Sukses

Begaya Sarung Meriahkan HUT Kota Jakarta ke-496, dari Pergelaran Budaya hingga Kuliner Khas Betawi

Hari Ulang Tahun (HUT) kota Jakarta selalu meriah setiap tahunnya, termasuk pada HUT ke-496 tahun ini, salah satunya acara "Begaya Sarung" yang terselenggara dengan kerjasama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ulang Tahun (HUT) kota Jakarta selalu meriah setiap tahunnya, termasuk pada HUT ke-496 tahun ini. Salah satunya makin semarak dengan acara pentas seni dan bazaar bertajuk "Begaya Sarung", kerja sama antara Bibir Jakarta dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta

Acara berlangsung mulai 30 Juni--2 Juli 2023 di Blok M Square ini menampilkan bintang tamu Harry de Freres, Ozzy Syahputra, hingga Coach Farah. Acara ikut menyertakan bazaar aneka produk khas Betawi seperti dodol Betawi, kerak telor dan jajanan khas lainnya.

Tak sekadar itu, ada pegelaran tarian Betawi Cupang Menor terinspirasi dari ikan cupang yang lincah serta penampilan musik gambus, dan Sahibul Hikayat. Utamanya, acara ini ingin mengangkat bahwa sarung yang memiliki esensi tinggi, bisa kekinian sehingga dibuatlah lomba untuk memakai sarung. 

"Begaya Sarung, sebuah lomba selfie di mana seseorang boleh ikut dan gratis. Mereka dapat sarung dari sponsor, lalu kita kirim. Mereka foto selfie dengan sarung, hasil foto dikirimkan melalui link, jadi audisinya via online," papar Harry de Fretes, pegiat seni yang menginisiasi acara Begaya Sarung saat ditemui Liputan6.com, Jumat, 30 Juni 2023.

Kemudian dewan juri memilih finalisnya dari sekitar 60 peserta lebih yang mengirimkan foto dikurasi menjadi 10 finalis. Di malam final kemudian mereka melakukan parade selayaknya fashion show yang akan dinilai juri dengan sedikit interview. 

"Kita nilai dari kreativitas menggunakan sarung, karena kan biasanya orang pakai saring paling diselempangin, jadi nanti kita lihat bagaimana kreativitas peserta," sambung Harry.  

Dari 10 finalis akan dipilih 5 orang pemenang yaitu pemenang 1, 2, dan 3, serta pemenang favorit pria dan wanita. Hadiah kontes ini adalah voucher staycation yang disponsori oleh Disparekraf DKI Jakarta. 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan Disparekraf DKI Jakarta

Sekjen Lembaga Kebudayaan Betawi, Imbong Hasbullah mengatakan selfie kontes Bergaya Sarung sebenarnya bukan kali yang pertama. Ada juga kontes serupa namun tidak bertepatan dengan HUT Kota DKI Jakarta. 

"Acara seperti ini digelar agar budaya Betawi tetap eksis di kampung sendiri," tuturnya.

Adapun sarung sebenarnya budaya yang dikenal di seluruh Asia Tenggara khususnya Melayu. Namun untuk masyarakat Betawi, sarung merupakan kebutuhan khusus untuk cukin dan dipakai saat salat. 

Menurutnya tak hanya sarung sebagai budaya yang diangkat, tapi ada seni pertunjukan Betawi seperti gambus, tarian, kebaya kerancang, kopiah, kuliner dan seni kriyanya merupakan rumpun dari ekonomi kreatif. Lebih lanjut acara ini menurutnya juga dimaksudkan untuk menaikkan UMKM dan membuat kawasan Blok M kembali ramai. 

"Acara seperti ini perlu kita apresiasi dan beri dukungan karena menggerakan ekonomi kreatif, kita sektor ekonomi kreatif, termasuk seni pertunjukan tradisional lokal harus kita bantu," sebut perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Endrati Fariani saat acara pembukaan kepada Liputan6.com.

Terlebih lagi sarung yang masuk dalam kategori fesyen di bidang ekonomi kreatif menjadi penyumbang kedua subsektor ekonomi. Sehingga kegiatan semacam "Begaya Sarung" dan sejenisnya memang perlu mendapat dukungan.  

3 dari 4 halaman

Turnamen Esports HUT Jakarta 2023

Tak hanya acara budaya, Pengurus Esports Indonesia Provinsi DKI Jakarta (ESI DKI) mengadakan Turnamen Esports HUT Jakarta 2023 dengan total hadiah sebesar Rp 200 juta. Game yang pertandingkan yaitu PUBG Mobile.

Mengutip dari kanal Bola Liputan6.com, 28 Juni 2023, harapannya selain memeriahkan ulang tahun DKI Jakarta, juga sekaligus menjaring atlet esports berbakat. Atlet esports asal DKI Jakarta yang muncul di turnamen ini nantinya akan dibina untuk menjadi atlet tingkat provinsi maupun ajang internasional.

Turnamen yang juga diadakan untuk memeriahkan HUT Jakarta ke-496 ini mengangkat tema Esports Jakarta untuk Nusantara yang bermakna bahwa prestasi dari para atlet esports Jakarta merupakan sebuah karya yang dipersembahkan untuk kebanggan Nusantara.

“Turnamen Esports HUT DKI Jakarta 2023 merupakan bagian dari komitmen ESI DKI dalam mendukung lahirnya bibit atlet yang dapat dibina menjadi atlet esports yang dapat mewakili di pertandingan-pertandingan antarprovinsi. Selain itu, turnamen ini juga sebagai bentuk kontribusi ESI DKI untuk memeriahkan hari ulang tahun Jakarta ke-496," ujar Ketua Pengurus Provinsi Esports Indonesia DKI Jakarta, Bapak Mayor Jenderal TNI Purwito Hadi Wardhono, S.E., M.Hum.

4 dari 4 halaman

Gelaran Final Turnamen Esports HUT Jakarta 2023

Purwito juga menambahkan bahwa nantinya, mereka yang mampu melalui proses pembinaan sebagai atlet provinsi juga bisa mendapatkan kesempatan untuk dibina pada tingkat negara dan mewakili Indonesia ke ajang-ajang pertandingan tingkat dunia. 

Turnamen Esports HUT Jakarta 2023 yang direncanakan menjadi ajang tahunan ini, akan menargetkan peserta umum dengan usia mulai 17 tahun dan setiap grup memiliki minimal dua anggota yang berdomisili di wilayah DKI Jakarta.

Registrasi turnamen ini akan dimulai pada 26 Juni hingga 5 Juli, dilanjutkan dengan tahap kualifikasi pada 6 sampai 11 Juli, dan tahap final pada 15 Juli.

Tahapan kualifikasi secara online akan dilakukan per regional kotamadya oleh pengurus kotamadya ESI DKI Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara, serta Kabupaten Kepulauan Seribu.

Babak final yang akan diselenggarakan pada 15 Juli akan dilakukan secara offline oleh pengurus provinsi ESI DKI di JIEXPO Kemayoran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.