Sukses

Penampakan Bathtub Berhias Lukisan Seharga Rp300 Juta dan Toilet Canggih Warna-warni

Bathtub berwarna dasar putih menjadi kanvas bagi sejumlah seniman yang diajak berkolaborasi oleh Kohler untuk edisi terbatas tersebut.

Liputan6.com, Tangerang - Bathtub identik dengan kemewahan. Produk tersebut biasanya tersedia di hotel atau hunian elite. Kesan itu pula yang menonjol dari rangkaian koleksi Kohler bertajuk The Creator's Journey. Koleksi itu juga diluncurkan untuk memperingati 150 tahun perjalanan brand.

Merek peralatan rumah tangga asal Amerika Serikat itu berkolaborasi dengan empat seniman perempuan dari empat negara, yaitu AS, India, China, dan Brasil. Keempat seniman dipilih karena pasar Kohler sangat besar. Merek premium itu mencoba menjawab keinginan konsumen untuk mempercantik interior kamar mandi hasil karya desainer.

"Keempat seniman perempuan dari negara-negara tersebut menciptakan koleksi global edisi terbatas pada 12 produk kamar mandi Artist Editions. Para kreator berbakat tersebut diberi kebebasan berekspresi ide visual mereka, ke dalam berbagai produk kami, salah satunya pada toilet Numi 2.0, serta wastafel dan bathtub Brazn," kata Adam Quek, Country Head and General Manager Kohler Kitchen and Bath Indonesia, di area pameran Indo Build Tech, BSD, Tangerang, Kamis, 6 Juli 2023.

Bathtub berwarna dasar putih bak kanvas bagi para seniman. Mereka menggores kuas dengan beragam pola yang terlihat cantik dan ceria. Bathtub tersebut dibanderol Rp300 juta. "Bukan hanya indah karena dilukis seniman dari berbagai negara, tetapi juga dilengkapi kecanggihan lain," sambung Adam.

Koleksi itu satu set dengan wastafel yang produknya sudah bisa dipesan tetapi masih inden. Harganya sekitar Rp12 jutaan. Ia menyebut koleksi tersebut juga memiliki seri toilet yang lekuknya kotak, tak seperti bentuk toilet umumnya. Produk dilengkapi sederet fitur canggih, seperti speaker, penghangat tempat duduk, penghangat air bilas, hingga dioperasikan dengan infra red. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ragam Toilet Kekinian

Selain edisi terbatas, Kohler juga memamerkan edisi toilet canggih warna-warni pastel. Opsinya meliputi lavender, biru, hijau, pink, oranye, kuning, dan cokelat. Namun, produk tersebut hanya dibuat untuk kepentingan pameran di Milan, bukan untuk dipasarkan di beragam negara.

Tersedia pula toilet denan fitur lengkap berdesain simpel, seperti remote yang sudah touch screen dan sensor micro infra red yang memungkinkan toilet duduk terbuka secara otomatis. Dudukan toilet hingga air bilas juga memiliki pilihan air hangat yang dibanerol sekitar Rp140 jutaan per unit. Perlu diingat, toilet pintar tersebut cukup boros listrik. Membutuhkan listrik 1.000 hingga 1.300 watt untuk satu toilet saja.

Karena itu, Kohler juga menyiapkan opsi yang lebih terjangkau dan massal. Toilet manual yang bisa dioperasikan tanpa listrik itu dijajakan mulai Rp2 jutaan per unit.

"Kami turut bangga ikut berperan dalam pameran di tahun ini, sebab, kami mempersembahkan karya-karya terbaik dari berbagai penjuru dunia, untuk para pelanggan dan stakeholder lain, di mana mereka mengharapkan desain dan inovasi terbaru," kata Adam. 

 

3 dari 4 halaman

Bathtub Termahal di Dunia

Sebuah bathtub yang didaulat sebagai termahal di dunia terjual di Dubai seharga 1,7 juta pound sterling atau setara Rp31 miliar pada kurs saat ini (1 pound sterling = Rp 18.901). Dilansir dari Luxury Insider, bathtub itu membawa nama 'La Grand Queen', yang merupakan pencampuran Bahasa Italia dan Inggris. Walaupun namanya memakai campuran bahasa asing, ternyata materialnya berasal dari Indonesia.

Bahan utamanya adalah caijou, sebuah batu mulia langka berusia 180 juta tahun, dan didapatkan dari daerah-daerah vulanik Indonesia. Membutuhkan ratusan jam kerja bagi pengrajin batu dan seniman untuk menjadikan batu tersebut menjadi bentuk bathtub. Bila diperhatikan, ternyata bentuk bathtub termahal itu terinpirasi dari bentuk perahu tradisional Indonesia.

Tak hanya itu, bahan-bahannya juga digadang memiliki kemampuan pengobatan. "Bathtub batu mulia Caijou adalah sebuah obyek mewah yang unik, diukir dari salah satu batu penyembuh terkuat di dunia," ucap Direktur Dagang dan Pemasaran Caijou Group, Reka Peresa.

Ia menyebut beberapa peradaban kuno di dunia juga mengakui kehebatan batu caijou. "Peradaban China Kuno, Arab Kuno, Mesir Kuno mengetahui keindahan dan kemampuan penyembuhan batu ini karena telah menyimpan 100 juta tahun energi dari bumi dan semesta," ucap Peresa.

4 dari 4 halaman

Bathtub Bisa Diintip

Sementara, sebuah hotel di China menawarkan bathtub berdesain transparan yang diduga bisa memudahkan seseorang untuk mengintip dari bawah. Dilansir dari laman World Today News, 27 Oktober 2022, informasi itu dibagikan oleh seorang wanita penyewa penginapan bersama pasangannya di hotel di Kota Yanbian, Provinsi Jilin, China.

Awalnya, mereka mengaku sama sekali tidak tahu tentang bentuk bathtub tersebut. Saat check-in, pasangan itu terkejut melihat desain dari bathtub di kamar mandinya.

Wanita itu mengatakan bahwa usai menerima kunci penginapan, ia dan pasangannya langsung memeriksa kondisi kamar. Saat melihat bagian kamar mandinya, keduanya langsung heboh karena mendapati bagian bawah bathtub yang ternyata terbuat dari kaca transparan.

Dengan desain tembus pandang, siapa pun yang berada di tangga lantai bawah kemungkinan bisa mengintip atau melihat tubuh yang sedang berendam dari bagian bawah bathtub. Hal itu membuat pasangan tersebut merasa bingung dan kecewa.

"Awalnya saya ingin menggunakan bak mandi untuk bersantai tetapi ketika saya melihat bak mandi transparan ini, saya harus menyerah," terang wanita itu dalam video yang dibagikannya di media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.