Sukses

6 Rekomendasi Destinasi Wisata Libur Lebaran di Garut dan Tasikmalaya

Mudik jadi saat yang tepat bersilaturahmi dengan keluarga sambil menyempatkan untuk mengunjungi destinasi wisata dekat kampung halaman, termasuk wisata libur lebaran di sekitar Garut dan Tasikmalaya.

Liputan6.com, Jakarta - Mudik jadi saat yang tepat bersilaturahmi dengan keluarga sambil menyempatkan untuk mengunjungi destinasi wisata dekat kampung halaman. Para pemudik yang lewat dari jalur utama selatan pulau Jawa bisa sekaligus menyambangi Tasikmalaya maupun Garut.

Garut sendiri terkenal dengan dodol khasnya, kerupuk kulit serta batik tulis Garutan. Sementara Tasikmalaya yang berjuluk Sang Mutiara dari Priangan Timur juga memiliki berbagai tempat wisata menarik. 

Kota Tasikmalaya memiliki potensi pariwisata, di antaranya seperti wisata alam, kerajinan, wisata belanja, wisata religi, seni, dan budaya. Saling berdekatan, berikut enam rekomendasi destinasi wisata untuk libur lebaran di Garut dan Tasikmalaya yang dirangkum Liputan6.com pada Sabtu (15/4/2023). 

1. Gunung Galunggung

Gunung Galunggung ini pernah meletus tahun 1982 dan abunya sampai ke Jakarta didukung udara yang sejuk patutlah untuk dikunjungi. Untuk mencapai kawah gunung ini pengunjung dapat menaiki sekitar 620 anak tangga sembari berolahraga atau menyewa ojek Rp50 ribu untuk bolak balik. 

Suwandi, seorang pengunjung di Tripadvisor mengungkapkan pengalamannya ke destinasi baru di Tasikmalaya. Di Shelter Galunggung terdapat tempat ngopi berada sekitar 48 menit dari kota Tasik ke arah Singaparna. Jalan aspal menuju lokasi cukup baik namun agak sempit saat berpapasan dengan mobil lain.

Namun tempatnya terasa nyaman lantaran berada di antara pohon pinus udara sejuk. Terletak di dataran tinggi Anda juga bisa meliat pemandangan kota Tasik di malam hari akan lebih elok.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pantai Ranca Buaya

Untuk menuju tempat wisata Pantai Ranca Buaya Anda bisa menggunakan arah dari ciwidey atau majalaya bagi berada di Bandung. Menurut pengalaman seorang pejalan di Tripadvisor, jalan menuju lokasi pantai relatif mulus dan sudah tersambung dari mulai ujung kulon sampai pangandaran.

Pantai Ranca Buaya terkenal karena lobster dan mata sapi yaitu sejenis kerang atau keong dengan tekstur kenyal. Jangan khawatir masalah penginapan karena sudah banyak tersedia, mulai dari yang murah hinga mahal. 

Jika datang dari arah Ciwidey selama 6 jam menuju Pantai Ranca Buaya, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah, mulai dari hutan, air terjun. Saat ,enuruni tebing dapat dilihat dari kejauhan dan juga ada yg di samping jalan, hamparan perkebunan teh yang tersusun rapi di kanan dan kiri jalan, hamparan sawah bertingkat serta terdapat jurang di satu sisi jalan.

3. Desa Wisata Taraju

Desa Wisata Taraju berada di urutan pertama destinasi wisata libur lebaran yang ada di sekitar Tasikalaya. Mengutip dari situs Jadesta Kemenparekraf, Sabtu (15/4/2023), Desa Wisata Taraju memiliki alam yang masih asri sehingga wisatawan bisa menikmati alamnya yang indah seperti hamparan Kebun Teh, persawahan, aliran sungai, dan juga air terjun.

Selain wisata budaya dan wisata alam, wisatawan juga bisa merasakan kuliner tradisional taraju, seperti sate ciranti, nasi timbel dan nasi liwet, juga ikan nila. Desa Wisata Taraju juga memiliki paket-paket wisata lainnya, seperti wisata edukasi berupa vaping block, petik kopi, bersawah, camping, petik teh. Ada pula paket wisata pertunjukan kesenian tradisional seperti Kesenian tari, sajak terbang, Kuda lumping, kecapi suling, dugkol, kesenian degung, kaulinan Budak, Ngawuluku, bubuy Sampeu, kerajinan, sapintrong, Qosidah, dan pawai obor.

3 dari 4 halaman

4. Gua Safarwadi Pamijahan di Tasikmalaya

Lokasi Gua Safarwadi Pamijahan di Tasikmalaya ini persis pingir jalan jalur selatan. Sangat ramai saat musim mudik balik libur lebaran atau akhir tahun. Dingin airnya teduh seperti suasana tempatnya yang adem di hati sehingga bisa menjadinya lepas penat setelah jauh perjalanan dan melakukan sholat di sini. Dengan mengunjungi tempat ini bisa sekaligus bertamasya bersama keluarga dan diakhiri dengan berziarah kubur ke makam Wali Allah merupakan kegiatan menyenangkan dan berpahala

5. Telaga Bodas

Rekomendasi wisata libur lebaran di Garut lainnya adalah Telaga Bodas. Lokasi kawah Telaga Bodas cukup mudah dicari dan jarak dari kota garut sekitar 14km.

Kalau di bandung punya kawah putih, di garut ada tempat wisata yang hampir sama yang bernama telaga bodas. Untuk menujua tempat ini jaraknya cukup jauh dengan jalan yang berliku dan naik turun. Namun di sepanjang perjalanan anda akan disuguhi dengan pemandangan alam sawah dan gunung yang indah untuk menemani perjalanan anda.

Lelah diperjalanan akan terbayarkan setelah sampai ditujuan, anda akan disuguhi dengan panorama alam dan telaga yang sangat indah. Sebagai informasi jalan menuju lokasi di 2 km terakhir cukup rusak parah dan cukup terjal, namun ada penyewaan ojek. 

 

4 dari 4 halaman

6. Karacak Valley

 

Buka pada awal 2016, bagus untuk kemping dengan keluarga dan anak-anak. Dikelilingi hutan pinus dan akan berakhir di curug ngembul (sekitar 1 km track), Karacak Valley Garut kini telah menjadi salah satu tempat wisata di Garut.

Meski sudah 6 tahun berjalan, Karacak Valley tetap menjadi favorit untuk berwisata dan menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan alam yang hadir menemani. Kawasan Karacak Valley berupa hutan pinus dan perkebunan kopi miliki Perhutani, sedangkan untuk pengelolaannya sendiri dilakukan oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jaya Mandiri.

Dengan luas seluruhnya mencapai 92 hektar, sedangkan yang dimanfaatkan untuk kepentingan wisata dari Karacak Valley sekitar 10 hektar saja. Karacak Valley berada di alamat Kampung Pakuwon, Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. Lokasinya ada di pusat kota Garut dan tak begitu jauh dari Alun-Alun Garut.

Jalan menuju Karacak Valley bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, namun sangat direkomendasikan menggunakan roda dua. Yakni dengan mengarahkan kendaraan menuju Jalan Bratayudha lalu belok ke Jalan Margawati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini