Sukses

Cerita YouTuber Lolos dari Maut karena Nyaris Ikut Kapal Selam Wisata Titanic yang Menewaskan Seluruh Awaknya

Kapal selam milik OceanGate dikonfirmasi otoritas telah meledak di di dekat lokasi karamnya Titanic. Tragedi kapal selam wisata Titanic yang mengangkut lima orang itu menewaskan seluruh orang yang ada di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kapal selam milik OceanGate dikonfirmasi otoritas telah meledak di di dekat lokasi karamnya Titanic. Tragedi kapal selam wisata Titanic yang mengangkut lima orang itu menewaskan seluruh orang yang ada di dalamnya.

"Ini adalah ledakan kapal yang dahsyat," ujar Laksamana Muda John Mauger dari Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) seperti dilansir AP, Jumat, 23 Juni 2023, terkait tragedi yang menimpa kapal selam wisata tersebut.

Dikutip People, Minggu (25/6/2023), di balik kabar duka itu, seorang YouTuber bernama Jake Koehler atau akrab disapa, DALLYMYD, bercerita dirinya nyaris ikut dalam kapal selam wisata Titanic tersebut. Ia berbagi cuplikan ekspedisi Titan yang sebelumnya dibatalkan dengan CEO OceanGate Stockton Rush dan pakar Titanic Paul-Henri Nargeolet.

"Dalam video ini saya berbagi pengalaman pribadi saya dengan Ekspedisi OceanGate hanya beberapa hari sebelum tragedi itu," tulis Koehler dalam deskripsi video tersebut.

"Saya tidak membayar untuk ikut di kapal. Saya ada di sana untuk merekam pengalaman kami untuk channel saya," lanjutnya. "Belasungkawa terdalam saya sampaikan kepada keluarga para penumpang yang kehilangan nyawa mereka di kapal selam Titan."

"Dengan seluruh dunia menyaksikan upaya penyelamatan kapal selam yang hilang di sekitar Titanic, saya pikir saya akan membagikan pengalaman saya tentang Misi III beberapa minggu yang lalu," kata Koehler dalam pembukaan video, yang diunggah pada Jumat, 23 Juni 2023. "Jika penyelaman saya tidak dibatalkan, bisa saja saya yang berada di dalam kapal selam saat itu."

Koehler juga membagikan foto yang memperlihatkan menimbang berat badan di samping Rush. Ia kemudian menjelaskan dalam voiceover, "Apa yang akan Anda tonton adalah cuplikan dari Misi III beberapa hari sebelum kapal selam hilang di Misi V yang terjadi di kapal yang sama persis dan saya juga berada di kapal selam yang sama persis yang hilang hari ini."

"Harap diingat ada banyak senyuman dan banyak tawa. Kami sejujurnya tidak tahu apa yang akan terjadi di hari-hari mendatang," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ragam Persiapan

Koehler membagikan klip dirinya dan pacarnya yang tiba di hotel mereka. Ia juga menunjukkan persiapan ekspedisi mereka, termasuk tugu peringatan karang yang didedikasikan untuk orang-orang yang kehilangan nyawanya di Titanic pada 1912.

Mendekati kapal yang akan membawanya ke Titan, Koehler menceritakan, "Kami akan menaiki kapal ini dalam perjalanan sembilan hari kami ke Titanic, di mana kami akan membawa kapal selam ke dasar lautan."

Saat ia mengajak penontonnya berkeliling ke tempat tidurnya, ia menyebut, "Tepat di seberang kamar saya adalah seorang pria bernama PH (Paul-Henri Nargeolet). Dia adalah salah satu orang di dalam kapal selam dan sayangnya saat saya sedang merekam video ini, saya baru mengetahui bahwa (para penumpang) telah meninggal dunia."

Mengacu pada foto Titanic dari sudut pandang udara, Koehler berkata, "Saya memutuskan untuk bertanya kepada PH apakah saya dapat memiliki file itu sehingga saya dapat mencetaknya untuk rumah saya, saya pikir itu akan sangat rapi dan di atas itu, saya bertanya apakah saya bisa minta tanda tangan."

