid sudah mulai terlihat yang terbaik," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tren Diprediksi Masih Berlanjut

Selain jenis Aroid, sejumlah penggemar tanaman hias juga mulai memelihara tanaman yang berasal dari hutan untuk diletakkan di pot di dalam rumah. Tanaman jenis pakis-pakisan juga mulai kembali populer, seperti Asplenium dan Platycerium.

Ia menyebut jenis tanaman itu cocok untuk lahan-lahan sempit dan dipelihara di dalam pot. Ia meyakini tren tanaman hias tersebut masih akan terus berlanjut selepas pandemi Covid-19. "Sampai sekarang pun masih berlanjut terus (tren) tanaman ini, karena masih banyak jenis dan varietasnya," jelasnya lagi.

Handry menyebut, keberadaan tanaman hidup di dalam rumah akan menambah oksigen di ruangan tersebut. Dengan catatan, jenis tanaman itu tidak akan bersaing mendapatkan oksigen jika ditaruh di malam hari. Selain itu, tanaman hijau juga bisa menambah estetika di dalam ruang.

Agar bermanfaat, tanaman tentu perlu dirawat dengan baik. Mereka juga bisa diajak bicara agar tumbuh lebih baik. Dilansir Trees.com, berdasarkan hasil survei kepada 1.250 pemilik tanaman, hampir setengahnya melaporkan bahwa mereka memulai percakapan dengan teman bunga mereka. Yang lebih menarik, dua pertiga dari orang-orang ini benar-benar percaya berbicara dengan tanaman hias membantu mereka tumbuh.

3 dari 4 halaman

Tanaman Bisa Merespons Suara

"Gagasan berbicara dengan tanaman mungkin tampak aneh, tetapi tidak terlalu mengada-ada seperti kedengarannya," kata Lina Cowley, pakar berkebun dan editor senior di Trimmedroots.com, kepada Best Life.  "Tanaman adalah organisme hidup, dan seperti makhluk hidup lainnya, mereka merespons lingkungannya."

Beberapa penelitian dilakukan untuk menyelidiki hubungan antara suara dan pertumbuhan tanaman, dan sekarang, para ahli sedang mempertimbangkan diskusi tersebut. Menurut Jen Stark, master tukang kebun dan pendiri Happy DIY Home, penelitian menunjukkan bahwa suara memengaruhi pertumbuhan tanaman, tetapi ada beberapa perdebatan perihal alasannya.

"Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa berbicara dengan tanaman, memainkan musik untuk mereka, atau bahkan memaparkannya pada jenis cahaya tertentu dapat memberikan efek stimulasi pada pertumbuhan mereka," jelasnya. 

"Satu teori menyebutkan bahwa tanaman peka terhadap getaran, dan berbicara atau memainkan musik di dekat mereka dapat menciptakan getaran yang mendorong pertumbuhan. Teori lain mengatakan bahwa berbicara dengan tanaman meningkatkan kadar karbon dioksida di sekitar mereka, yang dapat mendorong fotosintesis dan pertumbuhan."

4 dari 4 halaman

Suara Tertentu Memainkan Peran untuk Pertumbuhan Tanaman

Sementara beberapa ahli menolak saran karbon dioksida dengan alasan bahwa Anda perlu melakukan percakapan berjam-jam setiap hari untuk mendapatkan efek yang nyata, ada kasus untuk hipotesis getaran. Di alam, tanaman merespons serangga yang berdengung dan suara dunia di sekitar mereka. Jadi, tanaman hias dapat merespons getaran yang disebabkan oleh suara lain, menurut Joanna Turner, dari situs web perawatan tanaman Fiddle and Thorn.

Teori tentang tumbuh-tumbuhan dan musik, khususnya, telah dipelajari selama beberapa waktu. Tetapi, hasilnya beragam ketika menyangkut jenis musik yang paling bermanfaat.

Sebuah studi pada 2003 yang diterbitkan di Ultrasonics menemukan bahwa tanaman kubis dan mentimun China terpapar musik klasik dan suara burung, serangga, dan air berkembang. Sementara, studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam International Journal of Integrative Sciences, Innovation and Technology, menemukan bahwa musik membantu tanaman marigold dan buncis tumbuh subur, terlepas dari apakah musik meditasi atau musik ringan India dimainkan. 

Sebagai perbandingan, dalam studi terakhir, kebisingan tidak berirama dan tidak harmonis berefek negatif pada pertumbuhan tanaman. Pengamat untuk acara TV populer Mythbusters juga menemukan bahwa tanaman kacang polong yang terkena musik secara berulang lebih sehat dan lebih tinggi daripada yang tumbuh dalam keheningan. Tapi yang cukup menarik, tanaman kacang polong yang terpapar logam berat memimpin kemasan dalam hal ukuran, melebihi tanaman yang mendengarkan klasik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.