Sukses

Fakta-Fakta Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Akhirnya Dinamai Whoosh

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia kini sudah memiliki moda transportasi teranyarnya, Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Dalam masa uji coba terbatas dan segera beroperasi pada Oktober mendatang publik tentu antusias ingin tahu tentang seluk-beluk kereta cepat yang telah diberi nama Whoosh.

Mengutip dari kanal Bisnis Liputan6.com, Kamis, 21 September 2023, Direktur Perencanaan Startegis dan Pengembangan Usaha PT KAI (Persero) John Robertho mengatakan bahwa tarif kereta cepat akan berlaku saat uji coba gratis selesai pada akhir September 2023. "Ini kan lagi proses di regulator di DJKA, ini kemungkinan besar Oktober (mulai berbayar)," kata dia di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu, 20 September 2023.

Meski begitu, dia belum dapat memastikan tanggal pasti Commercial Operation Date (COD) KCJB tersebut. Bila merujuk rencana sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut bakal meresmikan operasional KCJB pada 1 Oktober 2023 nanti.

Kereta paling mutakhir di Indonesia itu pun menarik untuk diulas. Warga yang penasaran ingin mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, simak dulu fakta-faktanya yang dirangkum Liputan6.com pada Kamis, 21 September 2023. 

1. Arti Nama Whoosh

Ternyata, Whoosh mempunyai kepanjangan tersendiri untuk kereta cepat. Ketua Tim Panel Sayembara Identitas Jenama, Triawan Munaf mengatakan WHOOSH memiliki kepanjangan Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. Nama Whoosh diambil dari setiap huruf awal dari masing-masing kata tadi.

Menurutnya ini menggambarkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Dapat diartikan, Waktu Hemat, merujuk pada waktu tempuh dari KCJB yang sekitar 40 menit dari Jakarta ke Bandung. "Ini semua lengkap dalam singkatan ini, Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal, Whoosh, Whoosh, Whoosh," jelasnya kepada wartawan.

2 dari 4 halaman

2. Sosok Pencetus Nama Whoosh

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkap asal usul munculnya nama 'Whoosh' sebagai nama baru dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Menurutnya, 'Whoosh' tergambar dari kemampuan kereta cepat melaju dengan kecepatan tinggi.

Menhub Budi bilang penamaan ini muncul dari diskusi santai antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri kabinet. Menurutnya penamaan Whoosh menjadi momen unik diantara menteri yang saat itu menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Dia melanjut, ketika Jokowi dan para menteri menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung, kata Whoosh sering dikeluarkan sebagai ungkapan kegembiraan. "Ini unik, dalam 3 minggu terakhir kami berdialog, pak Presiden, pak Pratikno, pak Triawan pak Erick Thohir dan kawan-kawan, japri-japrian dan diskusi," sebut dia dalam Konferensi Pers, Kamis, 21 September 2023.

3. Berbayar per Oktober 2023

Direktur Perencanaan Startegis dan Pengembangan Usaha PT KAI (Persero) John Robertho mengungkap tarif kereta cepat akan berlaku ketika uji coba gratis selesai di akhir September 2023 ini. Namun, dia belum bisa memastikan tanggal pasti Commercial Operation Date (COD) KCJB ini. Jika merujuk rencana sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan meresmikan operasional KCJB pada 1 Oktober 2023 nanti.

 

3 dari 4 halaman

4. Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh

Lebih lanjut, John mengungkapkan saat ini belum diputuskan berapa besaran harga tiket KCJB. Hanya saja, dia sudah memberikan usulan.

Harga tiket yang akan berlaku di Oktober 2023 nanti diusulkan sebesar Rp 300 ribu untuk kelas ekonomi premium tanpa termasuk biaya LRT dan KA Feeder. Kemudian, diusulkan juga Rp 350 ribu untuk tiket bundling dengan LRT dan KA Feeder.

5. Sayembara Logo Kereta Cepat Whoosh

Saat ini nama 'Whoosh' tadi tengah mencari pemenang dari desain logo yang sudah masuk sebelumnya. Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan proses sayembara sudah dimulai sejak Juli 2023 untuk mengerucutkan dari 10 logo menjadi 3 logo yang menjadi finalis.

"Kita memang menunjuk apakah sayembara atau apa, 10 desainer yang memang terpilih dan dari situ dipilih tiga," ujarnya.

Tiga finalis yang dipilih pada tahap awal itu diantaranya Visious Studio, OU Creative dan FEAT. Ketiganya mengolah nama Whoosh menjadi bentuk-bentuk logo yang berbeda.

Masyarakat nantinya bisa turut serta untuk menentukan pemenang. Masyarakat bisa mengakses keterangan mengenai logo melalui laman yang telah ditentukan yakni kcic.co.id/jenamakeretaapicepat. Masyarakat luas bisa mengakses mulai Kamis 21 September 2023 malam pukul 19.00 WIB.

4 dari 4 halaman

6. Masyarakat Antusias Ingin Daftar Uji Coba

Selama masa uji coba terbatas KA Cepat, setiap harinya operator kereta cepat KCIC menyediakan 4 jadwal perjalanan pulang pergi (PP) sehingga total terdapat 8 perjalanan KA yang beroperasi setiap harinya selama masa uji coba.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kembali melakukan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Selasa, 19 September 2023. Kali ini, Menhub melakukan uji coba bersama masyarakat dari berbagai kalangan, antara lain dari para akademisi, wiraswasta, hingga seniman.

"Antusiasme masyarakat untuk mengikuti uji coba kereta cepat luar biasa. Baru dibuka pendaftaran langsung habis kuotanya," kata Menhub Budi Karya.

Di kesempatan itu, Menhub mengajak masyarakat untuk mengutamakan penggunaan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi. "Bapak Presiden Jokowi menjadi inisiator dari berbagai pembangunan infrastruktur transportasi publik. Mulai dari MRT yang sebelumnya tidak ada menjadi ada. Setelah itu LRT, dan sekarang kereta cepat. Ini adalah budaya baru dari Indonesia," kata Menhub.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini