Sukses

Potret Anggun Putri Sukarno Kartika Soekarno Berkebaya pada HUT ke-78 RI di London

Kartika Sari Dewi ikut merayakan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Anak Dewi Soekarno itu tampil memukau dengan kebaya berwarna merah muda.

Liputan6.com, Jakarta - Kartika Sari Dewi Soekarno, putri presiden pertama Republik Indonesia Sukarno dan Ratna Sari Dewi, ikut memperingati HUT RI yang ke-78. Ia pun membagikan momen spesial tersebut melalui akun Instagram resminya dengan nama pengguna @kartikasoekarnofoundation.

Dalam unggahan tersebut, Kartika tengah merayakan momen kemerdekaan di Wisma Nusantara yang berlokasi di London, Inggris. Ibu satu anak itu tampil memukau dengan mengenakan kebaya berwarna merah muda yang menambah keanggunan penampilannya. Ia memadankan penampilannya dengan songket berwarna ungu dengan bordir merah yang tergelung di bahu kirinya.

Kesederhanaan dalam tampilannya tampak dari riasan yang dia pilih. Meskipun tampak ringan, riasan wajahnya memberikan kesegaran pada penampilannya. Aksen kemewahan ditambahkan dengan anting serta sandal sepatu berwarna emas yang ia kenakan. Yang membuat momen tersebut semakin berkesan adalah kehadiran anak tunggalnya, Frederik Kiran Soekarno, yang mendampinginya dalam merayakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia tersebut.

Kartika dan Kiran tidak hanya menghabiskan waktu berdua. Mereka berkesempatan untuk berfoto bersama dengan sosok penting yang mewakili Indonesia di Inggris, yaitu Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya.

"Happy 78th Independence Day, celebration at Wisma Nusantara with our Ambassador Pak Desra and Ibu Sari, thank you for your warm welcome," bunyi keterangan pada unggahan tersebut.

Berdasarkan informasi dari halaman RRI sebagaimana yang dilaporkan oleh Merdeka.com pada 18 Agustus 2023, diketahui bahwa Kartika hadir bersama dengan ibunya. Kedua wanita tersebut dikabarkan menghadiri seluruh rangkaian acara hingga akhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosok Kartika Soekarno

"Surprise juga beliau (Kartika dan Ratna) tinggal di Kedutaan sampai acara selesai dan ikut berfoto-foto. Mereka juga menyatakan terharu, khususnya pada saat Teks Proklamasi dibacakan," kata Desra dikutip dari laman RRI.

Karina Kartika Sari Dewi Soekarno adalah anak dari presiden pertama Indonesia, Sukarno, yang lahir di Tokyo, Jepang pada 11 Maret 1967. Masa kecilnya dihabiskan jauh dari tanah air. Sejak kecil, ia diasuh oleh ibunya, Ratna Sari Dewi, di Paris. Dari sana, ia melangkah ke Swiss untuk mengejar ilmu dan memperdalam pendidikannya.

Setelah menuntaskan pendidikan di Swiss, Kartika memutuskan untuk kembali ke Tokyo. Di sana, ia memulai karirnya di dunia jurnalistik dengan menjadi wartawan televisi.

Sebelum ia membangun Kartika Soekarno Foundation, dia sempat memberikan dedikasinya pada sebuah yayasan di Amerika Serikat. Dengan visi dan misi yang kuat untuk membantu masyarakat Indonesia, ia mendirikan yayasan yang fokus pada bidang pendidikan dasar, pelestarian kebudayaan, serta kesejahteraan ibu dan anak di Indonesia.

Pada 2005, Kartika menikah dengan Frits Frederik Seegers, sosok yang saat itu menjabat sebagai Presiden Citibank Eropa. Frits meninggal dunia pada 3 Februari 2021 di Bali.

3 dari 4 halaman

Cucu Presiden RI

Selain Kartika Soekarno, anaknya, yaitu Frederik Kiran Soekarno Seegers juga menjadi sorotan publik. Kiran yang berparas tampan itu merupakan anak dari putri bungsu Soekarno yaitu Kartika Sari Dewi Soekarno. Pada tahun 2023 ini, usianya akan bertambah menjadi 17 tahun.

Mengutip kanal Hot Liputan6.com pada 18 Agustus 2023, Kartika kerap membagikan potret sang putra lewat media sosial Instagram pribadinya. Baru-baru ini, wanita kelahiran Tokyo tahun 1967 itu mengunggah potret bersama Kiran di momen HUT ke-78 RI. Menurut keterangan yang ditulisnya, mereka merayakan kemerdekaan Indonesia di Wisma Nusantara.

Dalam foto yang kini viral di media sosial, Kartika tampak menawan dan mencuri perhatian dengan busana serba merah muda yang dikenakannya. Di sisi lain, Kiran tampil mempesona mengenakan kemeja berwarna biru sebagai dasar, ia menambahkan sentuhan formal dengan jas hitam dan dasi.

Tak lama setelah foto tersebut diunggah, hujan pujian pun mengalir dari warganet. Mereka tak hanya terpesona dengan keeleganan Kartika, tetapi juga terkesima dengan ketampanan Kiran.

"Aduh cucu proklamator " ganteng sekali" bisa hadir perayaan Hut RI 😍👏🔥🙌❤️" tulis salah satu akun di kolom komentar pada unggahan tersebut.

4 dari 4 halaman

Iriana Jokowi Kenakan Kebaya Kuning

Tak hanya Kartika yang mengenakan kebaya, tampilan Ibu Negara Iriana Jokowi juga berhasil menarik perhatian ketika hadir bersama Presiden Jokowi dalam Rapat Tahunan MPR RI 2023 yang berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Agustus 2023. Di kesempatan itu, Iriana terlihat memakai kebaya berwarna dasar kuning. Kebaya sederhana ini semakin terlihat elegan karena dihiasi lapisan kain brukat transparan berhias bordiran motif bunga bernada emas.

Aksen dari selendang berwarna serasi memperkuat estetika layering pada kebaya yang dikenakannya, mempersembahkan kesan yang lebih anggun. Selain itu, kebaya ini dikombinasikan dengan kain songket berwarna senada yang juga didekorasi dengan motif emas.

Tidak hanya itu, aksesori seperti anting dan gelang perak yang dikenakannya juga melengkapi penampilannya. Dengan rambut yang diikat ke atas dalam model sanggul, penampilan Iriana menjadi semakin anggun dan elegan.

Riasan wajahnya yang tampak ringan dan menyegarkan, menonjolkan kecantikan alaminya. Ia memilih riasan minimalis, di mana warna lipstick coral matte menjadi pilihannya. Blush on merah yang tipis pada pipinya memberikan efek merona.

Tak lupa, pulasan eyeshadow berwarna coklat memberikan kedalaman pada matanya, sementara bulu mata lentiknya menambah kesan mata yang lebih hidup dan memesona. Diketahui bahwa Makeup Artist Iriana, Juanda Hasid Sorumba, mengunggah dua gambar Iriana Jokowi di Instagram miliknya, @bennusorumba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.