Sukses

Yasinta Aurellia Segera Berlaga di Miss Supranational 2023, Bawa Kostum Nasional Bertema Gajah Way Kambas

Melalui kostum nasional di ajang Miss Supranational 2023 ini, Yasinta Aurellia ingin menggambarkan perjuangan dan upaya penyelamatan ratusan gajah yang dilakukan oleh Taman Nasional Way Kambas.

Liputan6.com, Jakarta - Puteri Indonesia Lingkungan 2023, Yasinta Aurellia akan mewakili Indonesia dalam ajang Miss Supranational 2023 yang akan berlangsung mulai tanggal 26 Juni 2023, sampai grand final pada 14 Juli 2023 di Nowy Sacz, Malopolska, Polandia. Melalui kostum nasional gajah Way Kambas, gadis berusia 19 tahun ini siap membawakan penampilan terbaiknya pada sesi National Costume di ajang yang digelar di Polandia tersebut.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (20/6/2023), kostum bertema "The Warrior from Way Kambas" ini dirancang oleh desainer Annisa Febby. Desainnya ingin menghadirkan keindahan dan keberanian yang dimiliki oleh pejuang Way Kambas.

Way Kambas merupakan taman nasional di Provinsi Lampung, yang menjadi tempat perlindungan gajah Sumatera dan berbagai satwa langka lainnya yang terancam punah. Melalui kostum nasional ini, Yasinta Aurellia ingin menggambarkan perjuangan dan upaya penyelamatan ratusan gajah yang dilakukan oleh Way Kambas.

Kostum ini menggabungkan warna perak, abu-abu, putih, dan sentuhan warna biru dari tenun tradisional "Tapis Lampung". Warna biru tersebut terinspirasi dari makna "ketenangan, kedamaian, dan perlindungan". Rok berbentuk kerucut dalam kostum ini melambangkan rumah dan tempat yang aman bagi gajah dari ancaman perburuan liar.

National Costume ini sengaja dipilih karena bukan hanya mencerminkan kekayaan budaya Indonesia, tetapi juga mengangkat isu pelestarian satwa langka. Dalam ajang Miss Supranational 2023, Yasinta Aurellia akan mengenakan kostum yang memukau ini dengan harapan dapat memperkenalkan Way Kambas dan upaya pelestariannya kepada dunia internasional.

Masyarakat Indonesia berharap Yasinta Aurellia dalam Miss Supranational 2023 dapat memperlihatkan keindahan, kecerdasan, dan keramahtamahan perempuan Indonesia kepada dunia internasional dalam Miss Supranational 2023. Meskipun dengan persiapan yang singkat, dukungan dari masyarakat Indonesia sangatlah penting dalam memberikan semangat dan motivasi kepada Yasinta selama berkompetisi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan Singkat Menuju Miss Supranational 2023

Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia dan juga Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Putri Kus Wisnu Wardani, menyatakan meskipun waktu persiapan hanya sekitar satu bulan, ada harapan bagi Yasinta mampu meraih hasil terbaik dan membawa pulang mahkota Miss Supranational untuk Indonesia.

"Persiapan Yasinta untuk ajang Miss Supranational 2023 tetap berjalan maksimal meskipun dalam waktu yang terbatas. Dukungan penuh diberikan kepada Yasinta untuk meraih hasil terbaik dan mewakili Indonesia dengan kebanggaan di panggung internasional," ucap Putri dalam jumpa pers "Yasinta Aurellia Goes to Miss Supranational 2023" di Jalan Wijaya I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 19 Juni 2023.

"Semoga Yasinta Aurellia sukses dalam perjalanan menuju gelar Miss Supranational 2023 dan membawa kehormatan bagi Indonesia," tambahnya.

Sebagai wakil Indonesia di ajang Miss Supranational 2023, Yasinta tidak hanya akan berkompetisi dengan 70 peserta dari negara lain, tetapi juga menjadi duta Indonesia yang memperkenalkan kekayaan alam dan budaya sebagai kekuatan pariwisata dan ekonomi kreatif di tingkat internasional.

3 dari 4 halaman

Memperkenalkan Keunikan Warisan Budaya Indonesia

Partisipasinya dalam ajang internasional ini memberikan kesempatan emas untuk mengangkat citra Indonesia sebagai destinasi wisata yang menakjubkan dan memperkenalkan kepada dunia keindahan dan keunikan warisan budaya yang dimiliki oleh Tanah Air.

"Saya berterima kasih kepada Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan untuk mewakili Indonesia di ajang Miss Supranational 2023. Saya merasa sangat bersemangat dan optimis menghadapi kompetisi ini," tutur Yasinta.

Salah satu alasan Yasinta merasa optimistis adalah, dalam empat tahun terakhir, Indonesia telah berhasil masuk dalam jajaran lima besar dan mengalahkan negara-negara lain yang sudah lama menjadi favorit dalam kontes kecantikan.

"Saya mohon doa dan dukungan agar dapat meraih hasil terbaik dan membawa pulang mahkota Miss Supranational, Kita bisa jadikan ini sebagai momentum untuk mengangkat citra Indonesia dan membanggakan bangsa kita," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Yasinta tampil memukau dengan mengenakan cocktail dress yang dirancang oleh ANAZ. Gaun itu menggunakan kain khas Lampung, yaitu tapis.

4 dari 4 halaman

Profil Yasinta Aurellia Wakil Indonesia di Miss Supranational 2022

Dalam balutan dress tersebut, Yasinta berhasil menampilkan pesona dan keindahan budaya Lampung. Ajang Miss Supranational terakhir digelar pada Agustus 2022 lalu. Pada saat itu, Puteri Indonesia Pariwisata 2022, Adinda Cresheilla berhasil meraih beberapa prestasi sebagai 3rd Runner Up Miss Supranational 2022.

Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia telah mengirimkan sebanyak 9 kali Puteri Indonesia Pariwisata ke ajang Miss Supranational, dengan prestasi tertinggi diraih oleh Puteri Indonesia Pariwisata 2019, Jesica Fitriana Martasari. Ia meraih 2nd Runner Up Miss Supranational 2019 dan Top 3 Best National Costume dengan tema“The Precious, Boru ni Raja dari Sumatera Utara.

Dilansir dari berbagai sumber, Yasinta Aurellia lair pada 2 Oktober 2003 di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur . Dia telah menamatkan pendidikan sekolah menengah atasnya dari SMA Negeri 1 Sidoarjo di Kabupaten Sidoarjo. Saat ini, Yasinta merupakan seorang mahasiswi dengan mengejar gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPN Veteran Jawa Timur) di Kota Surabaya.

Pada 2023, Yasinta mulai terjun dalam kontes kecantikan dengan berkompetisi pada kontes bertaraf provinsi Puteri Indonesia Jawa Timur 2023 yang diselenggarakan di Kota Surabaya, Jawa Timur pada 11 Februari 2023. Dia berhasil terpilih sebagai pemenang pertama dan berhak mewakili Jawa Timur dalam kontes kecantikan tingkat nasional Puteri Indonesia 2023.

Di ajang Puteri Indonesia 2023, Yasinta berhasil memperoleh penghargaan khusus sebagai nominasi untuk kategori Kostum Tradisional Terbaik.

Yasinta akhirnya diumumkan meraih posisi sebagai 1st Runner-Up dengan dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2023, Sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2023, dia berhak untuk mewakili Indonesia di ajang Miss Supranational 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini