Sukses

Chris Hemsworth Tertib Naik Motor Saat Liburan di Bali, Warganet Colek Gubernur Bali dan Menparekraf

Liputan6.com, Jakarta Aktor Hollywood kelahiran Australia, Chris Hemsworth sedang menikmati liburan di Bali. Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram Chris Hemsworth.

Dalam video singkat yang diunggahnya pada Selasa (21/3/2023), terlihat bintang film Thor itu mengendarai sepeda motor matic yang ukurannya cukup besar bersama istrinya, Elsa Pataky. Keduanya terlihat mengenakan helm ketika menyusuri jalanan di Bali. Selain itu, Chris Hemsworth juga berselancar di salah satu pantai di Bali.

Beda dengan sejumlah turis asing yang tidak taat aturan berkendara, Chris Hemsworth terlihat taat mengenakan helm saat motoran dengan istrinya. Pemeran Thor dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) ini kemudian terlihat berselancar di salah satu pantai di Bali. Dia juga asyik menikmati makanan dan nongkrong bersama teman-temannya.

"Lettin the good times roll in Bali (membiarkan momen baik berjalan di Bali). Thanks to @denisedsylva and @madeinkatana for the sick little edit!" tulis Chris dalam keterangan unggahannya.

Kolom komentar Chris mendadak langsung dipenuhi warganet Indonesia. Beberapa warganet mengungkap salut pada sang aktor Hollywood yang taat berkendara di jalanan Bali, dengan memakai helm di tengah ketatnya Pemerintah Provinsi Bali menertibkan para turis asing nakal. Bahkan sejumlah warganet 'mencolek' Gubernur Bali I Wayan Koster dan Menparekraf Sandiaga Uno yang belakangan ini ramai membahas tentang  turis asing nakal di Bali.

"Bisa jadi contoh buat turis lain nih kalau naik motor pakai baju dan helm sesuai aturan, well done Chris," komentar seorang warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Chris Hemsworth Jadi Duta Helm

"Tuh pak Gubernur rental motor jangan dilarang. Thor aja butuh Nmax buat menikmati Bali dan jadikan dia duta helm," saran warganet lainnya.

"Nih pak Sandiaga Uno dan Kemenparekraf kalau butuh duta turis bule taat aturan, aku kasih satu kandidiat yang udah jelas impact-nya bakal gede," timpal warganet lainnya.  

"God of Thunder aja pakai helm di Bali. Kalian harus mencontohnya," komentar warganet lainnya.

Baru beberapa jam dibagikan, unggahan itu sudah disukai lebih dari 667 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 2.600 komentar. Sayangnya, tak ada informasi lebih lanjut momen liburan Chris Hemsworth di Bali, apakah baru saja dilakukan atau sekadar membagikan kembali unggahan lama.

Yang jelas, Gubernur Bali I Wayan Koster sudah mengeluarkan kebijakan melarang turis asing menyewa motor karena semakin banyaknya pelanggaran dilakukan sejumlah wisman.

"Jadi, para wisatawan atau turis asing itu harus berpergian jalan menggunakan mobil-mobil dari travel agent. Tidak diperbolehkan lagi menggunakan kendaraan yang bukan dari travel agent. Pinjam atau sewa itu tidak diperbolehkan lagi," terangnya.

3 dari 4 halaman

Alasan Gubernur Bali Larang Sewa Motor

Berdasarkan hasil penindakan Polda Bali, ditemukan banyak wisatawan, khususnya wisman, melanggar aturan lalu lintas. Bentuk pelanggarannya mulai dari tidak pakai baju saat berkendara, tidak pakai helm, mengubah nomor polisi kendaraan, hingga tidak memiliki SIM.

Menurut Gubernur Koster, perubahan aturan tersebut baru berlaku pada 2023 pascapandemi Covid-19 untuk membenah sistem pariwisata yang tidak hanya berorientasi pada jumlah kunjungan wisata setiap tahunnya, tetapi mempertahankan pariwisata yang berbudaya.

Lalu mengapa aturan itu baru diterapkan sekarang? "Mengapa sekarang? Karena kami sedang berbenah sekarang ini karena waktu pandemi, enggak berlakukan itu karena turisnya enggak ada. Sekarang mulai ditata," kata Koster di Denpasar, Minggu, 12 Maret 2023, dilansir dari Antara.

Ia berharap, Pemprov setempat akan memperketat pengawasan terhadap orang asing yang berwisata di Bali mengingat banyaknya wisman yang menyalahgunakan izin tinggal. Koster mengatakan bahwa pihaknya berserta tim pengawasan orang asing akan menindak tegas wisatawan yang melanggar aturan di Bali.

4 dari 4 halaman

Larangan Sewa Motor Sudah Ada Sejak 2020

Namun untuk saat ini sewa motor sepertinya masih dibolehkan karena masih menunggu aturan tertulis resmi diberlakukan sehingga turis asing seperti Chris Hemsworth masih bisa menyewa motor di Bali. Selain itu beredar wacana kalau para pemilik rental motor tidak setuju dengan kebijakan tersebut.

Larangan turis asing menggunakan sepeda motor sewaan di Bali sudah sesuai dedangan peraturan gubernur (pergub). Hal itu diutarakan Kadispar Bali Tjok Bagus Pemanyun.

"Kalau kita lihat regulasi memang di Pergub Bali 28 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Pariwisata Bali pasal 7 ayat 4 huruf g menyebutkan memang setiap wisatawan selalu menggunakan kendaraan wisata," katanya, Selasa (14/3/2023), melansir kanal Global Liputan6.com.

Adapun bunyi dari Pergub Bali 28 Tahun 2020 pasal 7 ayat 4 huruf g adalah wisatawan yang berkunjung ke Bali merupakan wisatawan yang berkualitas, dengan poin g berperilaku tertib dengan selalu menggunakan sarana transportasi usaha jasa perjalanan wisata.

"Kendaraan wisata apakah roda dua masuk kendaraan wisata? Coba dihubungi dinas perhubungan, di sana (peraturan gubernur) memang tidak ada ketentuan roda dua masuk kendaraan wisata," terang Tjok Bagus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.