Sukses

Apa yang Terjadi pada Ratu Camilla Jika Raja Charles III Meninggal Dunia?

Tim Raja Charles III dan Ratu Camilla kemungkinan bersiap untuk setiap situasi, termasuk apa yang akan terjadi jika raja meninggal dunia lebih dulu.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Raja Charles III dan Ratu Camilla kemungkinan bersiap untuk setiap situasi, termasuk apa yang akan terjadi jika raja meninggal dunia lebih dulu. Raja Charles III dikenal berumur panjang dalam gennya, yakni ayahnya Pangeran Philip meninggal pada usia 99 tahun pada 2021, hanya dua bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-100, dan ibunya Ratu Elizabeth II meninggal di usia 96 pada September 2022.

Dikutip People, Senin, 1 Agustus 2023, meski demikian, seluruh garis suksesi akan bergeser ketika Raja Charles III meninggal suatu hari nanti. Pangeran William akan segera menyetujui sebagai raja, dan Kate Middleton nantinya akan menjadi Ratu atau Permaisuri.

Selanjutnya, Ratu Camilla, yang gelar teknisnya adalah Queen Dowager, lapor Daily Mirror. Menurut outlet tersebut, gelar kerajaan pertama kali digunakan oleh Ratu Adelaide, yang meninggalkan suaminya, Raja William IV.

Raja William meninggal pada 1837, dan istrinya hidup selama 12 tahun kemudian. Semua anak pasangan itu meninggal saat masih bayi, dan mahkota diberikan kepada keponakan William, Ratu Victoria.

Jika dia menjadi janda, Ratu Camilla kemungkinan besar akan bebas untuk melanjutkan bab berikutnya. Dia mungkin secara pribadi pensiun ke Ray Mill House, rumahnya di pedesaan, atau melanjutkan pekerjaan amalnya dengan tujuan utama seperti kesehatan, melek huruf, seni, dan mendukung para penyintas pemerkosaan dan kekerasan seksual.

Nenek Raja Charles III, Ratu Elizabeth, Ibu Suri memilih untuk dikenal sebagai Ibu Suri setelah kematian suaminya Raja George VI pada 1952 dan aksesi putri sulung mereka Elizabeth. Ibu Suri akan menjadi kekuatan dan dukungan yang unik untuk Ratu Elizabeth selama masa pemerintahannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ragam Kegiatan

Ia bergabung dengan anggota keluarga kerajaan lainnya untuk acara-acara khusus seperti Trooping the Color dan Royal Ascot hingga akhir usia 90-an. Ibu Suri meninggal pada 2002 pada usia 101 tahun, dan Ratu Elizabeth berbicara tentang "semangat hidup yang menular" ibunya dalam siaran televisi langka dari Kastil Windsor pada malam pemakamannya.

"Selama bertahun-tahun saya telah bertemu banyak orang yang harus menghadapi kehilangan keluarga, kadang-kadang dalam situasi yang paling tragis. Jadi saya menganggap diri saya beruntung karena ibu saya diberkati dengan umur panjang dan bahagia," kata Ratu Elizabeth dalam pidatonya.

Ia menambahkan, "Dia memiliki semangat hidup yang menular, dan ini tetap bersamanya sampai akhir. Saya juga tahu bahwa keyakinannya selalu menjadi kekuatan besar baginya."

"Pada upacara besok, saya berharap bahwa kesedihan akan menyatu dengan rasa syukur yang lebih luas, tidak hanya untuk hidupnya tetapi untuk saat-saat di mana dia hidup, satu abad untuk negara ini dan Persemakmuran bukan tanpa cobaan dan duka, tetapi juga salah satu kemajuan yang luar biasa, penuh dengan keteladanan keberanian dan pelayanan serta keceriaan dan canda tawa," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Pengumuman Ratu Elizabeth II

Dikatakannya lagi, "Inilah yang akan dipahami ibu saya, karena kehangatan dan kasih sayang orang-orang di mana pun yang mengilhami tekad, dedikasi, dan antusiasmenya untuk hidup."

Tahun lalu, Ratu Elizabeth II mengumumkan keinginannya agar Camilla dikenal sebagai Permaisuri ketika Charles menyetujuinya. Raja pembuat sejarah mengungkapkan perasaannya dalam pesan yang bertepatan dengan Hari Aksesinya pada Februari 2022.

Di sana, dia menulis, "Ketika, dalam kepenuhan waktu, putra saya Charles menjadi Raja, saya tahu Anda akan memberi dia dan istrinya Camilla dukungan yang sama seperti yang telah Anda berikan kepada saya; dan ini adalah keinginan tulus saya, saat itu datang, Camilla akan dikenal sebagai Permaisuri saat dia melanjutkan layanan setianya sendiri."

Ketika Camilla menikah dengan Pangeran Charles pada 2005, dikatakan bahwa dia akan dikenal sebagai Permaisuri Putri. Namun, restu Ratu Elizabeth II merupakan indikasi signifikan bahwa Camilla akan dinobatkan bersama suaminya dan dia pada 6 Mei 2023.

4 dari 4 halaman

Gelar Camilla

Gelar Camilla menerima penyegaran kerajaan lebih lanjut untuk menghormati upacara penobatan, dan "permaisuri" dihapus. Anggota istana mengisyaratkan bahwa rencana sedang berjalan ketika undangan rumit untuk penobatan dirilis pada April 2023.

Di sana, Istana Buckingham memanggilnya Ratu Camilla, bukan Permaisuri, untuk pertama kalinya sejak penobatan Charles pada September 2022. Menurut BBC, Camilla diperkirakan akan dikenal sebagai Permaisuri pada awal pemerintahan untuk membedakannya dari Ratu Elizabeth, dengan penobatan menciptakan momen yang tepat untuk mendapatkan gelar Ratu. Istana secara resmi memperbarui halaman biografi Camilla untuk mencerminkan gelar Ratunya pada 6 Mei 2023.

Sementara, dua anggota keluarga Kerjaan Inggris yang menghadiri penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla akhir pekan kemarin, 6 Mei 2023, hilang dari potret resmi acara tersebut. Mereka adalah Pangeran Harry dan pamannya, Pangeran Andrew.

Melansir New York Post, Selasa, 9 Mei 2023,  foto resmi penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla diungkap Senin, 8 Mei 2023, memperlihatkan mereka dalam balutan busana kebesaran terbaik. Hugo Burnand, fotografer pernikahan Charles dan Camilla pada 2005, mengambil foto-foto itu segera setelah raja berusia 74 tahun itu resmi dinobatkan di Westminster Abbey, lapor BBC.

Mengenakan Robe of Estate dan Imperial State Crown, Charles tampak agung di Ruang Singgasana Istana Buckingham. Ia terlihat memegang Sovereign's Orb dan Sovereign's Sceptre with Cross di jari "sosis" yang sering diejek.

Dalam foto tersebut, Charles terlihat duduk di salah satu singgasana yang dibangun untuk penobatan Raja Edward VII pada 1902. Sementara, Camilla (75) dijepret di Ruang Gambar Hijau istana mengenakan mahkota dan jubah Ratu Mary.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini