Sukses

Dian Sastrowardoyo Datang ke Reuni SMA, Bertemu Sosok yang Membuatnya Suka Karya Sastra Indonesia

Dian Sastrowardoyo bernostalgia dengan mengunjungi acara reuni SMA di sekolahnya dan sempat bertemu sosok penting bagi dirinya saat masih sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Dian Sastrowardoyo atau akrab disapa Dian Sastro baru-baru ini terlihat mengunjung acara reuni SMA-nya yang diadakan di sekolahnya tersebut. Momen itu dibagikannya dalam unggahan di akun Instagram miliknya, @therealdisastr. Pada salah satu unggahan pada Senin, 11 September 2023, Dian terlihat berfoto dengan teman-teman dan gurunya selama mengenyam pendidikan di SMA Tarakantina, Jakarta.

Dalam keterangan foto tersebut, pemeran Cinta dalam film AADC? ini menuliskan kesan dan pesan selama dirinya diajari oleh salah satu sosok gurunya yaitu Pak Mayan yang merupakan guru Bahasa Indonesia, Dian juga menuliskan bahwa Pak Mayan telah mengajarkannya banyak hal, mulai dari karya sastra hingga mengelola acara di sekolah.  Menurutnya, Pak Mayan telah membimbingnya menjadi sosok yang suka membaca dan perempuan yang tangguh. 

'Pak Mayan.. guru bahasa Indonesia paling asik yg paham dan maklum dengan kreatifitas, keisengan, dan kegilaan anak-anaknya. Lewat beliaulah saya jadi suka baca, dan menyadari bahwa karya sastra Indonesia itu banyak banget yang keren selain Chairil Anwar. Kita jadi kenal sama judul-judul seperti Burung-Burung Manyar, Kunang-Kunang Di Manhatttan, Pelajaran Mengarang, Hujan Bulan Juni, dan masih banyak lagi," tulis Dian.

"Waktu saya SMP ada juga pak Valen guru bahasa Indonesia yang juga bikin saya tertarik baca lebih banyak karya Sastra Indonesia. Kami beruntung, karena dapet guru bahasa Indonesia yang keren, dan asik," tambahnya.

Dian Sastro melanjutkan, Pak Mayan dulu juga merupajan  guru pembimbing panitia pelaksanaan pensi di sekolah kami. Wanita kelahiran 41 tahun lalu ini dan teman-temannya mengaku belajar jadi EO acara pentas musik sejak di bangku SMA dari Pak Mayan.

"Akhirnya, kami semua anak-anak Tarakanita (yang perempuan semua ini) tumbuh jadi anak-anak perempuan yang mau repot, mau ngurusin perintilan, dan berani capek ngurusin acara sampai berjalan lancar, dan yang pasti pede dengan hasil kerja sendiri. Kita tumbuh jadi orang yang tau bahwa kita bisa kerja, bisa mandiri, dan bisa mengandalkan usaha kita sendiri," tulsnya lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nostalgia Bersama Guru

"Terimakasih Pak Mayan, dan para guru yang sudah mendidik kami jadi perempuan-perempuan tangguh. Saya ngerasa bangga banget jadi alumni Tarki, yang karakternya resilient dan percaya diri, nggak gampang nyerah. Terimakasih bapak dan ibu guru, terimakasih almamaterku Tarakanita.🙏🙏🙏 #initarki @ruang.initarki #tarki2000,'' tuturnya.

Dalam foto itu, Dian terlihat tersenyum dan mengenakan kaus berwarna hitam bertuliskan “Class of 2000” yang merupakan tahun kelulusannya dari SMA tersebut. Pemeran Dasiyah dalam series Gadis Kretek itu juga membagikan foto bersama guru sejarahnya semasa sekolah pada unggahan lainnya. Pada keterangan foto tersebut, ia juga menuliskan ucapan terimakasih atas bekal yang diberikannya selama belajar disekolah.

