Sukses

Kecelakaan Menimpa Bus Pariwisata di Guci Tegal, Kawasan Wisata yang Indah tapi Rawan

Bus mengalami kecelakaan karena melaju sendiri sampai terperosok masuk ke dalam sungai yang ada di kawasan wisata Guci Tegal.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah bus pariwisata mengalami kecelakaan di kawasan Objek Wisata Guci Kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada, Minggu pagi (7/5/2023). Bus bewarna merah putih ini, diketahui membawa rombongan peziarah dari Tangerang dan rencananya saat kejadian sudah hendak kembali ke daerah asal setelah tujuan akhir di Objek Wisata Guci Tegal.

Hal itu diketahui dari sejumlah video singkat yang dibagikan di Twitter, salah satunya di akun @wisnuaddiS.  Dalam video terlihat bus pariwisata dalam kondisi sedang parkir kemudian entah bagaimana bus melaju sendiri sampai terperosok masuk ke dalam sungai yang ada di lokasi. Posisi bus sebelum masuk ke sungai berada di parkiran yang tersedia di lokasi dan posisi di atas.

Jajaran personel Polres Slawi, Jawa Tengah mengevakuasi belasan korban kecelakaan bus pariwisata tersebut. "Ya, ada kecelakaan tunggal. Bukan bus masuk jurang, namun masuk sungai," kata Kapolres Slawi AKBP Mochammad Sajarod Zakun, dilansir Antara.

Menurut dia, saat ini polisi fokus melakukan evakuasi para korban luka-luka ke Puskesmas Bojong, klinik, dan rumah sakit setempat. "Jadi, kami masih fokus penanganan korban terlebih dulu. Untuk masalah kasus itu, tunggu saja dulu hasil perkembangannya," lanjutnya.

Zakun mengatakan untuk memudahkan penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara (TKP), polisi telah memasang garis polisi di lokasi kejadian. Terkait penyebab kecelakaan tersebut, dia mengatakan semuanya masih dalam penyelidikan lebih lanjut.

"Kami luruskan bahwa kecelakaan bukan bus masuk jurang, namun masuk sungai. Adapun untuk masalah kasus itu, tunggu saja hasilnya nanti kami kabarkan," ungkapnya soal kecelakaan di kawasan wisata Guci Tegal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sopir Tinggalkan Bus yang Diparkir

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dugaan sementara penyebab bus Duta Wisata asal Tangerang masuk Sungai Awu itu berawal ketika sopir bus sedang memanaskan mesin di lokasi parkir.  Sopir bus kemudian pergi meninggalkan bus dengan kondisi mesin hidup.

"Namun, tiba-tiba bus terjun ke sungai tepat di bawah areal parkir hingga posisi akhir terguling di sungai," terang seorang penumpang bernama Muhammad Alwi.

Wisata Guci Tegal bisa dibilang merupakan ikon wisata di Tegal Jawa Tengah. Yang menjadi daya tarik tempat Wisata Guci Tegal tak lain adalah pemandian air panasnya yang ramai dikunjungi banyak orang.

Tempat pemandian air panas Wisata Guci Tegal berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Tegal. Tempat wisata populer ini berada di kawasan Gunung Slamet dengan ketinggian 1.050 mdpl, sehingga memiliki udara yang sejuk dan air yang segar.

Meski demikian, itu bukan satu-satunya pesona yang dimiliki oleh Wisata Guci Tegal. Selain pemandian air panas yang memang sangat populer, Wisata Guci Tegal memiliki riwayat sejarah yang sangat menakjubkan. Objek wisata yang berada di kawasan Gunung Slamet ini konon sudah ada sejak masa penyebaran agama Islam di tanah Jawa oleh Walisongo.

 

3 dari 4 halaman

Guci Tak Hanya Pemandian Air Panas

Melansir kanal Regional Liputan6.com, selain legenda yang menarik untuk disimak, bentang alam di Wisata Guci Tegal juga memiliki daya tarik tersendiri. Hal itu yang akan membuat para pengunjung merasa damai dan akan betah jika menghabiskan waktu di sana.

Spot foto instagramable juga tersedia di Wisata Guci Tegal. Jadi bagi pengunjung yang ingin mempercantik feed Instagram, berkunjung ke tempat wisata ini bisa menjadi pilihan yang menarik.

Destinasi wisata Guci Tegal lainnya yang terkenal adalah Curug Jedor.  Lokasinya persis di atas pemandian pancuran 13 terdapat air terjun dengan suasana yang asri. Air terjun yang paling populer di sini adalah Curug Jedor. Lokasi curug Jedor berdekatan dengan pemandian air panas, sehingga bisa dipastikan air di curug ini juga bersih dan segar.

Tidak hanya sekedar berendam dan bermain, di wisata Guci Tegal kamu juga bisa menunggangi kuda. Kamu bisa mengelilingi tempat rekreasi ini dengan lebih leluasa dan santai, kamu bisa menyewa kuda kepada penduduk setempat. Harga sewa kuda pun tergolong terjangkau.

Keindahan Wisata Guci Tegal memang tidak diragukan lagi. Hanya saja bisa dibilang Wisata Guci Tegal berada di wilayah yang rawan. Oleh karena itu penting untuk berhati-hati ketika dalam perjalanan menuju ke tempat wisata tersebut. 

4 dari 4 halaman

Kecelakaan Beruntun di Guci Tegal

Untuk menuju ke Wisata Guci Tegal, pengunjung akan melewati sebuah jalur berupa turunan yang rawan kecelakaan. Turunan itu disebut sebagai jalur turunan S.

Di jalur yang tepatnya berlokasi di Jalan Raya Kalibakung Balapulang, Kabupaten Tegal itu pernah terjadi kecelakaan beruntun yang melibatkan tiga unit kendaraan, yakni minibus, mobil bak terbuka dan sepeda motor pada Minggu sore, 19 Maret 2017.

Kejadian tersebut sudah lama terjadi, mungkin sekarang jalur tersebut sudah dilengkapi dengan sistem keamanan untuk meminimalkan risiko kecelakaan. Meski begitu, penting untuk tetap berhati-hati saat melakukan perjalanan ke Wisata Guci Tegal.

Banjir dan tanah longsor juga pernah menerjang obyek wisata Guci Tegal. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu, 13 Februari 2021. Bencana tanah longsor terjadi di wilayah perbukitan dengan tinggi sekitar 10 meter, yaitu kawasan Desa Rembul. Material longsor itu sempat mengubur kolam renang permainan air panas milik Hotel Duta Wisata.

Terlepas dari lokasinya yang rawan, Wisata Guci Tegal tetaplah obyek wisata yang menawarkan daya tarik yang tak bisa dilewatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.