Sukses

Ramuan Jamu Indonesia Diulas Media Asing Sebagai Cara Mengatasi Perut Kembung

Surat kabar harian nasional Irlandia, Irish Examiner, menulis bahwa jamu adalah minuman tradisional Indonesia yang berusia hampir empat ribu tahun, dibuat dengan kunyit, jahe, serai, dan banyak bahan lain.

Liputan6.com, Jakarta - Khasiat jamu untuk menjaga kesehatan tubuh tidak hanya dikenal di Indonesia. Sejumlah media asing pun telah memberitakan tentang jamu Indonesia dari waktu ke waktu, termasuk surat kabar harian nasional Irlandia, Irish Examiner.

Mengutip situs webnya, Sabtu, 15 Juli 2023, dalam ulasan per 21 Desember 2021, publikasi itu menulis, "Jamu adalah minuman tradisional Indonesia yang berusia hampir empat ribu tahun, dibuat dengan kunyit, jahe, serai, dan banyak bahan lain."

"Kami membuatnya setiap minggu dan membotolkannya. Porsi kecil setiap hari membangunkan Anda dan memiliki manfaat luar biasa untuk sistem kekebalan dan sirkulasi darah dalam tubuh," sambungnya.

Ada banyak resep jamu, katanya, tapi kebanyakan menggunakan kunyit. Salah satunya ramuan jamu berbahan kunyit dimanfaatkan untuk mengatasi perut kembung dengan bahan-bahan:

125 gram kunyit segar, kupas dan cincang kasar

50 gram jahe, kupas dan cincang kasar

2 buah jeruk nipis, ambil jusnya

2 sdm madu

1 sdt kayu manis bubuk

1 batang serai, geprek

 

Cara Membuat Jamu Anti-Perut Kembung

  1. Tempatkan kunyit cincang, batang serai dan jahe dalam food processor bersama 1 liter air, haluskan.

  2. Panaskan campuran ini secara perlahan dalam panci sampai panas, tapi tidak mendidih.

  3. Matikan api, lalu aduk bersama madu, kayu manis dan air jeruk nipis.

  4. Saring dengan saringan halus atau lebih baik lagi dengan kain katun tipis sehingga mendapatkan jus yang halus. Tuang jamu ke dalam botol kaca steril dan simpan di lemari es.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Jadi Merek Internasional

Upaya untuk memperluas pasar jamu Indonesia juga terus dilakukan. Baru-baru ini dilaporkan bahwa barang dan jasa tradisional Indonesia, seperti jamu, sudah bisa didaftarkan jadi merek internasional.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Andap Budhi Revianto, berkata, "Saya mendapat informasi yang menggembirakan dari Pak Menteri yang saat ini mengikuti sidang WIPO di Jenewa, Swiss, bahwa produk-produk tradisional anak bangsa Indonesia bisa jadi merek internasional," lapor Antara dikutip 13 Juli 2023.

Adanya aksesi Nice Agreement tentang Klasifikasi Internasional atas Barang dan Jasa membuat hal itu jadi mungkin. Dijelaskan bahwa Nice Agreement merupakan perjanjian internasional yang mengatur tentang klasifikasi internasional terhadap barang dan jasa dengan tujuan pendaftaran merek.

Andap menjelaskan, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly melakukan diplomasi dengan Direktur Jenderal World Intellectual Property Organization (WIPO) Daren Tang di kantor pusat WIPO, Jenewa, Swiss, 7 Juli 2023. "Dalam pertemuan bilateral itu, Bapak menyerahkan instrumen aksesi Nice Agreement," ujar dia.

3 dari 4 halaman

Tidak Hanya Diminum

Aksesi Nice Agreement ini diklaim akan mendorong promosi nama-nama khas dan tradisional Indonesia. Hal ini juga memudahkan penentuan kelas barang dalam pendaftaran merek secara nasional hingga internasional melalui Madrid Protocol, yang juga sudah diaksesi Indonesia.

"Dengan aksesi ini, Indonesia akan meningkatkan sistem merek nasional untuk memenuhi standar internasional dalam pendaftaran merek," sebut Andap. Jamu Indonesia sendiri telah cukup dikenal di pasar internasional, dan sudah diulas media asing.

Sudah jadi rahasia umum bahwa manfaat jamu tidak hanya bisa didapatkan dengan cara meminum ramuannya. Dalam perpanjangan praktiknya, Anda dapat menikmati "pijat jamu," terutama bagi para perempuan pascamelahirkan.

Jenis pijat ini diulas media asing asal Filipina, Manila Bulletin. Melansir situs webnya, 6 Juni 2023, dalam ulasan tertanggal 9 Mei 2023, dijelaskan bahwa jamu adalah ramuan herbal khusus yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

"Pijat jamu menggunakan campuran herbal ini yang dibuat jadi minyak khusus, krim, atau pasta dan dioleskan ke tubuh," sebut outlet itu. 

 

4 dari 4 halaman

Pijat Jamu

Selain sebagai pijat pascamelahirkan, pijat jamu juga bertujuan membuang kelebihan cairan dan "angin" dari tubuh. "Minyak khusus dipijat di tubuh dan setelah itu, pasta herbal dioleskan di perut dan bahan pengikat dibungkus rapat untuk membantu kulit yang meregang kembali mengencang," papar mereka.

"Ada yang menyebut pijat jamu sebagai pijat pelangsing juga karena hal ini," sambung sumber tersebut.

"Terkadang, pijat payudara juga disertakan untuk membantu merangsang laktasi. Pijat jamu bukanlah pijat sekali praktik, dengan biasanya membutuhkan beberapa sesi," tulis publikasi itu.

Kendati relatif aman, izin dan saran dari dokter Anda, terutama jika memiliki komplikasi sebelumnya atau masalah kesehatan lain, tetap disarankan. "Selain itu, carilah praktisi atau terapis terlatih yang dapat melakukan pijat jamu dengan baik. Terkadang, dokter Anda mungkin memiliki rekomendasi di mana menemukan mereka," tandasnya.

 

Disclaimer: Jamu adalah ramuan tradional berbahan alami yang bisa membantu kesehatan tubuh. Bila ada keluhan kesehatan, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini