Sukses

6 Rekomendasi Tempat Jajan Siomay, Salah Satu Dumpling Terlezat di Dunia Versi TasteAtlas

Siomay berada di peringkat ke-7 dari 100 dumpling terlezat di seluruh dunia menurut TasteAtlas. Berikut adalah enam rekomendasi tempat jajan siomay yang sayang untuk dilewatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Satu hidangan Indonesia baru saja meraih pengakuan internasional. Kali ini, siomay berada di peringkat ke-7 dari 100 dumpling terlezat di dunia menurut TasteAtlas, sebuah platform panduan online yang membahas tentang makanan tradisional, ulasan kritikus kuliner, serta artikel penelitian mengenai bahan dan hidangan populer yang berbasis di Kroasia.

Dikutip dari TasteAtlas pada Rabu, 15 Maret 2023, siomay dijelaskan sebagai "hidangan Indonesia yang terdiri dari pangsit ikan kukus berbentuk kerucut, telur, kentang, kol, tahu, dan pare.” Hidangan yang biasa diselimuti bumbu kacang, bersama dengan saus dan sentuhan jeruk limau, mendapat skor 4,7 dari 5. 

Siomay banyak dijumpai sebagai makanan kaki lima. Banyaknya penjual siomay mungkin membuat Anda bingung di mana sebaiknya jajan siomay terenak. Berikut adalah enam rekomendasi tempat jajan siomay terenak.

1. Baso Tahu Mang Ade

Meskipun hanya menjual batagor dan siomay dengan gerobak, Baso Tahu Mang Ade telah menemukan popularitas yang tak terbantahkan. Terkadang terlihat antrean panjang, terutama saat jam makan siang hingga sore hari. Baso tahu dan siomay yang dijual terasa sangat ikan dan sambal kacang yang disajikan juga gurih dengan tekstur yang khas.

Baso Tahu Mang Ade juga dikenal sebagai 'Baso Tahu Ternate' karena berlokasi di Jl. Ternate No.3, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung. Mengutip rekomendasi warganet di situs TasteAtlas, "Teksturnya lembut, dan aroma ikannya khas. Tapi yang bikin ketagihan adalah bumbu kacangnya yang enak."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Baso Tahu Tulen

Dengan kepopulerannya di kalangan pecinta kuliner, Baso Tahu Tulen berani mengklaim diri sebagai 'Siomay no. 1 di Bandung'. Sebelum menikmati siomay yang dijual, pemandangan yang akan ditemui adalah antrean panjang di setiap cabangnya. Hal ini menunjukkan bahwa siomay dan batagor yang dijual sangat populer dan memiliki banyak penggemar. Kualitas rasanya tidak diragukan lagi.

Meski mengantre, pembeli tetap memiliki alternatif karena Baso Tahu Tulen sudah memiliki banyak cabang di Bandung, di antaranya Jalan Buah Batu, Jalan Diponegoro, dan Jalan Setiabudi. Penggemar Baso Tahu Tulen mendeskripsikan siomaynya sebagai 'Baso Tahu dengan tekstur yang sangat halus dan lembut, kenyal, dan dengan aroma ikan tenggiri yang khas'.

3. Batagor Kinglsey

Batagor Kingsley telah terkenal sejak 1980-an. Restoran ini lebih dikenal dengan batagornya, makanan khas Bandung yang mirip dengan siomay yang digoreng. Namun, siomaynya juga tidak kalah enak. Keunikan rasanya terletak pada bumbu kacang yang gurih. Sebagai pilihan lain, Anda bisa menikmati siomaynya dengan kuah bening yang segar.

Batagor Kingsley berlokasi di  Jl. Veteran No.25, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung. "Hanya butuh satu gigit bagiku untuk menyadari bahwa ini memang Ferrari dari semua siomay,” ujar penggemar Batagor Kingsley di laman TasteAtlas. 

3 dari 4 halaman

4. Baso Tahu Lina

Baso Tahu Lina adalah salah satu penjual siomay yang terkenal dan lezat di Bandung. Selain menyajikan cita rasa ikan tengiri yang unik, harga yang ditawarkan juga terjangkau. Bumbu kacangnya juga sangat istimewa. Ukuran siomay atau batagornya juga cukup besar untuk dinikmati dengan puas.

Jajanan baso tahu dari Baso Tahu Lina terkenal dengan resep asli yang sehat dan terjangkau, serta memiliki rasa yang agak pedas. Siomay ini bisa dinikmati dengan harga mulai dari Rp3.000 di Jl. Sawah Kurung No.4, Ciateul, Regol, Kota Bandung.

5. Siomay Super Pak Aceng

Tidak hanya di Bandung, Jakarta juga memiliki siomay yang enak. Siomay Super Pak Aceng terletak di pinggir jalan di Cipinang Raya, Jatinegara, Jakarta Timur. Meski antreannya cukup brutal, siomay ini mampu terjual hingga ribuan buah dalam waktu kurang dari dua jam. Siomaynya berukuran besar, mirip dengan siomay premium yang biasa dijumpai di restoran.

Menu yang ditawarkan sangat lengkap, mulai dari kentang, pare, siomay tahu goreng dan putih, hingga kol gulung yang lembut. Harga per siomay per satuannya hanya Rp 4.000 saja. Siomaynya disajikan dalam potongan dengan bumbu kacang, air jeruk limau, dan kecap manis. Teksturnya sangat kenyal, terutama siomay telurnya yang menjadi favorit di tempat ini. 

4 dari 4 halaman

6. Siomay Batagor Kang Is

Di Jogja ada pula tempat jajan siomay yang legendaris. Siomay dan Batagor Kang Is 1512 terletak di Jl. Magelang No.5, Kutu Asem, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Siomay dan kuahnya disajikan tanpa kecap, dilengkapi dengan irisan jeruk nipis. Kecap dan sambal tersedia di meja. Siomaynya memiliki tekstur yang padat dan empuk, dengan ukuran potongan yang cukup besar, serta disajikan dengan kuah kacang yang lembut.

Selain siomay, menu lain yang ditawarkan adalah tahu, kol, kentang, telur, pare, dan batagor. Setiap buah siomay dan batagor dijual seharga Rp 5000, sedangkan menu pendampingnya masing-masing Rp4.000. Untuk pemesanan per porsi, pembeli dapat memesan batagor dan siomay dengan harga Rp18.000.

Siomay bersanding dengan jenis dumpling dari belahan dunia lainnya di jajaran 10 Dumpling Terbaik Dunia oleh TasteAtlas. Selain siomay dari Indonesia, ada Jiaozi dari China, Gyoza dari Jepang, Shengjian mantou dari China, Tangbao dari China, Xiaolongbao dari China, Pierogi dari Polandia, Manti dari Turki, dan Koldunai dari Lithuania. Menempati peringkat satu adalah Guotie dari China. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.