Sukses

Rahasia Awet Muda Dian Sastrowardoyo di Usia 41 Tahun, Hindari Gula dan Rawat Kulit Sejak Usia 25 Tahun

Menggunakan produk perawatan wajah yang rutin setiap pagi dan malam menjadi kunci utama Dian Sastrowardoyo bisa memiliki wajah yang muda dan kenyal.

Liputan6.com, Jakarta - Dian Sastrowardoyo menjadi salah satu ikon wajah cantik Indonesia. Wanita yang sudah menginjak usia 41 tahun ini masih saja terlihat memiliki kulit yang awet muda. Lantas, apa rahasia Dian Sastrowardoyo bisa tetap cantik dan awet muda di usianya yang sudah memasuki kepala empat?

Ibu dua orang anak itu mengatakan bahwa menggunakan produk perawatan wajah yang rutin setiap pagi dan malam menjadi kunci utama dirinya bisa memiliki wajah yang muda dan kenyal. Ia mengatakan kondisi wajahnya yang nampak awet muda seperti saat ini tidak didapatkan dengan mudah dan instan. Butuh proses cukup lama bahkan sejak remaja ia sudah mengenakan skincare.

"Untuk mendapatkan wajah yang seperti sekarang butuh proses lama juga, aku pertama kali mulai skincare di usia 20an, bukan 40an," ungkap Dian Sastrowardoyo dalam acara Pond's Age Miracle Start Now to #NeverStopGlowing, di Central Park, Jakarta Barat, Kamis, 8 Juni 2023.

Pemeran Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta? ini sudah mulai menggunakan skincare sejak di usia 25 tahun dan memilih menggunakan skincare yang mengandung retinol dan niacinamide. Di umur 25 itu, kata Dian, ternyata kulit kita setiap tahunnya akan kehilangan kolagen 1 persen.

"Skincare yang aku pakai ada retinol dan niacinamide menahan supaya pengurangan kolagennya jadi melambat. Jadi akan berkurang tapi at least enggak berkurang banyak gitu. Yang membuat orang kelihatan muda itu kadar kolagennya dalam kulit," terang aktris yang baru saja didapuk sebagai brand ambassador Pond’s Age Miracle ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bintik Hitam di Wajah Dian

Menurut dermatologist, dr. Claudia Christin MBBS, Phd, kandungan retinol memang dapat mengatasi penuaan dini, tapi penggunaan yang tidak tepat dapat menimbulkan risiko iritasi.  Penelitian Portland State University (2020) juga menunjukan bahwa penggunaan retinol yang berlebihan dan tidak tepat dapat menyebabkan iritasi, seperti kulit memerah hingga pengelupasan kulit yang berlebihan.

"Produk dengan retinol biasanya butuh waktu penyesuaian dalam pemakaiannya dan harus disertai dengan penggunaan bersama tabir surya," terang dr. Claudia dalam kesempatan yang sama. 

Ia menambahkan, perempuan berisiko lebih tinggi mengalami penuaan dini dibandingkan dengan laki-laki. Hal ini disebabkan karena ketebalan kolagen pada kulit perempuan lebih cepat menipis dibandingkan laki-laki, sehingga perempuan dapat terlihat lebih tua pada usia yang sama.

Selain itu, seperti perempuan pada umumnya, Dian juga pernah merasakan masalah pada wajah, terutama ketika ia sedang hamil. Misalnya saja, bintik hitam di wajahnya yang semakin terlihat.

3 dari 4 halaman

Mengurangi Gula dan Tepung

"Aku juga pasti sama khawatir tentang penuaan dini, pernah ngerasain bintik hitam apalagi saat mulai hamil anak pertama. Bintik hitam ini juga muncul lagi di kehamilan kedua. Dari situ sadar banget harus rutin pakai skincare," katanya.

Selain itu, untuk membuat wajah awet muda, Dian juga mengungkap pentingnya mengatur asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Memiliki kulit yang sensitif, dia menghindari mengonsumsi produk minuman manis hingga diary produk dalam kesehariannya.

"Aku kurangin gula juga karena kalau konsumsi gula, terutama dari minuman manis, itu kayak langsung pengurangan kolagen cepat, kerutan juga lebih cepat, bintik-bintik cepat keluar," jelas Dian.

"Aku bahkan enggak hanya kurangi gula aja, tapi tepung juga. Ya walau masih suka tapi bintik hitam keluar segala macam, jadi aku aku kurangi tepung dan dairy food," sambungnya.

Dian sejak lama menjalani hidup sehat dengan rutin berolahraga, tidur cukup, serta mengatur pola makan. Bagi ibu dua anak ini, makanan turut berperan penting dalam mendukung tubuh sehat dan langsing.

4 dari 4 halaman

Sarapan Sehat Dian Sastro

Dia kerap membagikan rahasia pola makan yang diterapkannya di berbagai kesempatan maupun di media sosial. Contohnya, menghindari makanan olahan, mengurangi penyedap masakan, dan mengonsumsi makanan rendah lemak.

"Buatku hidup sehat itu berawal dari makanan sehat," kata Dian dikutip dari akun Instagram/@therealdisastr. Menu makanan yang dikonsumsi pun turut diperhatian, tak terkecuali saat sarapan.

Dian mengaku sarapan jadi hal paling penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Baginya, sarapan yang baik akan menjadi pembuka hari yang baik pula. Tidak sembarangan, dia pun memilih menu sarapan sehat dan cenderung rendah lemak. Menu sarapan Dian di antaranya adalah,bubur ayam, oatmeal, roti gandum, pisamg, telur, daging ayam, sup ayam, pancake dan salad.

Saat sedang syuting, Dian tetap menyempatkan sarapan sehat. Dia pun memilih roti gandum dengan topping potongan pisang dan selai kacang sebagai menu sarapan yang super simpel. Dilansir dari healthline.com, roti gandum memiliki nutrisi dan serat yang cukup tinggi. Roti gandum umumnya terbuat dari tepung gandum utuh yang masih memiliki nutrisi utuh berupa kulit padi, benih, dan endosperma.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini