Sukses

Hewan Peliharaan 7 Pemimpin di Dunia Termasuk Presiden Jokowi, Mulai dari Kambing hingga Kucing

Mulai dari kambing Presiden Indonesia, Joko Widodo hingga kucing Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam. Coba tebak pemimpin dunia mana yang memiliki kebun hewan pribadi lengkap dengan harimau dan flamingo?

Liputan6.com, Jakarta - Mulai dari kambing Presiden Indonesia, Joko Widodo hingga kucing Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam. Coba tebak pemimpin dunia mana yang memiliki kebun hewan pribadi lengkap dengan harimau dan flamingo?

Setelah Tharman Shanmugaratnam resmi dilantik sebagai Presiden Singapura yang kesembilan, ia masuk dalam daftar pemimpin dunia yang eksklusif. Bahkan daftar yang lebih eksklusif lagi dari mereka yang memiliki anak berbulu.

Dari kucing dan anjing yang diadopsi hingga harimau Bengal, berikut adalah beberapa hewan yang hidup sebagai hewan peliharaan dari orang-orang paling berkuasa di dunia, seperti dikutip dari laman CNA, pada Jumat (15/9/2023).

1. Kambing dan Katak Presiden Joko Widodo

Kambing dan Katak Presiden Joko Widodo Pilihan hewan peliharaan Presiden Indonesia Joko Widodo memang menarik. Selama bertahun-tahun, ia disebut memiliki beragam hewan termasuk katak, perkutut, dan parkit. Pada 2017, Joko Widodo mengunggah video di laman YouTube pribadinya yang memamerkan kambing-kambing di kandang Istana Bogor, salah satu kediamannya.

Ia menyoroti dua bayi kambing yang baru saja lahir, dengan mengatakan bahwa "kelahiran adalah berkah dari Tuhan dan menandakan perubahan baru".

2. Yuri Kaisar Jepang Naruhito

Lahir pada 2009, Yuri adalah seekor anjing Akita yang diadopsi oleh Kaisar Jepang Naruhito dan keluarganya. Sejak saat itu, Yuri telah beberapa kali tampil di depan umum, termasuk di rumah sakit untuk menghibur warga lanjut usia dan pasien yang sakit parah – menurut publikasi Jepang The Asahi Shimbun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kucing Peliharaan Presiden Tharman, Socks, Judy dan Awan

 

Pada 30 Agustus 2023, Mr Tharman memiliki akun resmi IG dengan tiga kucingnya, Socks, Judy dan Awan. Kucing-kucing tersebut diadopsi dari Cat Welfare Society dan seorang dokter hewan di Jurong.

Mereka juga telah memenangkan hati beberapa netizen, berkat wajah mereka yang menggemaskan dan kepribadian yang unik. Rupanya Awan senang menggigit pergelangan kaki Pak Tharman.

Para pecinta binatang juga memuji keputusan Mr Tharman untuk mengadopsi kucing, dibandingkan membelinya dari toko hewan peliharaan.

4. Harimau, Sultan Hassanal Bolkiah

Hewan di kebun binatang dianggap sebagai hewan peliharaan, bukan? Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Insider mengungkapkan bahwa Sultan Brunei Hassanal Bolkiah memiliki kebun binatang pribadi yang menampung harimau Bengal, elang, flamingo, dan kakatua yang dapat bermain game dan bernyanyi. Sultan dilaporkan menghibur pejabat asing dengan pertunjukan binatang di kebun binatang, setiap kali dia bertemu dengan mereka.

Pada tahun 2018, Bangkok Post mewawancarai pelatih hewan Thailand yang merawat hewan-hewan di kebun binatang pribadi Sultan. Menurut para pelatih, Sultan dan ratunya "sering memuji" mereka karena "melakukan pekerjaan dengan baik" dan memberikan para pelatih "keuntungan dan fasilitas yang setara dengan pejabat pemerintah di Brunei".

3 dari 4 halaman

5. Nemo Presiden Emmanuel Macron

Tidak, hewan peliharaan Presiden Prancis Emmanuel Macron bukanlah ikan badut melainkan seekor Labrador Retriever-Griffon hitam. Nemo diadopsi oleh Macron pada 2017 dan telah sering melakukan pesta pora sejak saat itu, termasuk sebuah insiden pada 2017 di mana ia tertangkap buang air di perapian di Istana Elysee, kediaman resmi Macron. Pada 2020, Nemo menjadi bintang video Natal yang mendorong warga untuk mengadopsi hewan peliharaan selama musim liburan.

6. Kenzie, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau 

Tidak banyak yang diketahui tentang Kenzie, hewan peliharaan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau – selain bahwa ia bergabung dengan keluarga Trudeau sekitar 2016. Klub Kennel Kanada memberikan tanggapan positif terhadap Kenzie, dengan menyebut Anjing Portugis sebagai “ras yang sempurna untuk Perdana Menteri dan keluarganya” sebagai “ras yang cerdas, banyak akal, dan protektif terhadap keluarga”.

4 dari 4 halaman

7. Commander dan Willow Presiden AS Joe Biden

Presiden AS Joe Biden saat ini memiliki dua hewan peliharaan: Commander, seekor Anjing Gembala Jerman, dan Willow, seekor kucing domestik berbulu pendek asal Amerika.

Tahun ini, korespondensi email Dinas Rahasia AS mengungkapkan bahwa Komandan terlibat dalam beberapa insiden gigitan, termasuk salah satunya saat ia menggigit lengan dan paha seorang petugas. Willow, sebaliknya, mendapat kehormatan menjadi kucing pertama yang tinggal di Gedung Putih sejak India, kucing hitam Presiden George W Bush.

Berbeda sekali dengan Komandan, Willow telah menjadi subyek beberapa cerita lucu, termasuk cerita di mana dia tidur di atas kepala Presiden Biden pada malam hari. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini