Sukses

800 Penerbangan di Jepang Dibatalkan karena Pemadaman Listrik Massal Saat Topan Lan

Sekitar 800 penerbangan dibatalkan di Jepang, menyusul peringatan banjir dan tanah longsor dikeluarkan saat topan mendekati daerah barat daya Tokyo dengan kecepatan angin 150 km/jam.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 800 penerbangan dibatalkan di Jepang, menyusul peringatan banjir dan tanah longsor dikeluarkan saat topan mendekati daerah barat daya Tokyo dengan kecepatan angin 150 km/jam. Diberitakan puluhan ribu rumah kehilangan aliran listrik pada Selasa pagi, (15/8/2023). 

Mengutip dari laman The Guardian, mendekat dari Samudra Pasifik, Topan Lan menghantam ujung selatan prefektur Wakayama, 400 km barat daya Tokyo. Topan tersebut memiliki kecepatan angin 150 km/jam (93 mph) dan bergerak ke barat laut melintasi bagian barat pulau utama Honshu dengan kecepatan sekitar 15 km/jam (9 mph).

Topan tersebut menghantam sebagian besar Jepang tengah dan barat dengan hujan lebat dan angin kencang. Tayangan televisi menunjukkan sungai-sungai mengalir deras dan hampir meluap.

Rumah dan toko mengalami kerusakan lantai karena air, dan di kota Nara, angin kencang telah menumbangkan perancah di lokasi konstruksi. Pemadaman listrik melanda hampir 90 ribu rumah tangga di Jepang tengah dan barat, menurut utilitas regional.

Seven & i mengatakan sekitar 210 gerai toserba 7-Eleven ditutup untuk memastikan keamanan. Tingkat bahaya hujan dan angin memaksa penutupan jalan dan lusinan jalur kereta untuk menangguhkan layanan di daerah tersebut.

Selama 24 jam ke depan, wilayah Tokai tengah, markas perusahaan motor Toyota diperkirakan akan mendapatkan curah hujan sekitar 350 mm (13,8 inci), hampir tiga kali curah hujan rata-rata bulan Agustus. Banyak pabrik tutup selama liburan Obon, ketika penduduk kota kembali ke rumah leluhur mereka. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Festival Tahunan Obon Terancam

Jepang telah memasuki festival liburan tahunan Obon, atau Bon, ketika jutaan orang biasanya bepergian ke seluruh negeri untuk melihat keluarga. Bon, yang berlangsung hingga Rabu 16 Agustus, terancam di beberapa bagian Jepang oleh Topan Lan.

Badai sekarang berada di timur Jepang, secara bertahap bergerak ke arah barat laut dengan embusan angin maksimum sekitar 90--100 mph pada hari Minggu. Sementara badai diperkirakan akan sedikit melemah saat mendekati Jepang, kemungkinan besar akan menghasilkan curah hujan yang sangat besar, yang dapat menyebabkan banjir dan gangguan.

Prediksi jalur badai saat ini menunjukkan bahwa pendaratan di selatan Honshu tampaknya mungkin terjadi, awalnya mempengaruhi wilayah Kansai, dan melewati dekat kota besar Osaka. Garis pantai prefektur Wakayama dapat dilanda embusan angin yang merusak di atas 100 mph pada Selasa (15/8/2023) dengan gelombang besar menambah potensi gangguan. 

Saat badai bergerak ke pedalaman, pergerakannya akan sangat lambat dan volume hujan yang sangat besar dapat terendapkan. Curah hujan 200--400 mm diperkirakan terjadi dalam periode 24 jam, mungkin lebih dari 500 mm di beberapa area.

3 dari 4 halaman

Curah Hujan Tinggi pada Agustus

Kemungkinan besar, untuk beberapa tempat, lebih dari dua kali lipat rata-rata curah hujan pada Agustus dapat turun dalam waktu 24 jam. Pihak berwenang telah menyarankan penduduk di wilayah tersebut untuk mengubah rencana liburan mereka, dan maskapai penerbangan serta operator kereta api sudah mulai membatalkan layanan.

Berita utama cuaca sepanjang musim panas ini didominasi oleh gelombang panas belahan bumi utara, kebakaran hutan yang mereka bantu, dan perjuangan populasi untuk menjalani kehidupan sehari-hari di tengah panas yang memecahkan rekor. Sementara Eropa telah beristirahat dari kehangatan yang intens baru-baru ini, tetap sangat panas di Spanyol dan Portugal selama beberapa hari terakhir dengan suhu hingga 40-an celsius.

Minggu ini, panas akan bermigrasi ke utara dan timur sekali lagi, dengan sebagian besar Prancis, Pegunungan Alpen, dan Italia bergabung dengan suhu hingga 30-an celsius, mungkin 40 derajat Celcius di beberapa area lokal. Panas ini mungkin sebentar mencapai Inggris juga, tetapi kemungkinan akan turun dengan cepat menjadi hujan dan badai petir.

4 dari 4 halaman

Jepang Sempat Diterpa Topan Khanun

Sebelumnya, mengutip laman Accu Weather, Selasa (15/8/2023), kurang dari dua minggu yang lalu prefektur Okinawa Jepang dihantam oleh bekas Topan Khanun. Peristiwa ini menewaskan sedikitnya dua orang dan menyebabkan ribuan orang tanpa listrik sebelum mengukir jalur mematikan melalui Korea Selatan.

Sementara saat ini, ahli meteorologi Accu Weather sedang melacak ancaman topan berikutnya, yaitu Topan Lan, yang siap membawa putaran angin dan hujan lagi ke Jepang dan lebih dekat ke ibu kota negara Tokyo. Topan Lan berputar ratusan mil selatan-tenggara Jepang dengan intensitas angin yang setara dengan badai besar Kategori 3 di Skala Angin Badai Simpson.

"Lan diperkirakan akan berdampak pada Honshu selatan dan Shikoku pada Senin malam atau Selasa, waktu setempat. Hujan lebat dan embusan angin kencang akan menyebar ke utara melintasi Honshu tengah dan timur mulai Senin hingga Rabu, waktu setempat," kata Ahli Meteorologi AccuWeather Alyssa Glenny.

Honshu adalah pulau terbesar di Jepang dan ibu kotanya, Tokyo. Lan diperkirakan juga akan bergerak ke pedalaman antara prefektur Wakayama dan Shizuoka, dengan tingkat Keyakinan tinggi untuk dampak kerusakan yang dekat dengan titik pendaratan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini