Sukses

Rayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia dengan Aktivitas Seni Sederhana

Saat memasuki usia dewasa, hidup akan menjadi semakin kompleks. Tuntutan-tuntutan yang datang seiring bertambahnya usia membuat diri kita terkadang dilanda stress karena tuntutan tersebut. Menurut penelitian, ada banyak cara dapat kita lakukan untuk membuat perasaan kita lebih baik, salah satunya adalah dengan seni.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Kesehatan Mental Sedunia yang diperingati setiap 10 Oktober menjadi pengingat akan pentingnya menjaga kesehatan mental. Stres biasanya akan semakin menumpuk saat kita memasuki usia dewasa. Namun, banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki perasaan.

Salah satunya adalah dengan seni. Dilansir dari Chanel News Asia, Selasa, 22 Agustus 2023, seni dapat meningkatkan mood Anda menurut penjelasan psikiater Dr. Frank Clark. Ia mempraktikkan informasi itu saat belajar menjadi psikiater di sekolah kedokteran. Dia memutuskan untuk menulis puisi pertamanya.

Semua obrolan yang ada di kepala saya, semua yang saya rasakan, kini bisa saya tuangkan di atas kertas dan pena saya yang bisa berbicara,” ujarnya mengingat kembali pemikirannya saat itu.

Saat itu, dia sedang berjuang melawan depresi dan mengandalkan beberapa hal untuk mencegahnya, termasuk lari, terapi, pengobatan, dan keyakinannya. Saya harus mencari sesuatu yang lain untuk mengisi kekosongan itu," katanya.

Ternyata puisi adalah bagian yang hilang dalam “teka-teki kesehatan” miliknya. Saya melihat adanya peningkatan dalam suasana hati saya," kata Dr Clark, yang kini merawat pasien di Greer, Carolina Selatan, Amerika Serikat. "Ini memberi saya jalan keluar lain," imbuhnya.

Gagasan bahwa seni dapat meningkatkan kesejahteraan mental adalah sesuatu yang secara intuitif dipahami oleh banyak orang. Namun, hal itu seringkali terlupakan terutama jika kita sudah terputus dari kegiatan menari, menulis kreatif, menggambar, dan menyanyi yang biasa kita nikmati semasa kanak-kanak.

Namun, ada “bukti kuat” yang menunjukkan bahwa menciptakan karya seni, serta aktivitas seperti menghadiri konser atau mengunjungi museum, dapat bermanfaat bagi kesehatan mental, kata Jill Sonke, Direktur Penelitian di Pusat Seni Kedokteran Universitas Florida. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menggambar dan Mewarnai

Dr James S Gordon, seorang psikiater dan pendiri The Center for Mind-Body Medicine, memelopori sesuatu yang disebut “teknik tiga gambar.” Hal ini ditampilkan dalam buku baru ‘Your Brain On Art: How The Arts Transform Us’.

Menurut pengalaman saya, seni seperti ini lebih dari sekadar kata-kata dalam membantu kita memahami apa yang terjadi pada diri kita dan memahami apa yang harus kita lakukan terhadap hal tersebut," kata Dr Gordon dalam buku tersebut.

Anda tidak perlu pandai menggambar, figur tongkat saja sudah cukup. Mulailah dengan menggambar diri Anda dengan cepat; jangan terlalu memikirkannya. Gambar kedua akan menunjukkan masalah terbesar Anda. Gambar ketiga akan menunjukkan kepada Anda setelah masalah Anda terpecahkan.

Latihan ini dimaksudkan untuk mendorong penemuan diri dan membantu memberikan orang pilihan dalam penyembuhan mereka sendiri. Anda dapat melakukannya dengan atau tanpa terapis, kata Susan Magsamen, asisten profesor neurologi di Johns Hopkins University School of Medicine dan rekannya.

Mewarnai Sesuatu yang Rumit

Jika Anda salah satu dari banyak orang yang beralih ke buku mewarnai untuk orang dewasa, mungkin tidak mengherankan jika penelitian menunjukkan bahwa aktivitas ini dapat membantu meredakan kecemasan. Pewarnaan di dalam garis misalnya dengan pola yang rumit tampaknya sangat efektif.

Sebuah penelitian yang mengevaluasi mahasiswa, dan penelitian lain yang menilai orang dewasa yang lebih tua, menemukan bahwa menghabiskan 20 menit mewarnai mandala (desain geometris yang kompleks) lebih membantu dalam mengurangi kecemasan dibandingkan mewarnai bentuk bebas dalam jangka waktu yang sama.

Susan Albers, psikolog klinis di Klinik Cleveland dan penulis 50 Cara Menenangkan Diri Tanpa Makanan, menggambarkan mewarnai sebagai “liburan mental kecil”. Ketika kita fokus pada tekstur kertas dan memilih warna yang kita sukai, akan lebih mudah untuk menghilangkan gangguan dan tetap fokus pada momen, katanya.

Ini adalah bentuk meditasi yang bagus untuk orang-orang yang membenci meditasi."

3 dari 4 halaman

Musik

Dalam artikel tersebut juga disebutkan bahwa seni musik dapat bermanfaat untuk meredakan stres. Mendengarkan musik, memainkan alat musik, atau bernyanyi semuanya bisa bermanfaat, menurut penelitian.

Sebuah studi pada 2022, misalnya, menyurvei lebih dari 650 orang dalam empat kelompok usia dan meminta mereka untuk mengurutkan aktivitas artistik yang membantu mereka "merasa lebih baik" selama lockdown pandemi pada 2020. Peserta termuda, berusia 18 hingga 24 tahun, menilai aktivitas musik sebagai aktivitas yang paling efektif. Di semua kelompok umur, “menyanyi” menduduki peringkat aktivitas teratas.

Penelitian lain menemukan bahwa bernyanyi mengurangi kadar kortisol, hormon yang dilepaskan tubuh saat sedang stres. Sebagai contoh, ibu yang baru saja melahirkan dan rutin bernyanyi untuk bayinya memiliki lebih sedikit kecemasan.

Magsamen mencatat bahwa musik dapat efektif dalam mengurangi stres karena hal-hal seperti ritme dan lirik berulang serta akord melibatkan banyak bagian otak. “Saya bernyanyi di kamar mandi," kata Magsamen. “Saya bernyanyi sekuat tenaga diiringi radio," ujarnya

4 dari 4 halaman

Menulis Puisi

Dr Clark terus menulis puisi sejak lulus dari sekolah kedokteran dan menawarkan beberapa tips bagi mereka yang tertarik untuk mencoba. Pertama, buang semua pemikiran bahwa Anda tidak cukup kreatif. “Saya pikir sering kali kita adalah kritikus terburuk kita sendiri," katanya. "Saya yakin siapapun bisa menulis puisi."

Mulailah dengan haiku (sebuah puisi tiga baris) sederhana, saran Dr Clark. Haiku hanya terdiri dari tiga baris. Baris pertama dan terakhir memiliki lima suku kata dan baris tengah memiliki tujuh.

Pertimbangkan juga untuk melibatkan teman-teman Anda saran dari makalah tahun 2020 di Journal of Medical Humanities yang mengeksplorasi “kekuatan penyembuhan” puisi.

Seperti yang penulis tulis, "Cukup dengan membaca puisi seminggu sekali, berbagi puisi dengan teman, atau menghabiskan lima hingga sepuluh menit untuk menulis bebas tentang ingatan favorit, ide terkini, kekhawatiran atau harapan, semuanya bisa menjadi langkah awal yang efektif dalam merasakan manfaat puisi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini