Sukses

6 Fakta Anggur Muscat, Varietas Anggur Tertua yang Kini Jadi Favorit Topping Dessert

Anggur Muscat dianggap sebagai varietas anggur tertua di dunia. Sejarah budidaya manusia yang tercatat sudah ada sejak zaman Yunani dan mungkin jauh lebih awal.

Liputan6.com, Jakarta - Anggur muscat dianggap sebagai varietas anggur tertua di dunia. Sejarah budidaya manusia yang tercatat sudah ada sejak zaman Yunani dan mungkin jauh lebih awal.

Mengutip dari laman Muscat Wine, Selasa (19/9/2023), buah ini kemungkinan merupakan nenek moyang dari semua varietas anggur yang dikenal sekarang ini. Saat ini, terdapat ratusan varietas dan hibrida anggur muscat yang tersedia. Anggur memiliki ciri khas buket yang sangat aromatik dan rasa menyegarkan, seperti buah jeruk mandarin, aprikot, persik dengan manis mirip madu.

Rasa anggur muscat akan bervariasi menurut wilayah pembuatannya, teknik pembuatan wine, dan variasi anggur Muscat yang digunakan. Semakin baik anggur muscat, semakin besar ukurannya.

Anggur Muscat kini jadi favorit topping dessert, selain karena warnanya yang hijau segar ikut mempercantik tampilan kue-kue manis. Berikut fakta anggur muscat yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (19/9/2023). 

1. Berasal dari Yunani

Ini adalah varietas anggur putih asal Yunani, terdapat di banyak domain di pantai Mediterania. Biasanya di Mediterania, ia telah beradaptasi dengan wilayah lain yang cukup hangat dan cerah.

Kini anggur muscat ditanam di setiap negara penghasil anggur penting di dunia. Anggur digunakan sebagai anggur meja, kismis dan lainnya. Selain menghasilkan jenis anggur yang luar biasa, anggur Muscat juga digunakan secara luas dalam produksi berbagai macam anggur campuran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ada Lebih dari 200 Varietas Muscat

Anggur muscat juga berbeda-beda namanya tergantung negara tempat ditemukannya. Sebut saja Moscatel de Grano Menudo (Spanyol), Moscatel Galego Branco (Portugal), Moscato bianco (Italia), Moschato aspro (Siprus, Yunani).

Selain itu terdapat sekitar 150 hingga 200 varietas Muscat, menurut Pierre Galet, seorang ahli ampelograf terkenal di dunia. Perbedaan-perbedaan ini disebabkan oleh mutasi alami atau yang dilakukan oleh manusia, dengan tujuan hasil, peningkatan atau kualitas perakitan.

Muscat mewakili 7 ribu hektar kebun anggur di Perancis, dan 45 ribu hektar di seluruh dunia. Sebagian besar permukaan Muscat di Perancis berada di selatan Perancis, serta di Alsace.

3. Anggur Muscat Ada di Seluruh Dunia

Di luar Prancis, anggur muscat dapat ditemukan di berbagai wilayah, antara lain di Eropa Tengah dan Timur, Australia, Selandia Baru, di wilayah tertentu di Amerika Selatan dan Afrika Selatan. Di Australia anggur ini disebut "Lexia", kependekan dari Alexandria. Di Spanyol, menghasilkan anggur yang disebut Moscatel.

3 dari 4 halaman

4. Ada 4 jenis Muscat yang Dibudidayakan di Prancis

Muscat Blanc dengan butiran kecil merupakan varietas budidaya tertua. Berasal dari Yunani, ia tiba di Prancis melalui koloni Phocaean pertama, yang menetap di Marseille.

Ini digunakan untuk membuat anggur putih kering, anggur manis alami, dan anggur bersoda.Muscat Blanc dari Alexandria paling sering digunakan dalam campuran. Di Roussillon, ini dikaitkan dengan biji-bijian Muscat Blanc à petits, untuk menghadirkan kemahiran dan kekuatan.

Muscat Blanc Ottonel adalah hibrida Chasselas dan Muscat yang dikembangkan pada tahun 1852 di Alsace. Berbeda dengan varietas di Perancis selatan, varietas ini menghasilkan anggur kering.

Muscat merah dari Hamburg adalah varietas anggur yang dibudidayakan di Perancis hanya untuk melindungi varietas Table Grape-nya. Hal ini juga ditemukan di AOC Muscat du Ventoux, satu-satunya AOC anggur meja dengan Chasselas de Moissac.

Terdapat 7 sebutan Muscat di Prancis, antara lain Frontignan, yang juga bisa dibuat menjadi minuman keras anggur, Rivesaltes, Beaumes, Venice, Lunel, Mireval, Saint-Jean de Minervois, dan Cap Corse.

4 dari 4 halaman

5. Aroma dan Rasa Mudah Dikenali

Aroma utama anggur Muscat adalah jeruk, gula merah, gula barley, dan kismis. Ada juga aroma buah putih dan mawar. Menurut banyak ahli, anggur muscat adalah salah satu varietas anggur yang paling mudah dikenali dari hidung, sebab aromanya yang khas.

Untuk pasangan makanan dan anggur, muscat manis terutama disajikan sebagai minuman beralkohol, atau dengan foie gras dan makanan penutup. Sedangkan untuk Muscat kering, cocok dipadukan dengan asparagus atau makanan laut.

6. Kandungan Asamnya Rendah

Anggur yang dibuat dari muscat umumnya dikonsumsi dalam usia yang cukup muda. Mereka tidak memiliki potensi penuaan yang besar karena rendahnya keasaman yang dikandungnya.

Anggur putih yang dibuat dari Muscat tidak perlu dibuka sebelum dicicipi, karena cukup berbunga-bunga dan dapat dinikmati saat masih muda. Di sisi lain, anggur merah yang dibuat dari muscat dapat memperoleh manfaat dari sedikit aerasi sebelum disajikan, agar aromanya berkembang sebelum dicicipi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.