Sukses

Grup Idol Super Junior Ditunjuk Sebagai Duta Otoritas Pariwisata Arab Saudi

Grup K-pop Super Junior ditunjuk sebagai duta Otoritas Pariwisata Arab Saudi. Siwon dan rekan-rekannya berhasil menjadi artis pertama di dunia yang mengambil peran tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar membanggakan datang dari grup K-pop Super Junior yang telah ditunjuk sebagai duta Otoritas Pariwisata Arab Saudi. Siwon dan rekannya berhasil menjadi artis pertama di dunia yang mengambil peran tersebut.

Mengutip dari The Korean Times, Kamis, 25 Mei 2023, Grup SM Entertainment yang sempat menggelar konser solo di Arab Saudi pada 2019 akan merepresentasikan pariwisata di negara kerajaan itu kepada orang-orang di seluruh dunia dalam acara hiburan yang akan datang, kata sumber SM.

Super Junior mengumumkan peluncuran "Knight of the Lamp" Maret 2023 lalu, menambahkan bahwa itu akan dibuat terkait kerja sama dengan otoritas pariwisata. Anggota Super Junior antara lain Leeteuk, Shindong, Eunhyuk, Donghae, Ryeowook dan Kyuhyun menerima surat penunjukan saat acara gala dinner di Hotel Westin Josun, Seoul, Senin 22 Mei 2023.

"Atas undangan dari Otoritas Pariwisata Arab Saudi, kami baru-baru ini melakukan perjalanan keliling negara dan memiliki waktu yang tak terlupakan," kata Leeteuk, yang tidak dapat bergabung dalam acara tersebut, dalam pesan video.

Ia menyambung, "Arab Saudi tidak sejauh yang kami pikirkan, dan kami juga memiliki penerbangan langsung dari Korea. Saya harap banyak orang yang mengunjunginya."

Alhasan Aldabbagh, presiden wilayah Asia Pasifik untuk otoritas pariwisata, berkata, "Kami sangat senang memiliki Super Junior sebagai duta kami. Grup K-pop legendaris selalu menjalin hubungan baik dengan kami dan dengan kesempatan ini, kami berharap kita dapat melanjutkan hubungan kita yang konsisten dan intim." 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prestasi Choi Siwon Super Junior

Sejak didirikan pada Juni 2020, Otoritas Pariwisata Arab Saudi telah membuka 16 kantor di seluruh dunia. Sementara, Super Junior meledak ke kancah K-pop pada 2005 dan telah meluncurkan serangkaian hits, mungkin yang paling terkenal adalah "Sorry Sorry" pada 2009 yang membuatnya sukses di tangga lagu.

Prestasi dari grup asal Korea Selatan itu bisa dibilang konsisten terkait hal yang tak hanya bersifat mengeluarkan album maupun menggelar konser. Sebelumnya, pada April 2023 lalu member Super Junior, Choi Siwon secara resmi dilantik sebagai Duta Hubungan Diplomatik Korea Selatan dan Indonesia.

Siwon dilantik sebagai duta promosi budaya bertepatan dalam peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Korea Selatan dan Indonesia. Lewat akun Instagram, pria yang dikenal sebagai aktor dan pebisnis ini ikut mengunggah momen pelantikannya.

Choi Siwon yang juga Duta UNICEF sempat menyatakan sebagai penganut vegetarian (vegetarisme). Aktor dan penyanyi berusia 36 tahun itu menetapkan komitmennya tersebut melalui Instagram pribadinya.

"Krisis iklim merupakan krisis bagi kita semua, termasuk anak-anak. Sebanyak 815 juta anak di seluruh dunia saat ini tinggal di lingkungan yang berisiko tinggi terpapar polusi timbal," ungkapnya dikutip dari Kbizoom, Senin, 16 Januari 2023. 

3 dari 4 halaman

Kampanye UNICEF

Dia mengunggah foto dengan Hong Jung Wook, ketua Dana Margasatwa Dunia Korea yang sedang menantang dirinya untuk berlatih diet vegetarian. Siwon juga mengajak penggemarnya untuk bergabung.

Sejak 2010, Choi Siwon melanjutkan kegiatan donasinya melalui kampanye UNICEF. Dia ditunjuk sebagai perwakilan khusus UNICEF pada November 2015. Sebagai Duta Niat Baik UNICEF untuk wilayah Asia Timur-Pasifik, dia berjuang untuk perdamaian global selain masih aktif dengan karier menyanyinya.

Kali ini, dia menjadi contoh atas pernyataannya tentang krisis iklim dan tindakannya untuk dipraktikkan. Mengikuti Park Jin Hee yang baru-baru ini menggelar protes terkait krisis iklim, ia terlahir kembali sebagai penjaga lingkungan.

Dalam unggahannya, Siwon mengungkapkan anak-anak merupakan pihak tak bersalah yang paling menderita akibat dampak krisis iklim. Menurutnya, krisis iklim hanya dapat diperlambat saat perhatian dan upaya seluruh penduduk bumi bersatu. 

"Satu kali makan vegetarian sehari adalah perubahan kecil tapi besar untuk mengurangi krisis iklim! Langkah pertama itu berarti satu latihan sehari. Terima kasih banyak kepada mereka yang memperkenalkan saya pada makanan lezat meskipun sedang sibuk!" tulis Siwon di unggahannya.

4 dari 4 halaman

Aksi Peduli Sampah Choi Siwon

Tak hanya sekali ini Siwon membahas isu lingkungan. Saat peringatan Hari Bumi, 22 April 2021, Choi Siwon ikut terlibat dalam Queen Flogging Challenge.

Dengan mengenakan hoodie hitam dengan logo Unicef di bagian depan, Siwon mengacungkan jempolnya seraya memamerkan kantung sampah dan pencapit. Di potret berbeda, wajahnya terlihat serius saat memungut sampah yang ditemuinya di pinggir jalan hingga tepi sungai.

"Flogging adalah kampanye ramah lingkungan untuk memungut sampah sambil berolahraga, seperti joging atau berjalan kaki, setiap hari," tulis Siwon di akun Instagram pribadinya, 16 April 2021.

Ia mengaku tantangan tersebut sangat bermakna baginya. Menurutnya, meski hanya tindakan kecil, ia berharap tantangan itu akan menetap menjadi budaya yang meningkatkan kesadaran untuk melestarikan lingkungan di masa depan.

"Seperti rangkaian titik-titik kecil yang kemudian bergabung bersama membentuk garis," ungkap pria kelahiran 7 April 1986 tersebut.

Sebelumnya, Siwon merespons tantangan dari seorang pemilik Organica Jeong-Wook Hong, perusahaan Korea yang memproduksi makanan organik. Setelah berhasil menuntaskan tantangan tersebut, gilirannya menantang Sekjen Komite UNICEF Korea Selatan Lee Ki-cheol. Siwon diketahui sebagai salah satu duta UNICEF Korea yang banyak menyuarakan isu perlindungan anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini