Sukses

Resep Dory Lemon Butter ala Putri Habibie yang Cocok untuk Buka Puasa, Masak Cukup 15 Menit

Di bulan Ramadhan, banyak orang yang memilih memasak menu praktis untuk menghemat waktu. Dory Lemon Butter ala Putri Habibie hanya memerlukan lima langkah sederhana dalam proses pembuatannya.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan merupakan momentum untuk umat Muslim berpuasa dan memperbanyak ibadah. Agar bisa memaksimalkan waktu beribadah, di bulan ini banyak orang lebih memilih untuk memasak menu praktis untuk menyiapkan menu sahur maupun buka puasa.

Putri Habibie, seorang koki rumahan membawa inspirasi dengan menyajikan resep Dory Lemon Butter yang mudah dan cepat dibuat. Ia mengatakan, "Saat sahur dan buka puasa biasanya kita sudah disibukkan dengan kegiatan sehari-hari, jadi kita tidak punya banyak waktu untuk masak yang ribet."

Oleh karena itu, Putri Habibieselalu memilih menu dengan bahan yang sedikit, mudah dicari, dan cepat dimasak. Resep Dory Lemon Butter ini merupakan pilihan tepat karena menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di supermarket terdekat dan hanya memerlukan waktu 15 menit untuk dimasak.

Dalam resep ini, Putri menggunakan butter yang memiliki tekstur creamy dan kaya nutrisi untuk membuat cita rasa masakan menjadi lebih lezat dan menghasilkan makanan yang lebih enak. "Dengan resep yang enak dan bebas ribet ini, harapannya kita juga punya lebih banyak waktu untuk menikmati kebersamaan dengan orang tersayang selama bulan puasa. Semoga resep ini bisa menginspirasi para homecooks ya,” tambah Putri.

Dory Lemon Butter ala Putri Habibie hanya memerlukan lima langkah sederhana dalam proses pembuatannya. Berikut adalah resepnya yang bisa menjadi inspirasi dan dapat dipraktikkan di rumah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Resep Dory Lemon Butter

Untuk membuat menu Dory Lemon Butter siapkan bahan berikut dan ikuti langkahnya: 

Bahan-Bahan:

  • 2 fillet ikan dori
  • 2 sdm tepung terigu
  • Minyak goreng secukupnya

 

Bahan saus:

  • 4 sdm Anchor Unsalted Butter
  • 150gr wortel, potong dadu kecil-kecil
  • 150ml air kaldu (½ sdt kaldu ayam bubuk)
  • 1 buah lemon, iris
  • 1-2 sdm air perasan lemon
  • Garam, gula, lada secukupnya
  • 1 sdt daun parsley kering

 

Langkah pembuatan:

  1. Baluri ikan dori dengan tepung terigu lalu goreng hingga coklat keemasan. Sisihkan.
  2. Untuk membuat saus, lelehkan Anchor Butter, kemudian masukkan wortel, air kaldu, dan perasan lemon.
  3. Masukkan garam, gula, lada, dan daun parsley kering sesuai selera.
  4. Masukkan ikan dori yang telah digoreng dan irisan buah lemon ke dalam saus. Masak hingga kuah menyusut.
  5. Dory Lemon Butter siap disajikan
3 dari 4 halaman

Masakan Praktis Jadi Pilihan Saat Berpuasa

Bulan suci Ramadan tak hanya dijadikan sebagai momen beribadah, namun juga sebagai momen untuk berkumpul dan menjalin silaturahmi bersama keluarga. Oleh karena itu, kegiatan memasak menjadi semakin padat selama bulan ini. 

Tak heran jika banyak orang yang memilih menu praktis untuk sahur dan berbuka agar waktu memasak bisa lebih cepat dan efektif. Selain itu, makanan yang disajikan juga harus kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh selama berpuasa dan mengembalikan nutrisi saat berbuka.

Riszha Gandjar, Marketing Manager Fonterra Brands Indonesia, mengingatkan bahwa makanan yang disajikan selama Ramadan haruslah praktis dan kaya nutrisi. "Penting untuk memastikan bahwa makanan yang dibuat harus cukup praktis untuk dipersiapkan saat sahur dan berbuka. Jadi, hidangannya harus mudah agar waktu memasaknya lebih cepat," ujarnya. 

Ia menambahkan, "Selain itu, menunya haruslah kaya akan nutrisi agar dapat memenuhi kebutuhan energi yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa dan untuk mengembalikan kembali nutrisi saat berbuka."

4 dari 4 halaman

Mentega yang Bernutrisi

Mengutip dari Mayo Clinic, Selasa, 4 April 2023, margarin sering mengungguli butter dalam hal kesehatan jantung. Margarin adalah campuran minyak yang sebagian besar merupakan lemak tak jenuh.

Sementara butter terbuat dari krim atau susu. Jenis lemak yang terdapat pada produk hewani, seperti krim, sebagian besar adalah lemak jenuh.

Mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Lemak dalam minyak nabati menurunkan kolesterol total dan kolesterol lipoprotein densitas rendah, atau kolesterol "jahat", saat menggantikan lemak jenuh. Temuan ini sangat kuat untuk minyak yang sebagian besar terbuat dari lemak tak jenuh ganda, seperti minyak kedelai, saat menggantikan lemak jenuh.

Tetapi beberapa jenis butter lebih baik dari yang lain. Adapun butter memiliki beberapa kelebihan dan cocok digunakan untuk memasak maupun memanggang berbagai jenis masakan. Putri Habibie mengatakan, "Butter ini cocok untuk buat berbagai jenis dan teknik memasak, pokoknya the perfect partner untuk baking dan cooking deh.” Oleh karena itu, ia selalu siap sedia menggunakan butter sebagai salah satu bahan pokok di rumahnya karena sifatnya yang serbaguna.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.