Sukses

Restoran Ayam Cepat Saji dari Singapura Andalkan Bumbu Khas Asia dan Teknik Kuas untuk Bersaing di Indonesia

Apa strategi 4Fingers untuk bisa bersaing dengan restoran ayam goreng cepat saji lainnya di Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Restoran ayam goreng cepat saji asal Singapura, 4Fingers Crispy Chicken resmi membuka cabang gerai baru di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan. Kehadiran gerai baru ini diharapkan dapat membuat warga Jakarta Selatan semakin mudah menikmati sajian 4Fingers.

Membuka restoran ayam goreng di tengah persaingan tempat sejenis yang semakin banyak jumlahnya tentu bukan hal yang mudah. Lalu, apa strategi 4Fingers Crispy Chicken untuk bisa bersaing dengan restoran ayam cepat saji lainnya di Indonesia?

Salah satu caranya adalah dengan membuat saus pedas yang dibuat dengan resep turun-temurun, difermentasi secara alami menggunakan metode tradisional Asia (kacang kedelai, bawang putih, air, dijemur selama lima bulan) serta bumbu dan rempah alami.

"Selain itu, ayam krispi 4Fingers disiapkan berdasarkan pesanan. Alhasil, sajian yang dihidangkan selalu fresh dan krispi," terang Dianri Taufik, Country General Manager PT. 4Fingers Crispy Chicken pada Liputan6.com, Senin, 10 Juli 2023.

Ia menambahkan, saus khas 4Fingers dipadukan dengan lahan ayam krispi dan bahan-bahan yang segar, ditambah dengan teknik membalur saus khas dengan menggunakan kuas membuatnya menempel erat di ayam krispi..

Sementara itu, pemilihan lokasi Gandaria City merupakan langkah strategis 4Fingers untuk memperbesar sayapnya di area Jakarta. Mal tersebut juga merupakan tempat berkumpulnya komunitas dan pencinta kuliner, serta berbagai gerai makanan.

"Seperti yang kita ketahui bahwa 4Fingers Crispy Chicken telah dikenal di Singapura dan Malaysia. 4Fingers terkenal akan cita rasa Asia atau Asian Inspired jadi dapat dinikmati bersama keluarga, teman atau pasangan," jelas Dianri Taufik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cabang Keempat 4Fingers di Indonesia

"Selain menawarkan konsep Dine-in dengan seating area yang lebih luas. Kami juga menawarkan Delivery Service Partnership atau layana online yaitu Grab Food dan Go Food sebagai pilihan alternatif untuk konsumen kami,” tambahnya.

Dalam pembukaan cabang baru di mal Gandaria City, 4Fingers bekerja sama dengan PT. Artisan Wahyu - Pakuwon Group. Kerja sama ini diharapkan dapat membuat 4Fingers juga mampu melebarkan sayapnya di beberapa mal yang dikelola Pakuwon Group.

"4Fingers Crispy Chicken membuka outlet keempat di Indonesia di Gandaria City. Ini merupakan kali pertama Pakuwon Group bekerja sama dengan 4Fingers Crispy Chicken. Kami melihat reputasi 4Fingers Crispy Chicken, terutama Singapura, sangat baik dan semoga hal yang sama terjadi di Indonesia," kata Charista Naga Manager Leasing PT. Artisan Wahyu dalam kesempatan yang sama.

Selain gerai baru, 4Fingers juga turut memperkenalkan saus terbaru yaitu Fiery Sauce yang dirasa cocok untuk lidah masyarakat Indonesia. Fiery Sauce ini disajikan dalam Signature Menu antara lainnya yaitu, Wingettes & Drumettes, Boneless Chicken, dan Drumstick. Saus inipun paling tepat disajikan dengan kentang goreng.

3 dari 4 halaman

Paket Menu 4Fingers

Selain fiery sauce, 4Fingers juga menghadirkan paket menu WOW4U dengan harga cukup terjangkau. Mulai dari Rp.27 ribu, pengunjung bisa menikmati paket seperti WOW Wings/ Drums yang terdiri dari 1 nasi, 2 boneless chicken dan 1 wingettes and drumettes/ 1 drumsticks.

Pilihan lainnya pun adalah Fiery Cheez Bowl yaitu rice bowl cheesy dengan nasi, sayuran segar, tofu, dan boneless chicken. Selain itu ada juga Fiery Cheez Wrap yaitu wrap yang cheesy dengan sayuran dan boneless chicken.

Di bulan Ramadan lalu, 4Fingers Jakarta berhasil mendapatkan sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) atas rekomendasi Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Pemberian sertifikasi halal dilakukan di 4Fingers Mal Grand Indonesia, pada Senin, 10 April 2023.

Restoran cepat saji asal Singapura yang fokus menyuguhkan hidangan sayap ayam itu memproses sertifikasi halal untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk para pelanggan, serta untuk memenuhi peraturan pemerintah UU no. 33/2014 tentang Jaminan Produk Halal.

 

4 dari 4 halaman

Sertifikasi Halal

 

"Kami sadar penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi makanan halal karena mayoritas penduduknya adalah muslim. Adanya sertifikasi halal ini menunjukkan bahwa kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk pelanggan dalam menu makanan yang kami sajikan," terang Dianri Taufik, Country General Manager PT. 4Fingers Crispy Chicken saat itu.

Selama kurang lebih empat bulan, 4Fingers menyiapkan syarat sertifikasi halal, terhitung sejak dibukanya outlet pertama di Grand Indonesia. Salah satunya dengan memakai bahan baku yang sudah terverifikasi halal. Tidak hanya untuk mendapatkan persetujuan dari LPPOM MUI, tapi juga untuk memberikan rasa aman kepada para penikmatnya.

"Sejak awal kita membangun brand ini di Jakarta, di GI kemudian di Kemang, fokus kita memang halal. Semua raw materials sudah harus halal. Prosesnya sudah sejak dari Desember 2022, kita menargetkannya di awal bulan Maret, tapi baru selesai sebelum puasa, minggu ketiga Maret," ungkap Dianri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini