Sukses

Citayam Fashion Week Balik Lagi ke Sudirman, Bonge: Kangen Aja Gitu

Citayam Fashion Week (CFW) sempat meramaikan kawasan Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat pada pertengahan 2022 lalu. Meski kemudian redup beberapa waktu lalu, Citayam Fashion Week kembali bergeliat dengan kehadiran sosok-sosok yang memviralkan aksi ini.

Liputan6.com, Jakarta - Citayam Fashion Week (CFW) sempat meramaikan kawasan Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat pada pertengahan 2022 lalu. Meski kemudian redup beberapa waktu lalu, Citayam Fashion Week kembali bergeliat dengan kehadiran sosok-sosok yang memviralkan aksi ini.

Dikutip dari News Liputan6.com, pada Sabtu, 22 Juli 2023, area Sudirman kembali dipenuhi keramaian para konten kreator dan TikToker yang sempat viral ketika fenomena Citayam Fashion Week. Mereka terdiri atas Bonge cs, Dilan Bekasi, sampai para model remaja yang biasa beraksi catwalk di atas zebra cross, hadir dalam kerumunan.

Kehadiran mereka diketahui juga memperingati satu tahun setelah hebohnya fenomena Citayam Fashion Week. "Kangen aja gitu, mau ngeliat (perbandingan) situasi Sudirman yang sekarang sama yang dulu," kata Bonge saat diwawancara.

Ia menambahkan, "Bedanya kalau dulu kan ramai setiap hari, kalau sekarang sabtu minggu baru ramai."

Bonge mengaku siap meramaikan kembali CFW. Ia telah menyiapkan ragam busana untuk penampilan catwalk-nya di atas zebra cross. Ia juga berpesan kepada rekan-rekannya agar tetap menjaga kebersihan saat berkumpul dan membuat konten di kawasan Sudirman.

"InsyaAllah saya akan semangat lagi buat konten. Konten apa saja yang penting masuk, yang penting kita mengajarkan untuk orang-orang di Sudirman ini buat tidak buang sampah sembarangan," kata Bonge.

Hal senada juga disampaikan Ale, satu remaja pencetus diadakannya CFW dulu. Pria yang biasa tampil nyentrik dengan busana bak model profesional tersebut, mengaku kangen berkumpul di CFW.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berasa Dejavu

"Berasa deja vu, dulu sering banget ngonten di sini dan akhirnya kembali lagi ke sini. Makin semangat (bikin konten), makin semangat berkreasi lagi," cerita Ale.

Dia pun mengajak kembali masyarakat dan remaja yang dulu sering menghabiskan waktu di kawasan Stasiun MRT Dukuh Atas untuk menyaksikan CFW. "Untuk teman-teman yang mau datang ke sini, sekadar bikin konten atau nongkrong-nongkrong saja, di sarankan untuk ke sini lagi. Untuk lebih mengasah kreativitas kita, biar kita merangkul orang-orang yang dulu pernah sejalan sama kita," ajak Ale.

Sebelumnya, fenomena remaja dan anak muda yang kerap berkumpul di daerah Stasiun Kereta Bandara Sudirman BNI City, itu menjadi sorotan pada Juli 2022 lalu. Mereka yang berasal dari daerah Jakarta dan sekitarnya ini kerap berkumpul dengan gaya busana yang mencuri perhatian.

Berkat penampilan mereka yang khas, yaitu terdiri atas pakaian bernada monokrom dan tak jarang menggunakan merek distro lokal menjadikan para remaja Citayam dan Bojonggede ini fenomena sosial yang unik.

3 dari 4 halaman

Sempat Tuai Pro dan Kontra

Fashion street di sekitar Stasiun Kereta Bandara Sudirman juga memunculkan fenomena Bonge Cs, yakni komunitas anak remaja hingga dewasa awal asal Bojong Gede, Bogor yang 'menguasai' Jalan Sudirman. Hanya saja, banyaknya muda mudi yang berkumpul di sini dan memamerkan outfit terbaik versi mereka menimbulkan pro dan kontra di kalangan warganet.

Aksi pemuda-pemudi penuh gaya tersebut menuai beragam komentar dari warganet. Ada yang kontra dan mencibir terutama karena masalah kebersihan seperti buang sampah sembarangan.

Tapi tak sedikit juga yang memuji dan melayangkan apresiasi atas gaya berpakaian serba nyentrik dari pemuda-pemudi tersebut. Mereka salut atas kegiatan adu gaya para ABG tersebut lantaran menjadi kegiatan positif ketimbang bikin onar seperti tawuran antar pemuda.

Seorang warganet bahkan menyandingkan gaya mereka dengan busana harajuku yang populer di Jepang. "Bagus kalau bakalan jadi ruang ekspresi anak muda seperti halnya di Harajuku atau di Shanghai. Mungkin dari sini juga awal mula tren fashion exhibition ala-ala Harajuku bisa bisa berkembang di Indonesia," komentar seorang warganet.

4 dari 4 halaman

Tak Canggung Berpose

Hal ini membuat beberapa beberapa dari mereka menjasi idola baru di TikTok. Salah satunya ialah Jeje, yang langsung terkenal di media sosial. Selain gayanya yang nyentrik, paras cantiknya juga membuatnya banyak penggemar.

Bahkan, tak sedikit yang mengatakan jika gadis berusia 16 tahun ini mirip dengan Fuji. Baru-baru ini, Jeje diundang oleh adik mendiang Bibi Ardiansyah ini untuk membuat konten bareng.

Keduanya bercerita mengenai berbagai hal, termasuk kehidupan pribadi gadis bernama asli Jasmin Laticia tersebut. Jeje sempat mengungkap jika ketenarannya berawal dari beberapa fotografer yang sempat memintanya untuk memotret dirinya saat sedang berada di sekitaran Stasiun BNI City, Dukuh Atas.

Dalan sebuah unggahan di Instagram, Jeje terlihat berfoto mengenakan tanktop kotak-kotak dan ripped jeans di trotoar sekitaran Stasiun BNI City, Dukuh Atas. Ia tampak tak canggung berpose dengan berbagai gaya berbeda di depan kamera.

Dalam foto lainnya, Jeje terlihat cantik bergaya kasual dengan atasan bergaris hitam putih dan celana hitam. Gayanya juga cukup luwes dan tampak tak kaku bergaya di depan kamera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.