Sukses

Tak Hanya Rumah dan Kendaraan Mewah, AKBP Achiruddin Hasibuan Diduga Punya Tempat Kos dan Penginapan

Meski harta kekayaan AKBP Achirudin Hasibuan sudah tercatat di LHKPN, tapi ia diyakini punya sejumlah usaha maupun harta yang belum dilaporkan. Salah satunya adalah usaha kos dan tempat penginapan.

Liputan6.com, Jakarta - AKBP Achiruddin Hasibuan menjalani pemeriksaan selama 7 jam di Polda Sumut pada Kamis 27 April 2023. Pemeriksaan terkait dugaan penganiayaan yang dilakukan anaknya, Aditya Hasibuan, terhadap Ken Admiral.  Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Kombes Pol Sumaryono mengatakan, AKBP Achiruddin menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka Aditya.

Selain AKBP Achiruddin Hasibuan, Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut juga melakukan pemeriksaan terhadap Ken Admiral, sebagai saksi korban penganiayaan. Tak hanya penyelidikan soal kasus penganiayaan, harta kekayaan Achiruddin Hasibuan juga sedang dalam penyelidikan.

Deputi Bidang Penindakan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan mengatakan bahwa KPK telah mulai mengumpulkan data dari perbankan dan Badan Pertahanan Nasional (BPN) terkait AKBP Achiruddin Hasibuan. Selain itu, Pahala juga membenarkan bahwa lembaga antirasuah itu sudah membentuk tim dan membuat surat tugas untuk mengklarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) milik AKBP Achiruddin.

"Benar (KPK sudah membentuk tim dan membuat surat tugas untuk klarifikasi) dan sudah mulai pengumpulan data perbankan, BPN, dan sebagainya," kata Pahala seperti dilansir Antara.  Pahala mengatakan KPK juga tengah mengumpulkan data lainnya mengenai detail materi yang akan diklarifikasi kepada yang bersangkutan.

Kendati begitu, Pahala menyebutkan bahwa jadwal pemanggilan AKBP Achiruddin Hasibuan untuk keperluan klarifikasi tersebut belum diketahui. Sementara itu, dari data LHKPN diketahui bahwa total harta kekayaan AKBP Achirudin Hasibuan tercatat berjumlah Rp467.548.644.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisnis Kos-kosan

Total harta kekayaannya itu terdiri atas beberapa jenis harta. Dia diketahui memiliki tanah seluas 566 meter persegi di Kabupaten/Kota Medan dari hasil sendiri senilai Rp46.330.000. Kemudian, AKBP Achiruddin tercatat memiliki mobil Toyota Fortuner Minibus tahun 2006 hasil sendiri senilai Rp370.000.000. Selain itu, dia juga memiliki kas dan setara kas senilai Rp51.218.644.

Namun AKBP Achiruddin diyakini punya sejumlah usaha maupun harta yang belum dilaporkan. Salah satunya adalah usaha kos dan tempat penginapan.

Menurut tayangan Liputan6 di SCTV dan akun TikTok @sctv_ pada Jumat, 28 April 2023, ia memiliki bisnis kos-kosan dan tempat penginapan di Jalan Guru Suman, Desa Bandar Khalipah, Dusun XVI, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang. Kepala Dusun XVI, Tusimun membenarkan bahwa tempat penginapan dan kos-kosan yang berada di lingkungannya tersebut merupakan milik AKBP Achiruddin Hasibuan.

"Iya benar itu milik pak Hasibuan, sebelum saya menjadi kepala Dusun sudah ada. Itu rumah sewa, 8 pintu rumah sewa dan tempat penginapan," ungkap Tusiman. Ia juga mengatakan, bahwa AKBP Achiruddin Hasibuan sendiri sering datang ke tempat usahanya tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Rekening AKBP Achirudin Dibekukan

"Ya saya kenal tapi kenal begitu aja, dia kadang ke sini juga. Pernah ada konflik juga sama warga di sini, ya soal parkir, tapi udah berdamai. Orangnya memang nggak terlalu dekat sama warga sekitar,” tuturnya.

Tusiman membeberkan, sebelum berdirinya bangunan kos-kosan milik AKBP Achiruddin Hasibuan tersebut, dulunya tanah tersebut merupakan milik masyarakat sekitar. "Itu dulu punya masyarakat situlah, baru dibeli dia dan dibangun penginapan dan kos-kosan itu," terangnya.

Sampai saat ini, tempat penginapan dan kos-kosan milik AKBP Achiruddin Hasibuan terlihat masih beroperasi seperti biasa. Tampak warna bangunan tersebut hampir serupa dengan rumah miliknya yang berada di Jalan Guru Sinumba, Kelurahan Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan.

Sebelumnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengonfirmasi pemblokiran dua rekening milik AKBP Achirudin Hasibuan dengan nilai mencapai puluhan miliar rupiah.

"Benar (diblokir), dari dua rekening yang diblokir, nilainya puluhan miliar," kata Koordinator Kelompok Kehumasan PPATK Natsir Kongah dikonfirmasi tim News Liputan6.com di Jakarta, Kamis, 27 April 2023. Natsir mengatakan dua rekening yang diblokir tersebut adalah milik AKBP Achiruddin Hasibuan dan anaknya Aditya Hasibuan.

4 dari 4 halaman

Rubicon dan Harley Davidson

Di sisi lain,warganet pun menguliti kendaraan mewah yang kerap dipamerkan AKBP Achiruddin Hasibuan, seperti motor Harley Davidson dan mobil Jeep Rubicon.  Pemilik akun Twitter @p4c3n0g3 pada Selasa, 25 April 2023, mengunggah foto rumah AKBP Achiruddin Hasibuan yang menjadi lokasi penganiayaan oleh Aditya Hasibuan terhadap Ken Admiral.

Dalam foto itu terlihat sebuah mobil Rubicon yang parkir di garasi rumah mewah tersebut. "Rumahnya. Tempat kejadian pemukulan pas di pagar yang ada bintangnya itu. Btw, ada Rubicon parkir di dalam. Mario Dandy all over again," tulis keterangan cuitan tersebut.

Selain Rubicon, juga ada motor gede atau moge Harley Davidson di garasi rumah tersebut. Melalui akun Instagram pribadinya, @achiruddinhasibuan, Achiruddin juga kerap terlihat sedang mengendarai motor Harley Davidson. Ia bahkan terlihat melakukan aksi yang cukup berbahaya yaitu menunggangi moge sambil berdiri di atas jok.

Dalam video memperlihatkan suasana malam di salah satu ruas jalan. Seorang pria mengenakan jaket kulit hitam dipadu jins biru terlihat sedang mengendarai moge Harley-Davidson. Pria itu diduga AKBP Achiruddin Hasibuan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini