Sukses

Dian Sastrowardoyo Dekorasi Rumah Pakai Barang Antik dari Pasar Loak, Dikombinasi Furnitur Modern

Dian Sastrowardoyo punya sudut favorit di rumah, yaitu ruang kerjanya. Bukan hanya itu, wanita berusia 40 tahun ini ternyata juga suka membeli barang-barang antik dari pasar loak untuk menjadi dekorasi maupun pajangan di rumahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Dian Sastrowardoyo punya sudut favorit di rumah, yaitu ruang kerjanya. Saat ini Dian yang sedang sibuk menulis buku pun kerap menghabiskan waktu lama di sana bahkan sampai ketiduran.

Bukan hanya itu, wanita berusia 40 tahun ini ternyata juga suka membeli barang-barang antik dari pasar loak untuk menjadi dekorasi maupun pajangan di rumahnya. "Ternyata aku suka antik, world of vintage yang era 1930-an seperti ketemu harta karun, di mix and match furnitur baru kok cocok," ungkap Dian saat peluncuran Katta Indonesia, sebuah luxury store bidang furnitur dan interior di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis, 13 Juli 2023.

Menurut Dian, salah satu yang menarik hatinya adalah barang antik berunsur klasik Jawa yang sempat ia beli di pasar loak Solo. "Di dapur aku juga mainin piring sebagai dekorasi, kemarin aku dapat dari (pasar loak) di Jogja pas aku dapat kesempatan syuting," cerita ibu dua anak itu.

Ruang tamu merupakan tempat yang sering pemain film "Guru-Guru Gokil" ini utak-atik. Kadang-kadang ia ingin menambahkan pajangan pot baru, maupun alas stoples di ruang tamu dengan "harta karun" yang ditemukan di pasar loak

Dian Sastro mengaku tak ingin rumahnya tampak baru. Ia ingin mendapatkan kesan seperti sedang berada di rumah eyangnya yang tiap sudut rumah memiliki cerita. 

"Ada cerita eyang masih muda, pajangan foto saat nikah dan aku mau orang dateng ke rumah aku jadi ada ceritanya," sambungnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memilih Furnitur Harus Dipikirkan Matang

Bicara mengenai mendekorasi rumah, Dian mengungkapkan baru sekali melakukan dalam hidupnya. "Meski dulu menata apartemen, tapi apartemen kecil tidak sebesar rumah," kata Dian.

Dengan pengalaman itu dirinya merasa bahwa saat membeli furnitur sebaiknya harus dipikirkan baik-baik. "Pas beli dari awal pikirin dengan matang dan belilah sesuatu yang tahan lama untuk jangka panjang," kiatnya memberi saran.

Bahkan kata Dian, sebaiknya pilihan furnitur bisa dipakai seumur hidup dan masih awet meskipun pemiliknya sudah tidak ada. Meski furnitur tersebut harganya cukup mahal, namun tahan lama. 

"Aku beli sesuatu yang mahal tapi enggak kan aku buang karena nanti jadi nambah sampah. Enggak mubazir, apalagi sampah furnitur susah dibuang," bebernya lagi.

Meskipun di rumah, suaminya telah menyerahkan tugas mendekorasi rumah kepada Dian sehingga ia pun bebas memilih furnitur maupun menatanya. Tapi ada satu ruang yaitu kamar anak-anaknya yang tak bisa ia utak-atik, hal itu lantaran kedua anaknya sudah memiliki otonomi sendiri.

3 dari 4 halaman

Dian Sastro Punya Perpustakaan Mirip Kantor Dumbledore

Sebelumnya Dian Sastro sempat mengungkapkan isi rumahnya untuk kali pertama. Sederet potret hunian nyaman bintang Ada Apa Dengan Cinta? ini dibagikan melalui akun Instagram @biasalahanakmuda.

Pada unggahan akun Instagram yang mengulas ragam hal tentang hunian ini, Dian Sastro terlebih dahulu menyapa sebelum membuka pintu rumahnya. "Halo sobat-sobat Kajian, akhirnya datang juga hari yang ditunggu-tunggu. Selamat datang di rumah aku, mari kita mengkaji bersama-sama rumah aku," sebutnya dalam video.

Ruangan perpustakaan dan ruang kerja Dian Sastro menampilkan rak-rak buku bernuansa krem. Berbagai jenis buku koleksi Dian Sastro ditata rapi memenuhi setiap ambalan.

"Perpustakaan + ruang kerja Dian Sastro. Sumpah aku pikir kantor Dumbledore," bunyi keterangan dalam unggahan terkait hunian Dian Sastro tersebut.

Ada sebuah meja putih polos dan kursi nyaman yang dikelilingi rak buku itu. Di sisi bawah rak, dimanfaatkan pula sebagai meja belajar lengkap dengan kursi dan bantalan lainnya.

"Kenapa gak kotak aja ruangannya? Ya biar gak ada sudut mati yang gak bisa ditaro buku," bunyi keterangan itu.

4 dari 4 halaman

Dapur Dian Sastro

Unggahan yang dibagikan pada Sabtu, 19 Februari 2022 itu berlanjut dengan tampilan luar rumah Dian yang luas. Selain untuk parkir, halaman depan kerap digunakan untuk olahraga anggota keluarga.

Halaman rumah Dian tampak rindang dan teduh sebab dikelilingi tanaman-tanaman hijau. Beranjak masuk ke rumah, desain interior apik menyambut mereka yang datang. Terdapat pajangan, potret keluarga, pot besar tanaman hias, serta detail bermotif nuansa alam denga burung-burung yang hinggap di ranting pepohonan.

Warganet juga diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait rumah Dian Sastro. Salah satunya ada yang ingin melihat koleksi piring cantik Dian Sastro yang dipajang di dinding.

Tur berhenti pada ruangan favorit Dian Sastro berdasarkan rikues lainnya. Video lantas mengabadikan sudut ruangan dengan sofa besar dan banyak bantal kursi dengan jendela-jendela besar di pinggir. Salah satu area yang curi atensi adalah perpustakaan ala kantor Dumbledore di film Harry Potter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.