Sukses

Raja Charles III Ubah Tradisi Ultah Kerajaan Selama 30 Tahun, Dianggap Berisiko untuk Keselamatannya

Raja Charles III membuat keputusan berisiko menjelang ulang tahunnya yang ke-75. Raja Inggris itu telah membuat perubahan pada tradisi kerajaan selama 30 tahun saat Ratu Elizabeth II masih memegang takhta.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan ini, Raja Charles III ambil bagian dalam parade Trooping the Color, dan dia akan melaksanakan hal-hal yang sedikit berbeda dari ibunya, Ratu Elizabeth II. Menurut kabar, Raja Charles III membuat keputusan berisiko menjelang ulang tahunnya ke-75.

Raja Inggris itu juga telah membuat beberapa perubahan pada tradisi kerajaan yang berusia 30 tahun. Pawai yang menandai ulang tahun Raja Charles III itu akan menandai pertama kalinya selama lebih dari 30 tahun seorang raja berkuda di Trooping the Color dan itu mungkin bukan keputusan yang paling bijaksana.

Ratu Elizabeth II berhenti menunggang kuda selama pawai pada 1986, ketika dia berusia 60 tahun atau 15 tahun lebih muda dari putranya sekarang. Ratu memutuskan sejak itu dan seterusnya bahwa dia akan diantar dengan kereta untuk pawai, meskipun diyakini dia masih menunggang kuda hingga usia delapan puluhan.

Keputusan Raja Charles untuk ikut serta dalam pawai dengan menunggang kuda berpotensi berisiko. Alasannya, meskipun raja adalah pengendara yang ulung, suhu akan melonjak hingga sekitar 26 derajat Celcius, dan menunggang kuda adalah aktivitas yang berat.

Akhir pekan lalu terlihat beberapa tentara pingsan karena kepanasan, saat mereka ditinjau oleh Pangeran William menjelang acara tersebut. Upacara peninjauan melibatkan ratusan kuda dan tentara yang memanuver latihan medan perang yang rumit diiringi musik militer di bawah sinar matahari 28 derajat Celcius, dengan seragam tebal mereka menyebabkan banyak yang pingsan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lahihan Parade Buat Prajurti Pingsan

Pangeran William mengungkap melalui Twitter setelah acara tersebut untuk membagikan kekagumannya kepada mereka yang terlibat. Ia menulis, "Terima kasih banyak untuk setiap prajurit yang mengambil bagian dalam Tinjauan Kolonel pagi ini dalam cuaca panas. Kondisi yang sulit tetapi kalian semua melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Terima kasih. W."

Bukan hanya panas yang bisa menjadi perhatian Raja Charles III. Sementara dia dan keluarganya dikenal sebagai penunggang kuda yang percaya diri, sang raja memiliki punggung yang sangat buruk, yang dapat membuatnya semakin buruk jika menunggang kuda.

Menurut Pangeran Harry, yang menulis tentang kondisi ayahnya dalam memoarnya, Spare, Raja Charles III mengalami cedera punggung saat bermain polo, dan 'terus-menerus merasa kesakitan'. Pakar sakit punggung Pro Chiro mengatakan bahwa menunggang kuda dapat menyebabkan sakit punggung.

Ia menjelaskan, "Ada banyak kejadian sakit punggung di antara penunggang kuda." Pangeran Harry menjelaskan bahwa ayahnya memiliki obat yang tidak biasa untuk rasa sakitnya, berbagi bahwa raja melakukan headstand untuk meredakan rasa sakitnya.

3 dari 4 halaman

Obat Sakit Punggung Raja

"Dia melakukannya setiap hari, hanya dengan sepasang petinju, disandarkan ke pintu atau digantung di bar seperti pemain akrobat yang ahli." Harry menulis, sebelum menjelaskan ritual ayahnya yang tidak biasa.

"Diresepkan oleh fisionya, latihan ini adalah satu-satunya obat yang efektif untuk rasa sakit terus-menerus di leher dan punggung," tulis Duke of Sussex.

Menjelaskan bagaimana Raja Charles melukai punggung dan punggungnya, Harry mencatat, "Kebanyakan cedera polo lama."

Inilah harapan raja tetap bebas dari rasa sakit selama upacara bersejarah akhir pekan ini. Adapun Pangeran Harry dan Meghan Markle dilaporkan tak diundang ke parade ulang tahun Raja Charles III, akhir pekan ini, Sabtu, 17 Juni 2023. Padahal sebelumnya, Pangeran Harry tidak pernah dikeluarkan dari acara tradisional Kerajaan Inggris.

"Saya khawatir itu adalah cerminan dari keadaan hubungan mereka saat ini," kata seorang sumber pada Daily Mail, dirangkum dari NY Post, Senin, 12 Mei 2023. Parade ulang tahun publik tahun ini penting karena merupakan yang pertama sejak Charles naik takhta.

4 dari 4 halaman

Tradisi Trooping the Colour

Acara seremonial, yang dikenal Trooping the Colour, sudah memperingati hari lahir Penguasa Inggris selama lebih dari 260 tahun. Harry dan Meghan menghadiri Trooping the Colour tahun lalu, yang adalah bagian dari akhir pekan perayaan platinum Ratu Elizabeth II.

Tetapi, mereka tidak berada di balkon Istana Buckingham bersama bangsawan Inggris lain. Menurut Angkatan Darat Inggris, upacara penyerahan bendera resimen militer, yang disebut "colours," diyakini pertama kali dilakukan saat masa pemerintahan Raja Charles II, yang memerintah sejak 1660 hingga 1685.

Parade tersebut pertama kali secara resmi dikaitkan dengan perayaan ulang tahun raja pada masa pemerintahan Raja George II pada 1748. Ada alasan praktis acara tersebut tak dirayakan pada tanggal lahir raja yang sebenarnya.

"Ulang tahun di bulan November terlalu dingin untuk parade perayaan. Ia kemudian mengikat perayaannya dengan parade militer Trooping the Colour tahunan," sebut Royal Museums Greenwich, menurut People.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini