Sukses

Menparekraf Ungkap Rencana Kolaborasi Branding Wonderful Indonesia dengan Manchester United

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Uno baru-baru ini sempat membagikan unggahan di akun Instagramnya mengenai diskusi online dengan Partnership Manager Manchester United, Molly Stires. Menparekraf menyebut diskusi itu bicara soal penawaran kolaborasi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Uno baru-baru ini membagikan unggahan di akun Instagramnya mengenai diskusi online dengan Partnership Manager Manchester United, Molly Stires. Menparekraf menyebut diskusi itu bicara soal penawaran kolaborasi.

"Menawarkan peluang kolaborasi kerja sama Wonderful Indonesia menjadi official principal partner dari Manchester United," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam "The Weekly Press with Sandi Uno" yang digelar secara hybrid, Senin, 8 Mei 2023.

Sandi, begitu ia akrab disapa, menyampaikan pihaknya tengah dalam proses penjajakan peluang kolaborasi ini. "Tapi ini masih di tahap awal karena Manchester United ini adalah salah satu brand olahraga yang paling terkenal," lanjutnya.

Ia menambahkan citra Wonderful Indonesia harus kian ditingkatkan di mata internasional. Kolaborasi dengan Manchester United menjadi satu peluang yang menjanjikan, tetapi harus dipertimbangkan matang. "Karena investasinya juga pasti sangat besar dan kita akan lakukan kolaborasi, jadi ini tentunya harus kita sikapi dengan bijaksana," ungkapnya.

Pada 6 Mei 2023 lalu, Sandiaga Uno melalui akun Instagram pribadinya membagikan diskusi online dengan Molly Stires. "Para fans @manchesterunited mohon doanya agar brand Wonderful Indonesia (@wonderfulindonesia) bisa segera berkolaborasi dengan Manchester United. Glory glory Man United!" bunyi keterangan dalam unggahan itu.

Ia tampak menyanyikan anthem Glory Glory Man United di awal video singkat tersebut. Sandi juga menjelaskan kepada Molly bahwa ia tengah mengenakan jersey Manchester United keluaran 1997.

"(Jersey) yang ditandatangani oleh Eric Cantona. Ini asli dan merupakan jersey bersejarah karena ini adalah jersey terakhir di Manchester United sebelum dia pensiun, pas dia di Jakarta tahun lalu untuk promosikan brand dia," katanya dalam video. "Jadi, saya pakai ini untuk Zoom call kita berharap bisa membawa kenangan baik untuk semua yang menonton, terima kasih."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Logo Wonderful Indonesia Dipasang di Motor Tim MotoGP Gresini Racing

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama brand Wonderful Indonesia menjalin kerja sama dengan tim balap MotoGP 2022, Gresini Racing. Logo Wonderful Indonesia terpampang pada motor Ducati Desmosedici milik Gresini Racing di MotoGP 2022.

Logo tersebut akan terlihat pada bagian sayap depan dari motor dua pebalap mereka, Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio. Kemenparekraf berharap kerja sama tersebut bisa mempromosikan dan meningkatkan performa pariwisata Indonesia, agar kembali bangkit di tengah pandemi.

Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Nia Niscaya dalam pernyataannya mewakili Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin, 7 Februari 2022. "Dengan kerja sama ini terlebih exposure dari pecinta MotoGP, saya percaya bahwa mengekspos beberapa merek-merek top Indonesia di tingkat global akan memperluas jangkauan pasar merek dari nasional ke skala internasional dan berkontribusi pada kebanggaan bangsa," terang Nia.

Kemitraan terbaru ini menandakan kembalinya MotoGP ke Indonesia sejak terakhir kali pada 1997 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. "Dengan kerja sama ini, citra branding pariwisata maupun pelaku industri nasional bisa semakin dikenal luas secara global," lanjut Nia.

3 dari 4 halaman

Dapat Eksposur dari Pemasangan Logo

Brand dan produk Indonesia akan mendapatkan eksposur pada level global yang dapat menumbuhkan pasar produk lokal hingga tahap internasional yang pada akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi masyarakat dan memperkuat gaung #BanggaBuatanIndonesia.

Lalu, berapa biaya untuk bisa memasang logo di ajang MotoGP tersebut? Nia menegaskan kolaborasi ini tidak mengeluarkan biaya alias gratis.

"Kerja sama Kemenparekraf dengan Gresini tidak mengeluarkan biaya (free of charge) dan dilaksanakan pada waktu yang tepat, yaitu saat MotoGP dan Gresini Racing kembali ke Indonesia setelah dua dekade sejak penyelenggaraan MotoGP terakhir di tahun 1997," jelas Nia.

MotoGP Mandalika 2022 berlangsung pada 18--20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebelum menggelar balapan, Sirkuit Mandalika akan menggelar tes resmi MotoGP pada 11--13 Februari 2022. Sebanyak 24 pembalap MotoGP menjajal Sirkuit Mandalika untuk kali pertama.

Kemenparekraf kembali menegaskan, event MotoGP tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal meski varian Covid-19 omicron masih melanda. Pihak penyelenggara menyiapkan dan menerapkan travel bubble dengan penuh kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap pebalap, kru, dan ofisial, termasuk petugas-petugas yang terlibat pada MotoGP ini.

 
4 dari 4 halaman

Perkuat Brand Wonderful Indonesia

Sebelumnya, Kemenparekraf memberikan penghargaan kepada sejumlah mitra co-branding untuk memperkuat brand Wonderful Indonesia. Kali ini terdapat 52 mitra yang mendapatkan Co-Branding Award.

Kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan promosi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sekaligus Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Barekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ikut menghadiri malam penganugerahan Co-Branding Awards 2021 yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Senin, 6 Desember 2021.

Sandiaga mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk nyata dari kemitraan yang terjalin antara Kemenparekraf dan jenama-jenama terkemuka di Indonesia dalam rangka membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional.

"Kalau ingin maju, apalagi di masa pandemi seperti ini, kita perlu bermitra. Kita harus bergandengan tangan, dan gotong royong," ucap Sandiaga.

Pria yang akrab disapa Sandi ini mengatakan, kolaborasi dengan 52 jenama ternama di Indonesia ini diharapkan dapat menggerakkan kembali perekonomian nasional dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia.

"Mitra kita ini adalah aset bersama dan saya titip ke depan kita tingkatkan terus. Mereka semua ini adalah perusahaan-perusahaan besar yang decacorn, ada yang sudah menjadi perusahaan eksis puluhan tahun, ada start up juga, ini harus kita perluas," kata Sandi lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.