Sukses

Tanaman Daun Sirih untuk Jamu Keputihan dan Menghilangkan Bau Badan

Daun sirih sejak dulu dikenal sebagai jamu keputihan dan untuk menghilangkan bau badan, bagaimana mengolahnya?

Liputan6.com, Jakarta - Sudah jadi rahasia umum, bahwa tanaman daun sirih punya segudang manfaat. Salah satunya saat dijadikan minuman jamu, daun sirih bisa mengatasi keputihan dan menghilangkan bau badan.

Daun tanaman dengan nama latin peperomia pellucida ini memiliki kandungan seperti protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, bahkan flavonoid, fenol, serta tanin, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri. Dalam sebuah tayangan video di TikTok seorang konten kreator berbagi cara membuat jamu keputihan dan bau badan dengan daun sirih.

"Hempaskan bau badan dengan daun sirih," sebut sang pembuat konten @umma.hamzah di awal mula video, dikutip Minggu (5/3/2023).

Untuk membuat ramuan jamu keputihan dan bau badan ia menyarankan agar memilih daun sirih yang masih muda karena akan lebih banyak kandungan manfaatnya. Cara membuat jamu tersebut, daun sirih diiris tipis agar zat aktifnya mudah keluar.

Lalu tambahkan dengan jenis rempah lain seperti jahe, asam jawa, air, gula jawa yang bisa diganting dengan madu jika menginginkannya. Semua bahan direbus dengan air mendidih hingga 15 menit lalu saring untuk diminum airnya.

Ramuan ini cocok diminum setelah siklus haid. Menurutnya rasa jamu daun sirih ini sedikit pahit, asam, pedas hangat dan sedikit manis. Dosis minumnya harus diperhatikan tidak boleh berlebihan, yaitu 1 kali 250 ml sehari untuk pencegahan keputihan dan bau badan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sirih

Faktanya, tanaman daun sirih mampu menyehatkan saluran pencernaan dalam tubuh dan segudang manfaat lainnya sebagai berikut:

1. Penyebuh luka

Daun sirih memiliki kandungan saponin yang bersifat antiseptik. Senyawa ini beperan penting untuk penyembuhan luka. Selain saponin, sirih merah memiliki tanin yang berfungsi membentuk kolagen sehingga luka cepat tertutup.

2. Cegah infeksi karena bakteri

Manfaat daun sirih selanjutnya untuk mencegah infeksi karena bakteri. Kandungan fenol dan flavonoid sirih mampu mencegah risiko infeksi. Bahkan daun tersebut mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus.

3. Cegah kadar gula dalam darah meningkat

Mengonsumsi air rebusan daun sirih dapat membantu mencegah hal ini pada diabetes dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap utuh. Bahkan minyak daun sirih juga dapat digunakan oleh penderita diabetes.  

4. Cegah penyakit kanker

Daun sirih memiliki kandungan senyawa fenolik yang berkhasiat seperti anti bakteri, anti mutagenik, antioksidan, dan anti proliferatif. Daun sirih hijau pun memiliki kandungan fitokimia yang tinggi, yang dapat membantu melawan kanker mulut dan usus besar.

Daun sirih ikut membantu melawan stres oksidatif dan menghilangkan radikal bebas. Kedua faktor ini sangatlah penting dalam mencegah kanker.

3 dari 4 halaman

Atasi Masalah Kewanitaan

Sering kali bahan seperti daun siri digunakan dalam berbagai produk terkait merawat daerah kewanitaan, misanya Miss V. Hal itu lantaran daun siri punya kandungan anti jamur.

Sifat anti jamur yang terdapat di dalam tanaman daun sirih, diketahui efektif melawan pertumbuhan jamur penyebab berbagai penyakit. Ramuan ini pun sangat berguna bagi Anda yang sering mengalami gangguan kulit yang disebabkan jamur.

Termasuk yang dikenal sejak dulu daun sirih dapat mengatasi gatal di area kewanitaan. Kondisi ini umumnya dipicu abcterial vaginosis. Untuk mengatasi rasa gatal berlebihan, Anda bisa menggunakan air rebusan daun sirih dengan membasuh area kewanitaan.

Namun tentu penggunaan tidak disarankan jangka panjang. Sebab, daun sirih dapat memicu perubahan pH pada area kewanitaan. Jika rasa gatal tidak kunjung membaik, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Selanjutnya ada sifat anti bakteri yang kuat pada daun sirih. Minyak atsiri yang dibuat menggunakan larutan daun dan batang daun sirih terbukti mencegah pertumbuhan bakteri dan dimanfaatkan pembersihan radikal bebas. Akan tetapi seringnya, untuk daerah kewanitaan daun sirih digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap. 

4 dari 4 halaman

Resep Jamu Keputihan dan Bau Badan

Secara lengkap berikut resep jamu keputihan dan bau badan:

Bahan-bahan:

5-7 lembar daun sirih

2 jari jahe merah, bisa juga jahe emprit

1 jempol asam jawa

700 ml air

2 sdm gula jawa atau sesuai selera, bisa pakai pengganti madu

Langkah Pembuatan:

1. Rebus semua bahan dengan air mendidih, masak hingga 15 menit dan jadikan seperti infuse water.

Cara Minum:

1x 250 ml sehari untuk pencegahan

2-3 250 ml untuk pengobatan

tambahan bisa dijadikan campuran jamu kunyit asam

Disclaimer: Jamu adalah ramuan tradional berbahan alami yang bisa membantu kesehatan tubuh. Bila ada keluhan kesehatan, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini