Sukses

3 Resep Praktis Sosis Kentang Kriuk, Jajanan Kekinian Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Sosis kentang kriuk merupakan salah satu jajanan kekinian yang enak dijadikan camilan. Tak perlu selalu membeli, jajanan ini cukup mudah dibuat sendiri di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Sosis kentang kriuk merupakan salah satu jajanan kekinian yang enak dijadikan camilan. Tak perlu selalu membeli, jajanan ini cukup mudah dibuat sendiri di rumah.

Dari segi tampilan tentu sosis kentang kriuk akan mengingatkan Anda pada makanan jalanan asal Korea yaitu corn dog, namun corn dog menggunakan bahan tepung jagung. Berbeda dengan sosis kentang yang memadukan sosis dan kentang dengan tepung terigu dan maizena.

Tentu teksturnya pun akan berbeda, tapi tentu saja tak kalah enak. Penasaran ingin coba membuatnya? Langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut, pertama resep dari @ucimandasari yang dibagikan melalui Cookpad.

Sosis Kentang Kriuk

Bahan-bahan:

5-6 buah sosis

150 gr kentang beku, pakai kentang segar, potong kecil

100 gr tepung terigu

50 gr tepung maizena100 ml susu cair/air biasa

1 butir telur

Secukupnya garam, lada, kaldu bubuk

Minyak untuk menggoreng

Langkah Pembuatan:

  1. Campurkan terigu, maizena, garam, lada, kaldu bubuk dan telur. Tuang air secara perlahan. Aduk rata
  2. Taruh adonan dalam gelas. Simpan dalam kulkas. Lalu siapkan sosis, saya grill sbentar sosisnya supaya memastikan sosisnya matang.
  3. Tusuk sosis, keluarkan adonan lalu celupkan sosis ke adonan.
  4. Gulirkan ke potongan kentang, tutup semua bagian sosis dg kentang. Goreng di minyak yg sdh panas. Boleh simpan di kulkas trlebih dahulu. Saya dah ga sbar mau cepet slsai masak ini.
  5. Goreng hotang smpai kekuningan. Angkat dan tiriskan. Beri saus sambal dan mayones, siap santap

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosis Kentang Kriuk

Resep selanjutnya adalah Sosis Kentang Kriuk dari @yulys_kitchen yang juga diunggah melalui Cookpad. 

Sosis Kentang Kriuk

Bahan-bahan:

5-6 buah sosis

150 gr kentang beku

100 gram tepung terigu

50 gram tepung maizena

100 ml susu cair/air (jgn dituang langsung semua)

1 butir telur

secukupnya garam, lada, kaldu bubukminyak untuk menggoreng

Langkah Pembuatan:

  1. Campurkan terigu, maizena, garam, lada, kaldu bubuk dan telur. Tuang air secara perlahan. Aduk rata sampai kekentalan cukup, sisihkan.
  2. Potong potong kentang. Lalu siapkan sosis, saya grill sebentar sosisnya supaya memastikan sosisnya matang.
  3. Tusuk sosis, keluarkan adonan lalu celupkan sosis ke adonan. Gulirkan ke potongan kentang, tutup semua bagian sosis dg kentang. Goreng di minyak yg sdh panas. Boleh simpan di kulkas trlebih dahulu. Saya sudah nggak sabar mau cepet selesai masak ini.
  4. Goreng hotang smpai kekuningan. Angkat dan tiriskan. Beri saus sambal dan mayones, siap santap selagi hangat enak banget.
3 dari 3 halaman

Sosis Kentang Kriuk

Selanjutnya adalah resep dari @vitajaurina di Cookpad.

Sosis Kentang Kriuk

Bahan-bahan:

1 kg kentang, kupas, rebus

100 gr tepung maizena

1/2 sdt garam

1/2 sdt merica bubuk

1/2 sdt kaldu bubuk

8 buah sosis

Bahan Pencelup:

100 gr tepung terigu pro sedang

100 gr tepung panir

1 butir telur + 2 sdm air, kocok lepas

Langkah Pembuatan:

  1. Potong sosis menjadi 3 bagian sama rata. Disini aku menggunakan tusukan sate yang pendek. Tusuk sosis dengan tusuk sate. Sisihkan.
  2. Haluskan kentang yang telah direbus selagi panas. Masukkan garam dan merica bubuk. Aduk rata. Masukkan tepung maizena. Aduk rata. Cicip dan koreksi rasa jika perlu. Catatan: boleh beri bawang putih bubuk jika mau rasa lebih lebih gurih.
  3. Ambil secukupnya adonan kentang. Kepalkan dan pipihkan lalu beri sosis ditengahnya. Kemudian tutup adonan kentang. Lakukan sampai adonan habis (aku hanya buat setengah resep).
  4. Ambil satu adonan sotang, balurkan ke tepung terigu, lalu celupkan kedalam kocokan telur kemudian gulingkan kedalam tepung panir.
  5. Lakukan sampai semua sotang habis. Dalam tahap ini, boleh dibekukan kedalam freezer. Jika mau langsung dikonsumsi, goreng sotang kedalam minyak panas yang cukup banyak di atas api sedang. Goreng sampai kuning kecokelatan.
  6. Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama saus tomat atau saus sambal. Jika tuk jualan, boleh disemprotkan saus tomat dan mayo keatas sotangnya. YUM!.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini