Sukses

Gaya Para Ibu Negara Berselendang Batik di Gala Dinner KTT Asean 2023, Istri PM Kamboja Curi Perhatian

Para ibu negara mendampingi para suaminya menghadiri Gala Dinner KTT Asean 2023, dimana banyak yang kompak memadukan pakaiannya dengan selendang batik yang disampirkan di bagian tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam acara Gala Dinner KTT ASEAN ke-43, Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mencuri perhatian dengan penampilan mereka yang mengenakan busana adat khas Betawi. Acara yang digelar di Hutan Kota by Plataran, Senayan, Jakarta pada Rabu malam, 6 September 2023 itu dihadiri pula para pemimpin dari negara-negara ASEAN, negara mitra, serta kepala organisasi internasional.

Berdasarkan siaran langsung yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Iriana tampak anggun dengan kebaya encim berwarna kuning cerah, dipadukan dengan motif kembang bernuansa merah jambu. Kain Betawi yang dikenakan juga serasi dengan kebaya. Penampilannya semakin menawan dengan selendang kuning polos yang dikenakannya di kepala.

Yang tak kalah menarik, para pemimpin negara dan tamu undangan lainnya tampak kompak mengenakan batik Indonesia. Untuk itu, mari kita perhatikan lebih dekat penampilan dari para ibu negara yang hadir dalam Gala Dinner KTT ASEAN 2023.

1. Istri PM Kamboja

Dalam acara Gala Dinner KTT ASEAN, istri Perdana Menteri Kamboja, Pich Chanmony, tampak memikat dengan outfit yang didominasi oleh rona tembaga dan oranye. Blus berwarna tembaga yang dikenakannya terlihat sangat elegan. Untuk bawahan, ia mengenakan wrap skirt atau rok lilit berbahan satin berwarna oranye yang memberikan kilauan khas.

Selendang batik yang ia kenakan melingkar di lehernya, memberikan kesan yang sejalan dengan keseluruhan pakaian yang dikenakannya. Aksesori yang dipilih Pich Chanmony juga tampak sederhana namun tetap elegan, yaitu anting-anting dan jam tangan di tangan kirinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Istri PM Australia

Jodie Haydon tampil mempesona dengan dress hitam yang menempel ke tubuhnya. Ia melengkapi tampilannya dengan  sepatu hak tinggi berwarna hitam dengan kilauan yang mewah.

Namun, yang menjadi sorotan adalah selendang batik yang ia sampirkan di tangan kanannya. Motif klasik batik dengan kombinasi warna-warna tradisional menciptakan kontras menarik dengan kesederhanaan dress hitamnya.

3. Istri PM Laos

Istri PM Laos, Vandala Siphandone, memamerkan keanggunan tradisional negaranya saat menghadiri acara dengan memilih mengenakan "sinh", pakaian tradisional khas wanita Laos. Sinh merupakan rok sederhana yang biasanya terbuat dari bahan sutra atau katun berkualitas tinggi.

Untuk melengkapi penampilannya, dia mengenakan pha biang, sejenis selendang atau syal yang diletakkan di bagian dada dan bahu. Blus bergaya Perancis yang ia kenakan bersama sinh menambahkan sentuhan modern pada penampilannya.

4. Istri PM Malaysia

Istri Perdana Menteri Malaysia, Wan Azizah Wan Ismail, tampak mengenakan baju kurung berwarna pink lembut. Ia memadukannya dengan rok yang memiliki motif batik.

Kerudung yang ia kenakan menambah kesan syar'i pada penampilannya. Yang menambah keistimewaan tampilan Wan Azizah adalah penggunaan kain batik berwarna cokelat yang ia gunakan sebagai selendang. Kain batik tersebut melingkar di tubuh bagian atas, menutupi bahu dan dada.

3 dari 4 halaman

5. Istri PM Jepang

Istri Perdana Menteri Jepang Yuko Kishida, tampak mencuri perhatian dengan busananya yang seakan menggambarkan keserasian antara Jepang dan Indonesia. Yuko mengenakan blus yang dipadukan dengan maxi skirt berwarna merah yang menonjol. Ia mengenakan selendang kain batik yang dengan anggun diletakkan di pundaknya.

6. Ibu Negara Singapura

Istri dari Perdana Menteri Singapura, Ho Ching, tampil memakai cheongsam berwarna pink dan dilengkapi dengan celana panjang berwarna merah yang mencolok. Seperti kebanyakan ibu negara yang hadir, Ho Ching mengenakan selendang batik berwarna cokelat yang diletakkan di sekitar lehernya, dan sebuah jam tangan di pergelangan tangan kirinya.

7. Ibu Negara Filipina

Istri Presiden Filipina, Louise Marcos, tampak mengenakan gaun yang mirip dengan yang ia kenakan saat upacara pembukaan. Gaun panjang berwarna merah yang dikenakannya memiliki desain lengan khas yang terlihat menyerupai balon dengan ujung yang tajam mirip tanduk. Sebagai pelengkap, ia memakai anting, kalung, dan gelang yang semuanya berwarna silver.

8. Ibu Negara Korea Selatan

Kim Keon Hee, istri dari Presiden Korea Selatan, tampil mempesona sejajar dengan ibu negara lainnya. Dia mengenakan gaun putih mewah yang diberi hiasan payet silver di bagian dada. Selain itu, ia melengkapi penampilannya dengan selendang batik berwarna cokelat yang diletakkan di bahunya dan membawa tas mini di tangan kirinya.

4 dari 4 halaman

Sajian Nusantara di Gala Dinner

Jamuan makan malam atau Gala Dinner KTT ASEAN 2023 telah berlangsung pada Rabu malam, 6 September 2023 di Hutan Kota GBK, Kompleks Stadion GBK Senayan, Jakarta. Chef Arnold Poernomo ditunjuk untuk memimpin tim yang bertugas menentukan menu yang dihindangkan.

Dikutip dari siaran pers Tim Komunikasi dan Media KTT ke-43 ASEAN 2023, Kamis, 7 September 2023 berdasarkan laporan yang sama, Chef Arnold menyebut para kepala negara ASEAN dan tamu disajikan menu bertemu Nusantara the Forest. Hidangan tersebut adalah hasil meramu ragam jenis masakan dari berbagai wilayah di Indonesia.

Selain sajian utama, Gala Dinner KTT ASEAN juga menyediakan menu vegetarian dan pescatarian. Daftar menu disebutkan menu pembuka (appetizer) bagi tamu-tamu VVIP, yakni kepala negara dan pemimpin organisasi internasional adalah Kepiting Andaliman dari Sumatra Utara.

Makanan ini terdiri dari mud crab salad (salad kepiting), buah semangka, andaliman pepper aioli (saus aioli andaliman), pumpkin seeds (kuaci), dan baby spinach (bayam). Sedangkan untuk tamu-tamu VIP disajikan ASEAN Assiette ("piring" ASEAN) berupa chicken mushroom terrine (ayam jamur dimasak terrine-seperti kornet), bebek betutu tart (tarbebek betutu), beef curry puff (karipap sapi), dan seafood roulade (seafood gulung).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini