Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Tanggapan Santai Gibran Rakabuming Disebut Islam KTP dan Makan Makanan Haram oleh Warganet

Top 3 berita hari ini seputar tanggapan santai Gibran Rakabuming yang disebut KTP Islam hingga tentang perjamuan Raja Charles III.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 berita hari ini seputar tanggapan santai Gibran Rakabuming yang disebut sebagai Islam KTP. Wali Kota Solo yang juga putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka kerap diterpa kabar hoaks maupun komentar negatif di media sosial.

Tetapi selama ini Gibran Rakabuming tetap terkesan tenang dan tak mau terpancing emosinya. Terbaru adalah Gibran disebut sebagai Islam KTP yang merupakan buntut dari menggelar acara untuk menghormati Hari Raya Nyepi di Solo.  "Anda itu kafiraun ya atau Anda islam KTP ?? istri anda dan mertua anda kristen berati anda ikut makan babi dong," tulis warganet lewat akun @KAlkalari di Twitter, Kamis, 23 Maret 2023.

Berita kedua yang banyak dibaca adalah mengenai Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan larangan menggelar acara buka puasa bersama selama Ramadhan 2023. Larangan tersebut menyasar pada Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri serta Kepala Badan/Lembaga.

Dalam surat bernomor 38 /Seskab/DKK/03/2023 yang diteken Sekretaris Kabinet Pramono Anung pada 21 Maret 2023, tertulis soal penyelenggaraan buka puasa bersama tersebut. Seluruh pejabat dan aparatur negara diminta mematuhi arahan Presiden itu dan meneruskannya kepada semua pegawai di instansi masing-masing.

Berita ketiga yang paling banyak dibaca yaitu mengenai perjamuan kerajaan di Istana Versailles yang direncanakan untuk Raja Charles III terpaksa dipindahkan lantaran ancaman kekerasan dan demo yang terus menerus terjadi di Paris. Perjamuan itu direncanakan berlangsung pada Senin, 27 Maret 2023.

Protes yang melanda ibu kota Prancis pekan ini sebagai tanggapan langsung terhadap keputusan Presiden Emmanuel Macron untuk memaksa RUU yang menaikkan usia pensiun dari 62 menjadi 64 tahun tanpa melalui pemungutan suara di parlemen. Selengkapnya di Top 3 Berita Hari Ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Santai Gibran Rakabuming Disebut Islam KTP dan Makan Makanan Haram oleh Warganet

Gibran disebut sebagai Islam KTP yang merupakan buntut dari menggelar acara untuk menghormati Hari Raya Nyepi di Solo. "Anda itu kafiraun ya atau Anda islam KTP ?? istri anda dan mertua anda kristen berati anda ikut makan babi dong," tulis warganet dengan akun @KAlkalari di Twitter pada Kamis, 23 Maret 2023.

Gibran pun mengingatkan warganet tersebut untuk menghentikan hujatannya. Gibran Rakabuming yang membaca kalimat itu memberikan balasan yang santai. Dirinya meminta agar warganet itu tidak mengeluarkan ujaran kebencian di bulan puasa. "Udah pak. Lagi puasa loh," jawabnya singkat.

Warganet yang membaca pernyataan Gibran pun juga merespon hal yang sama. Mereka melihat akun provokatif sebaiknya tidak diladeni.

"Menghadapi akun-akun bodong provokatif macam itu memang dibutuhkan kesabaran luar biasa. Kalau orang Inggris bilang; kudu dawa ususe," komentar seorang warganet.

"Pemegang kunci sorga mas dia,dia yg nentuain pahala dan dosa orang lain,” komentar warganet lainnya.

Sebelumnya, Gibran kena nyinyir sejumlah warganet setelah menggelar pawai ogoh-ogoh di Solo untuk menghormati sekaligus menyambut Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Sejarah Tradisi Buka Puasa Bersama di Indonesia yang Kini Dilarang Jokowi Dilakukan Pejabat dan ASN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan larangan menggelar acara buka puasa bersama selama Ramadhan 2023. Larangan tersebut menyasar pada Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri serta Kepala Badan/Lembaga.

Dalam surat bernomor 38 /Seskab/DKK/03/2023 yang diteken Sekretaris Kabinet Pramono Anung pada 21 Maret 2023, tertulis soal penyelenggaraan buka puasa bersama tersebut. Seluruh pejabat dan aparatur negara diminta mematuhi arahan Presiden itu dan meneruskannya kepada semua pegawai di instansi masing-masing.

Instruksi Jokowi tersebut menuai pro kontra di tengah masyarakat. Mengingat sebelum Ramadhan menyapa, masyarakat Indonesia tak terlarang menghadiri sebuah acara dengan jumlah pengunjung yang membludak. Selain itu, acara resepsi pernikahan pun juga banyak digelar dalam ragam bentuk acara.

Padahal buka puasa bersama atau yang sering kita sebut sebagai Bukber, telah seperti menjadi tradisi sendiri bagi kita, warga Indonesia untuk dilakukan tiap bulan Ramadhan. Tak hanya dengan keluarga ataupun teman dekat, buka bersama bahkan bisa menjadi momen pertemuan dengan teman lama ataupun juga bersama rekan kerja.

Selengkapnya...

 

4 dari 4 halaman

Perjamuan Raja Charles III di Istana Versailles Dipindah karena Demo di Paris

Perjamuan kerajaan di Istana Versailles yang direncanakan untuk Raja Charles III terpaksa dipindahkan karena ancaman kekerasan dan demo yang terus menerus terjadi di Paris. Perjamuan itu direncanakan berlangsung pada Senin, 27 Maret 2023.

Protes telah melanda ibu kota Prancis pekan ini sebagai tanggapan langsung terhadap keputusan Presiden Emmanuel Macron untuk memaksa RUU yang menaikkan usia pensiun dari 62 menjadi 64 tahun tanpa melalui pemungutan suara di parlemen. Saat kerusuhan politik terus melanda kota, langkah-langkah pencegahan diambil menjelang Kunjungan Kenegaraan Raja Charles III ke Prancis yang pertama kalinya sebagai raja.

Ajudan Macron mengatakan kepada penyiar berita BFM TV bahwa makan malam mewah tidak bisa lagi diadakan di tempat yang direncanakan. "Makan malam antara Charles III dan Emmanuel Macron, yang direncanakan pada hari Senin, mungkin tidak diadakan di Versailles, seperti yang direncanakan semula," kata ajudan presiden, dikutip dari News York Post, Kamis 23 Maret 2023.

Selengkapnya...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.