"Ini adalah tanda tangan dan saya percaya itu bisa menjadi tanda tangannya yang terakhir yang pernah dia lakukan," katanya tentang secarik kertas dengan tulisan tangan Nargeolet.

Ia mengungkapkan, "Saya tidak mengenal PH untuk waktu yang lama, tetapi dia adalah teman baik saya selama saya mengenalnya dan saya sangat menghargai bahwa saya akan menghargai tanda tangan ini dan juga salah satu fotomu yang akan kugantung di rumahku seumur hidupku."

3 dari 4 halaman

Alasan Tak Jadi Berangkat

Kemudian dalam video tersebut, Koehler mengontekstualisasikan rekamannya setelah peristiwa kapal selam Titan yang hilang terjadi. "Seperti yang saya sebutkan, akan ada banyak tawa, banyak senyuman, banyak lelucon. Harap diingat bahwa kami semua hanya berusaha untuk bersenang-senang dan saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan untuk semua orang," katanya.

Ia menjelaskan berusaha yang terbaik untuk memberi penonton video paling autentik yang telah direncanakan sebelumnya, namun masih menghapus beberapa hal yang tak sesuai. "Orang-orang ini adalah orang-orang hebat dan mereka memperlakukan saya dengan sangat baik, dan saya hanya ingin memastikan semua orang tahu bahwa saya bersikap hormat," terangnya.

"Saya hanya ingin menunjukkan kepada Anda apa yang terjadi di balik layar, tetapi juga, saya akan menunjukkan kepada Anda beberapa klip di sepanjang video yang menjadi sedikit lebih berat," lanjut Koehler.

Koehler menyertakan gambar dan rekaman video dirinya, Rush dan Nargeolet menandatangani bendera yang dibawa OceanGate untuk setiap misi. Menurut Koehler, penumpang di atas kapal akhirnya tidak dapat melakukan penyelaman yang direncanakan karena cuaca buruk dan ghost net (jaring ikan yang dibuang di laut) yang melilit kapal selam dan merusak beberapa bagiannya.

Rush juga berbagi bahwa pengontrol motor di dalam Titan "tidak berkomunikasi secara konsisten", yang menurutnya "bisa menjadi masalah kabel". "Tebakanmu sebaik tebakanku. Saya tidak terlalu yakin persis apakah ini alasan utama mengapa insiden tragis itu terjadi dan semua orang kehilangan nyawa. Itu bisa apa saja," kata Koehler.

4 dari 4 halaman

Lolos dari Maut

"Singkat cerita, setiap hari mereka memiliki beberapa masalah dan kami mencoba memperbaiki setiap hal kecil untuk memastikan semuanya sempurna untuk kesempatan kami menyelam di Titanic," lanjutnya.

Ia menyebut, "Sepertinya aneh sekarang, tapi pada saat itu sepertinya hanya hal sehari-hari menurut saya."

Namun, pembuat konten dapat menyelam di bawah air selama uji penyelaman terkontrol, yang direkamnya. "Perlu diingat, apa yang Anda lihat sekarang adalah kapal selam yang sama persis yang meledak dan juga rekaman Stockton, tentu saja, dia sudah meninggal sekarang," katanya.

Koehler menjelaskan penyelamannya di laut, "Kami tidak pernah meninggalkan peron, (tetapi jika) kabut tidak masuk dan membatalkan penyelaman, siapa tahu mungkin kami akan meninggalkan peron itu dan mungkin kami akan meledak."

"Saya bisa memberitahumu sekarang, saya merasa seperti menghindari peluru. Tapi saya juga merasa sangat sedih untuk keluarga yang kehilangan orang yang dicintai," lanjutnya. "Jika Anda mengejar impian besar dan memaksakan diri, jelas hal-hal berbahaya bisa terjadi dan Anda tahu bisa berakibat fatal. Dalam hal ini, lima orang kehilangan nyawa mereka dalam kapal selam yang sama persis dengan yang saya akan turunkan di Titanic. Saya pikir ini adalah pengingat besar tidak hanya untuk diri saya sendiri, tetapi semua orang bahwa hidup sangat berharga," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.