“Bu Kus.. ibu guru Sejarah yang paling killer, tapi sayang sama anak-anaknya. Terimakasih ya ibu, atas kesabaran ibu ngajarin kita. Karena ibu kita hafal mati dari Meganthropus Paleojavanicus sampai Pithecantropus Erectus. Kerajaan Singasari sampe Mataram Islam. Dari Tribhuwana Tungga Dewi sampai Brawidjaya V. We love you bu.. terimakasih bekalnya buat mental kita selama ini," tulis Dian Sastro.

Rupanya reuni dan ulang tahun SMA Tarakanita 1 mengundang grup Kahitna sebagai pengisi acara. Berasa kembali ke masa remaja, Dian kumpul bareng para sahabatnya lagi. Mereka ikut bernyanyi bersama saat Kahitna tampil. Ibu dua anak ini juga tak terlihat jaim alias jaga imej, ia pun terlihat joget dan seru-seruan di atas panggung.

 

3 dari 4 halaman

Akting Terbaru Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo sekarang ini masih aktif berkiprah di dunia akting. Yang terbaru, ia bermain di serial Gadis Kretek yang akan tayang di Netflix pada 2 November 2023 mendatang.  Serial Gadis Kretek mengambil kisah adaptasi dari novel berjudul sama karya Ratih Kumala yang disutradarai pasangan suami istri Kamila Andini dan Ifa Isfansyah.

Selain Dian Sastro, serial ini juga diperankan oleh aktor-aktor ternama Indonesia mulai dari Ario Bayu, Tissa Biani, Ine Febriyanti, Winky Wiryawan, Sheila Dara, Ibnu Jamil, Rukman Rosadi, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, Tutie Kirana, Arya Saloka dan masih banyak lagi

Serial Gadis Kretek atau Cigarette Girl akan lebih dulu ditayangkan di Busan International Film Festival 2023 atau Festival Film Internasional Busan 2023 di Korea Selatan. Busan International Film Festival atau BIFF 2023 turut merayakan kebangkitan industri film Indonesia dengan menghadirkan program spesial bertajuk ‘Renaissance of Indonesian Cinema’.

Rencananya akan ada enam judul, lima film pendek dan sebuah serial produksi Indonesia yang ditampilkan. BIFF di tahun ini merupakan penyelenggaraan tahun ke-28 dan akan berlangsung pada 4-13 Oktober 2023. 

4 dari 4 halaman

Peran Dian Sastrowardoyo di Gadis Kretek

Dilansir dari Variety, Selasa, 22 Agustus 2023, dua episode pertama dari Gadis Kretek atau Cigarette Girl akan ditayangkan di festival internasional tersebut. Serial ini menceritakan sosok wanita yang ‘erat’ dengan industri rokok di Indonesia pada tahun 1960an.

Dikutip dari kanal Regional Liputan6.com, 11 Agustus 2023, sebagai penulis cerita, Ratih Kumala juga turut andil dalam serial ini sebagai penulis naskah. Naskah yang ia tulis tersebut dikerjakan bersama Tanya Yuson, Kanya K Priyanti, dan Ambaridzki Ramadhantyo.

Melansir laman resmi Netflix, serial ini menghadirkan tokoh Dasiyah yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Ia adalah perempuan visioner yang gemar meracik saus rokok kretek. Tokoh lain yang menjadi fokus utama pada serial ini adalah Soeraja yang diperankan oleh Ario Bayu. Dasiyah dan Soeraja terlibat dalam kisah cinta yang terseret peristiwa besar dalam sejarah Indonesia.

Berpuluh-puluh tahun kemudian, perjumpaan anak Soeraja yang bernama Lebas dengan Arum membawa mereka mengarungi perjalanan mengungkap masa lalu dan rahasia yang selama ini dipendam. Tokoh Lebas akan diperankan oleh Arya Saloka, sedangkan tokoh Arum diperankan oleh Putri Marino.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini