Sukses

Saran Menparekraf Antisipasi Lonjakan Kasus Covid di Musim Mudik Lebaran: Wisata di Indonesia Aja

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau dan menginstruksikan pemudik dan para wisatawan untuk tetap menerapkan protokol CHSE agar memastikan tidak ada peningkatan dari kasus Covid pasca-mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau dan menginstruksikan pemudik dan para wisatawan untuk tetap menerapkan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability). Hal utama yang menjadi perhatian adalah dari segi kesehatan agar memastikan tidak ada peningkatan dari kasus Covid pasca-mudik Lebaran.

"Sekali lagi kami menginstruksikan destinasi wisata, Dinas Pariwisata Daerah untuk terus memantau secara ketat penerapan CHSE. Memang kita sekarang tidak seperti negara-negara lain yang ada lonjakan, Alhamdulillah, tapi kita harus waspada dan hati-hati," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam "Extended The Weekly Brief with Sandi Uno" yang digelar secara hybrid, Senin, 17 April 2023.

Selain itu, Singapura dan Malaysia saat ini tengah mengakami lonjakan Covid. Terkait hal tersebut, Sandi, begitu ia akrab disapa, mengimbau secara khusus untuk turis Indonesia yang banyak berkunjung ke kedua negara tersebut.

"Ya untuk wisatawan Indonesia berwisata di Indonesia aja itu udah yang paling benar. Pertama, situasi Covid kita terkendali, kedua adalah destinasi-destinasi kita sudah semakin siap," ungkapnya.

Sandi menyampaikan bagi mereka yang terpaksa harus berwisata ke Singapura dan Malaysia untuk benar-benar menerapkan protokol kesehatan. Mengingat, kedua negara tersebut kini sudah tidak mewajibkan penggunaan masker.

"Mereka harus menjaga diri mereka agar kita tidak membawa varian baru itu kembali ke Indonesia," tambahnya.

Menparekraf menyebut, "Memang tidak ada keharusan untuk testing, tapi sebagai wisatawan yang peduli, mereka juga harus pastikan vaksinasi mereka lengkap, termasuk vaksinasi second booster."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Promo Wisata di Mudik Lebaran 2023

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf berkolaborasi dengan online travel agent (OTA) untuk memasarkan promo paket wisata mudik Lebaran 2023. Kemenparekraf menggandeng empat OTA, yakni Atourin, tiket.com, Traveloka, dan Mister Aladin.

"Kami mengapresiasi empat mitra kami dari Atourin, tiket.com, Traveloka, dan Mister Aladin, telah berpartisipasi karena promo-promo ini paling banyak dinanti-nanti karena begitu ada label promo pasti akan menjadi salah satu upaya kita untuk membuat harga tiket dan harga akomodasi lebih terjangkau," kata Sandi.

Chief Executive Officer Atourin, Benarivo Triadi Putra menyampaikan pihaknya kini menghadirkan diskon 10 persen untuk para wisatawan yang mudik Lebaran. "Informasi terkait ini yang kami jalankan adalah tanpa minimum transaksi, tanpa batas, semuanya flat 10 persen untuk transaksinya itu bisa digunakan untuk beli produk desa wisata yang sudah ada di platform Atourin," ungkap Benarivo.

Ia mengajak pemudik tak hanya mudik ke kampung halaman, tetapi juga mengeksplorasi desa wisata. "Coba jalan-jalan ke desa wisata beli aktivitas wisata di Atourin, kemudian bisa merasakan pengalamannya untuk meningkatkan exposure desa wisata teman-teman kita," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Promo Hotel, Tiket Pesawat hingga Tiket Kereta

General Manager Business Development Mister Aladin, Yudhi Ramadhani Said menerangkan pihaknya memiliki promo pada beberapa produk. Penawaran menarik ini dihadirkan untuk hotel, tiket kereta, hingga tiket pesawat.

"Untuk hotel diskonya sampai dengan Rp500 ribu, untuk kereta 25 persen, promo pesawat up to Rp1,5 juta untuk promo kita. Ini berlaku satu bulan penuh dari 1 sampai akhir bulan April ini," jelas Yudhi.

Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa mengatakan kegiatan yang pihaknya jalankan selama periode mudik Lebaran 2023 ini. Salah satu yang dihadirkan adalah penawaran bernama THR atau Tiket Hari Raya.

"Selama Ramadhan ini 22 hari dan ada promo-promonya bisa sampai 40 persen plus ekstra diskon sampai Rp575 ribu dan juga ada special hour di siang dan sore," terang Gaery.

Ia juga menyebut ada peningkatan yang cukup signifikan untuk pembelian tiket penerbangan dengan kenaikan hingga 288 persen dan akomodasi sampai 200 persen. "Ini luar biasa dibanding dengan periode sebelumnya dari tahun sebelumnya," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Lonjakan Signifikan

"Semoga tiket.com dengan Tiket Hari Raya bisa menjadi inovasi dan pilihan terhadap setiap customer di Indonesia bisa membantu bisa mudik aman, nyaman dan bujet enggak kantong kering," terangnya.

Chief Marketing Officer Traveloka, Shirley Lesmana menerangkan libur Lebaran tahun ini adalah salah satu periode yang kenaikan cukup tinggi. Pihaknya melihat year-on-year untuk penerbangan domestik naik hingga 2 kali lipat.

"Jadi hampir 50 persen dari responden yang kami survei punya rencana selain mudik, mereka juga mau extend. Jadi persiapan untuk mudik atau libur Lebaran sudah dilakukan dari jauh-jauh hari, sejak Februari kami membuat promosi," ungkap Shirley.

Ia menambahkan pihaknya melihat besar proporsi untuk mudik juga orang-orang yang baru merencanakan saat last minute. "Sehingga kami akomodasi dengan berbagai promo spesial untuk tiket pesawat itu kami berikan diskon sampai dengan Rp1 juta, tiket kereta api hingga Rp150 ribu dan untuk hotel dan atraksi kita berikan diskon hingga 50 persen dan bahkan kita ada promo spesial samanya Grand Bazaar," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini