Sukses

Jokowi Bagikan Ilustrasi KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Warganet Salah Fokus Ada Kucing Oyen

KTT ASEAN 2023 telah berlangsung pada 10--11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Selepas KTT ke-42 ASEAN, Presiden Joko Widodo atau Jokowi membagikan sebuah ilustrasi terkait penyelenggaraan acara tersebut melalui akun Instagram Jokowi yang terverifikasi pada Minggu (14/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta - KTT ASEAN 2023 telah berlangsung pada 10--11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Selepas KTT ke-42 ASEAN, Presiden Joko Widodo atau Jokowi membagikan sebuah ilustrasi terkait penyelenggaraan acara tersebut melalui akun Instagram Jokowi yang terverifikasi pada Minggu (14/5/2023).

Ilustrasi tersebut menampilkan beragam agenda yang terkait dengan gelaran KTT ke-42 ASEAN. Salah satu gambar yang mencuri perhatian warganet adalah adanya kucing oranye atau yang akrab disebut kucing oyen dalam ilustrasi yang dibagikan tersebut.

Kucing oyen terpantau berada di pojok kanan bawah ilustrasi tersebut. Gambar kucing oyen dihadirkan dekat ilustrasi laut dan berada di sekeliling kucing abu-abu di tengah laut, ikan pari, penyelam, koral laut, sampai ikan-ikan lainnya.

Warganet pun seketika salah fokus dengan gamabr kucing oyen. Mereka lantas memenuhi kolom komentar menanggapi kehadirin gambar hewan berbulu tersebut.

"Oyenn bisa menyelam gess," tulis seorang warganet. "Oyen ikut renang," lanjut lainnya. "oyen Salah Server," tulis warganet.

"Tim langsung nyari oyen," komentar warganet. "oyen freedive," lanjut akun lainnya. "Oyen paru2 mode off. Insang mode on," tulis warganet.

Bahkan ada pula warganet yang menuliskan komentar, "Kesini cuma cari oyen." "Si kocheng bisa berenang?" tanya akun lainnya.

"Ngapain oyen di dalam air ????" tanya sebuah akun. "Oyen bisa nyelam, abu2 gak bisa renang," ungkap warganet lainnya tentang kehadiran gambar kucing oyen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Abadikan Berbagai Momen

Di tengah keriuhan gambar kucing oyen, ilustrasi tersebut juga mengabadikan potret Hotel Meruorah Komodo, hotel bintang yang menjadi venue utama KTT ASEAN 2023. Ada pula potret yang mengenakan busana khas NTT sampai orang yang berpose dengan latar cantiknya Pulau Padar.

Berlanjut pada gambar di bawahnya, terlihat pula ketika para pemimpin ASEAN tengah berkumpul sampai ketika menikmati matahari terbenam di kapal pinisi. Para pemimpin ASEAN ini juga saling berpegangan tangah dengan latar belakang komodo hingga laut yang diramaikan dengan beberapa kapal.

"KTT ke-42 ASEAN pada tanggal 10-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, NTT berjalan dengan lancar. Para pemimpin negara ASEAN hadir di Labuan Bajo untuk bersama-sama membahas berbagai tantangan kawasan ke depan di tengah situasi ekonomi global yang belum sepenuhnya pulih, rivalitas di dunia yang semakin tajam, dan dinamika dunia semakin tidak terprediksi," demikian tulis Jokowi dalam kolom keterangan unggahan ilustrasi tersebut.

3 dari 4 halaman

Ucap Terima Kasih

Jokowi melanjutkan bahwa di Labuan Bajo, pertemuan dan perbincangan di antara para pemimpin negara ASEAN berlangsung dalam suasana yang akrab, hangat, dan menyenangkan. Ia menyebut Labuan Bajo sebagai salah satu tempat terindah di Indonesia.

"Dalam ikatan yang kuat sebagai keluarga satu kawasan, saya percaya ASEAN akan mampu menjadi pemain sentral dalam membawa perdamaian dan pertumbuhan yang memiliki aset kuat sebagai epicentrum of growth: ekonomi yang tumbuh jauh di atas rerata dunia, bonus demografi, dan kestabilan kawasan yang terjaga," lanjutnya

Jokowi lantas menutup keterangan, "Terima kasih atas kehadiran para pemimpin negara-negara ASEAN di Labuan Bajo, Indonesia. Mari bekerja keras menjadikan ASEAN Matters: Epicentrum of Growth."

Sebelumnya, Jokowi mengajak peserta KTT ke-42 ASEAN menikmati keindahan Labuan Bajo dari atas Kapal Pinisi. Para pemimpin ASEAN beserta pendampingnya untuk melihat matahari senja atau sunset Labuan Bajo pada Rabu 10 Mei 2023. Para pemimpin ASEAN itu pun senang karena bisa melepas penat setelah seharian mengikuti pertemuan KTT ASEAN 2023 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo.

4 dari 4 halaman

Menikmati Sunset

Momen Presiden Jokowi menyambut tamu negara di Kapal Pinisi dibagikan akun Instagram resmi miliknya. "Seusai rangkaian acara yang padat itu, saya mengajak para pemimpin ASEAN dan pendamping masing-masing untuk berlayar di atas kapal pinisi, menikmati senja di Labuan Bajo," tulis Jokowi dalam unggahannya, Kamis, 11 Mei 2023.

Sejumlah warganet yang terpesona dengan kemegahan Kapal Pinisi dan keindahan Labuan Bajo penasaran dengan harga sewa kapal mewah tersebut. Melansir laman resmi Program pembangunan Pariwisata Teintegrasi dan Bekelanjutan atau P3TB PU, dijelaskan Kapal Pinisi ini disediakan untuk para traveler melihat habitat komodo hingga menengok ekosistem bawah laut yang masih asri dan natural.

Jika ingin menginap di Kapal Pinisi kita perlu merogoh kocek sekitar Rp8,8 juta per orang. Dengan bujet tersebut, peserta bisa menikmati seluruh fasilitas di dalam Kapal Pinisi selama 3 hari 2 malam.

Dari sisi fasilitas akomodasi Kapal Pinisi sudah tidak diragukan lagi karena di dalamnya terdapat belasan kamar dengan pilihan double dan twin bed. Di dalamnya juga sudah ada restoran ruang menonton dan karaoke, jacuzzi, dan kursi santai yang dapat memanjakan para tamu.

Bila ingin berlibur di Labuan Bajo menggunakan Kapal Pinisi, kita harus lebih dulu menempuh perjalanan 30 menit dari Bandara Komodo. Selanjutnya mobil bisa langsung mencapai pelabuhan yang menyediakan pelayaran Kapal Pinisi. Namun karena kapal ini tidak bisa bersandari di peraian dangkal, pengunjung lebih dulu perlu melewati jembatan panjang, atau mengakses dengan perahu karet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.