Sukses

Jokowi dan PM Australia Kompak Kenakan Batik Saat Makan Malam di Kirribilli House

Jokowi terlihat mengenakan batik bermotif keris, sedangkan PM Australia berbalut batik motif gurda. Dalam potret, keduanya saling bersalaman dan tersenyum satu sama lain.

Liputan6.com, Jakarta - Kunjungan hari kedua Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Sydney, Australia diakhiri dengan jamuan santap malam bersama Perdana Menteri atau PM Australia Anthony Albanese di Kirribilli House pada Selasa malam, 4 Juli 2023, waktu setempat. Jokowi dan PM Albanese kompak berbalut kemeja batik lengan panjang.

Jokowi terlihat mengenakan batik bermotif keris, sedangkan PM Australia berbalut batik motif gurda. Dalam potret, keduanya saling bersalaman dan tersenyum satu sama lain.

Dikutip dari keterangan tertulis di laman Sekretariat Kabinet, saat tiba, Jokowi dipersilakan oleh PM Albanese untuk memasuki kediaman resminya. Kemudian, Jokowi menandatangani buku tamu dan berfoto bersama dengan PM Albanese.

Setelah berfoto, Albanese mengajak Jokowi menuju teras belakang rumah untuk menikmati suasana malam Kota Sydney. Dari tempatnya berdiri, kedua pemimpin negara tersebut dapat menyaksikan dua ikon Kota Sydney, yakni Sydney Opera House dan Harbour Bridge saat malam hari.

Selanjutnya, Albanese mengajak Presiden Jokowi untuk minum teh bersama di area dalam rumah. Sambil menikmati minuman hangat yang disajikan, Jokowi dan Albanese tampak larut dalam perbincangan santai malam itu.

Pada pukul 20.05 waktu Sydney, Jokowi meninggalkan Kirribilli House. Ia lantas kembali ke hotel tempatnya bermalam. Sebelumnya, Jokowi dan PM Australiamengunjungi Sumatran Village, Taronga Zoo, Sydney untuk melihat harimau sumatra pada Selasa, 4 Juli 2023. Meskipun cuaca gerimis saat itu, antusiasme kedua pemimpin negara itu untuk mengelilingi area harimau di sana tetap tinggi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kunjungan Presiden Jokowi dan PM Albanese ke Sumatran Village

Sesaat setelah tiba, Jokowi dan Albanese memasuki lorong berbentuk kabin pesawat yang akan membawa mereka menuju area Way Kambas yang menampilkan suasana Indonesia di dalamnya. Setelah itu, Jokowi dan Albanese disambut oleh anak-anak Indonesia yang menampilkan gerak tari sembari menyanyikan lagu bertajuk "abang tukang bakso".

Penampilan anak-anak tersebut rupanya mampu mencairkan suasana sore itu menjadi lebih hangat. Jokowi sesekali ikut bernyanyi sambil menggerakkan tangan mengikuti gerakan yang dilakukan oleh anak-anak.

Mengikuti alur selanjutnya, Jokowi dan Albanese memasuki area untuk melihat harimau sumatra secara langsung. Tiga harimau terlihat di depan kaca saat Jokowi dan Albanese menghampiri tempat tersebut.

Suasana hangat meliputi perjalanan kedua pemimpin negara saat menyusuri area kandang harimau di kebun binatang itu. Keduanya juga menaiki kapal dari Dermaga Admiralty House menuju Dermaga Taronga Zoo. Sekitar pukul 13.20 waktu setempat, Jokowi bersama Albanese menaiki kapal yang dimiliki Australian Federal Police tersebut untuk bertolak menuju lokasi penyelenggaraan Annual Leaders' Meeting (ALM).

3 dari 4 halaman

Presiden Jokowi Pakai Batik Motif Burung di Pengumuman Ganjar Pranowo Sebagai Capres

Jokowi kerap mengenakan batik dalam berbagai kesempatan dan kunjungan. Salah satunya ketika ia menghadiri pertemuan yang beragendakan pengumuman Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP.

Dalam pengumuman yang disiarkan secara live streaming di kanal Youtube PDIP, Jokowi terlihat memakai kemeja batik merah hitam motif burung lengan panjang. Motif maupun warna kemeja batik yang dikenakan Jokowi dalam acara tersebut ternyata sama dengan yang dikenakannya saat perayaan HUT ke-50 PDIP di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada 10 Januari 2023.

Kala itu, Jokowi hadir dengan busana batik bercorak besar, terlihat beda dari kader partai PDIP lainnya yang sebagian besar berbusana serba merah. Terdapat aksen motif yang ditempatkan di bagian kerah merah pria asal Solo tersebut, tidak diketahui busana dirancang oleh siapa namun kedatangan Jokowi cukup memberikan atensi.

Biasanya Jokowi tampil dengan batik motif yang umumnya dari Jawa seperti motif Padi Seikat warna hitam dan cokelat serta motif Rajawali merah maupun batik kawung dengan pola-polanya. Kali itu batik yang dipakainya menempatkan warna dasar hitam yang dihiasi ornamen motif besar, dengan kombinasi corak warna cerah seperti merah, oranye, sedikit biru dan kuning.

4 dari 4 halaman

Makna Kemeja Batik Rancangan Anne Avantie yang Dipakai Presiden Jokowi

Sulit rasanya menampik keindahan karya-karya desainer Anne Avantie. Kepiawaiannya telah melahirkan deretan busana yang dikenakan para pesohor hingga tokoh dalam negeri, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Anne Avantie tak dapat menutupi kebahagiaan dan rasa bangga ketika orang nomor satu di Indonesia tersebut mengenakan busana rancangannya. Jokowi tampil dalam balutan kemeja batik motif sawunggaling dalam perayaan Imlek 2021.

"Sungguh bangga, bangga sekali, dan bersyukur. Terima kasih telah mempercayakan busana Bapak Presiden Indonesia, Bapak Jokowi pada saya. Terima kasih, Gong Xi Fa Cai," kata Anne dalam sebuah video yang dibagikan pada 20 Februari lalu.

Pada unggahan berbeda, Anne terlihat menandatangani kertas berisi gambar rancangan dari busana yang dikenakan Jokowi. Kemeja bergaya cheongsam itu hadir dengan nuasa merah, "warna keberuntungan" yang sangat lekat dengan perayaan Tahun Baru China.

Ada pula sentuhan warna emas yang melambangkan kesempatan nan berharga sebagaimana emas. Kemeja itu turut dibalut dengan motif batik sawunggaling. Dituliskan pula bahawa burung sawunggaling melambangkan keindahan, kekuatan, dan ketegasan.

Sentuhan motif batik sawunggaling ada pada sisi kanan kemeja yang dibuat cukup besar, juga tampak di bagian belakang dan pergelangan tangan busana rancangan Anne Avantie. Sedangkan, kerahnya hadir dengan warna hitam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.