Sukses

Momen Miss International 2022 Jasmin Selberg Terharu hingga Menangis Disambut Hangat di Indonesia

Jasmin Selberg, Miss International 2022 dari Jerman begitu terharu merasakan pertemanan yang kuat selama kunjungannya ke Indonesia untuk ikut hadir di acara Grand Final Puteri Indonesia 2023 pada Jumat malam, (19/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Persahabatan saat mengikuti ajang kontes kecantikan sering kali membawa momen yang emosional. Hal itu dirasakan oleh Miss International 2022, Jasmin Selberg dari Jerman yang begitu terharu merasakan pertemanan yang kuat selama kunjungannya ke Indonesia untuk ikut hadir di acara Grand Final Puteri Indonesia 2023.

Meski para finalis di kontes kecantikan sedang bersaing untuk memperebutkan mahkota tapi biasanya mereka tetap saling mendukung satu sama lainnya. "Ini pertama kalinya saya berkunjung ke Asia Tenggara dan Indonesia," sebut Jasmin Selberg memulai keynote speech saat konferensi pers Grand Final Puteri Indonesia 2023 di Jakarta Convention Center pada Jumat malam, (19/5/2023). 

"Orang Indonesia sangat hangat dan suportif, negara yang luar biasa," sambung Jasmin sambil mulai menangis dan mengambil tisu.

Di momen itu ia pun ikut berterima kasih atas sambutan luar biasa selama kunjungannya dari Puteri Indonesia 2022, Laksmi De-Neefe Suardana, termasuk Cindy May McGuire sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2022 dan Adinda Cresheilla sebagai Puteri Pariwisata 2022. Masing-masing dari tiga besar Puteri Indonesia 2022 tersebut juga membalas ungkapan manis Jasmin sambil memberi kecup dari jauh.

Dalam konferensi pers sebelum malam grand final, selain Jasmin hadir pula ratu dunia lainnya yaitu Miss Supranational 2022, Lalela Mswane dari Afrika Selatan, dan Miss Charm 2023, Luma Russo dari Brazil. Para ratu dunia sengaja datang untuk menghadiri malam Grand Final Puteri Indonesia 2023.

Pada pemilihan Puteri Indonesia 2023 kali ini terdapat 45  finalis dari 38 provinsi yang ada di Indonesia. Tahun ini cukup unik, sebab para finalis Puteri Indonesia dan ratu dunia akan tampil dengan busana karya designer berbakat Tanah Air dengan sentuhan kain tapis Lampung. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Jasmin Selberg

Ajang Miss International 2022 digelar di Tokyo Dome City Hall, Jepang pada Selasa, 13 Desember 2022. Wakil dari Jerman, Jasmin Selberg berhasil memenangkan tempat pertama gelar Miss International 2022.

Jasmin mengalahkan wakil dari Tanjung Verde, Peru, Kolombia, Jamaika, Kanada, Spanyol, dan Republik Dominika di babak 8 besar. Sebelumnya pada 7 Desember, kontes Miss International 2022 mengumumkan dimulainya pemungutan suara untuk masuk Top 15.

Selberg mengalahkan peserta dari 66 negara dan wilayah di seluruh dunia yang mengikuti rangkaian acara di Tokyo pada musim dingin ini usai absen selama dua tahun karena pandemi COVID-19. Mengenai profilnya, Jasmin Selberg lahir di Tallinn, Estonia pada 11 Agustus 1999.

Jasmin kemudian pindah ke Jerman tepatnya di Meinerzhagen saat usianya satu tahun. Ia tumbuh dan besar di kota tersebut. Melansir The Teal Mango dan sejumlah sumber lainnya, Rabu, 14 Desember 2022, ia merupakan cucu dari seorang seniman yang juga ilustrator ternama di Estonia, sedangkan ibunya merupakan pemilik salon kecantikan.

3 dari 4 halaman

Jasmin Selberg Fasih 4 Bahasa

Ia kuliah si Universitas Ruhr Bochum di Bochum, Jerman untuk mengejar gelar Sarjana Sejarah dan Filsafat dan direncanakan lulus pada 2023. Pada 2021, Jasmin menjadi asisten mahasiswa dalam penjualan dan distribusi di dSPACE di Paderborn, Jerman dan Seoul, Korea Selatan.

Saat lulus SMA, Jasmin tidak langsung melanjutkan pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi melainkan ia bekerja terlebih dahulu selama beberapa bulan. Jasmin ternyata menguasai empat bahasa.

Tak hanya bahasa Jerman, ia juga fasih bahasa Estonia dan Inggris. Sementara bahasa yang sedang didalaminya adalah Bahasa Korea. Berkat keahliannya tersebut, Jasmin juga bekerja sebagai penerjemah di lembaga pendidikan dan stasiun televisi.

Di samping bekerja, Jasmin pun aktif dalam sebuah komunitas yang didirikannya. Komunitas tersebut bernama Queens Raising Awarness yang anggotanya merangkul ratu-ratu dalam ajang kontes kecantikan. Komunitas yang didirikan Jasmin berfokus pada permasalahan lingkungan.

Hal itu berpijak filosofi dirinya bahwa perubahan kecil bisa berdampak besar dengan ia berkolaborasi bersama berbagai ajang Ratu Kontes Kecantikan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah di lingkungan dan masyarakat. Jasmin Selberg sebelumnya aktif mengikuti berbagai kompetisi. Ia berhasil masuk top 15 dalam ajang Miss Globe 2021.

4 dari 4 halaman

Memiliki Pacar Orang Korea

Pada 2022, Jasmin diketahui berhasil masuk dalam 16 besar ajang Miss Universe Germany 2022. Pemenang ajang Miss International 2022 ini diketahui juga sempat mewakili Jerman dalam ajang Miss Supranational 2022.

Di ajang Miss International 2022, Jasmin menjadi perempuan Jerman ketiga yang memenangkan ajang kecantikan setelah 33 tahun terakhir. Dia menggantikan Bint Sireethorn Leearamwat dari Thailand, yang memegang gelar tersebut selama lebih dari tiga tahun sejak penobatan terakhir pada 2019.

Jasmin Selberg diketahui memiliki kekasih berdarah Korea Selatan bernama Young Min Park. Pria ini sering membagikan momen kebersamaannya dengan Jasmin seperti saat pergi ke Korea Selatan hingga menemani ke ajang Miss Globe 2021.

Mengutip dari philstarlife, Selasa, 13 Desember 2022, selain kini memiliki mahkota, salah satu hal yang paling berharga dalam hidupnya yaitu binatang. Selberg memiliki hewan peliharaan tikus, kucing, dan kuda. Halaman Instagram-nya benar-benar penuh dengan kehidupan yang menarik, menampilkan hidupnya sebagai ratu kecantikan dan hidupnya bersama teman-teman berbulunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini