Sukses

Sosok Laura Lopes, Putri Permaisuri Camilla yang Akan Hadiri Penobatan Raja Charles III

Selain Laura Lopes, anak sulung Permaisuri Camilla dari pernikahan pertamanya, Tom Parker-Bowles, juga akan menghadiri penobatan Raja Charles III.

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga kerajaan Inggris akan tampil dengan kekuatan penuh untuk acara penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023. Kedua anak Permaisuri Camilla dari pernikahan pertamanya juga dilaporkan akan hadir.

Melansir Hello, Rabu (8/2/2023), Tom Parker-Bowles adalah anak tertua dan paling dikenal. Ia telah memantapkan diri sebagai penulis dan kritikus makanan terkenal, serta muncul di acara televisi, seperti Masterchef.

Sebaliknya, adik perempuannya, Laura Lopes, tidak menonjolkan diri. Dalam rangkuman profilnya, perempuan berusia 45 tahun itu bernama lengkap Laura Rose Parker Bowles. Ia lahir pada 1 Januari 1978 sebagai anak kedua dari Camilla dan suaminya saat itu, Andrew Parker Bowles.

Laura dan Tom memiliki masa kecil yang "istimewa," tumbuh di Bolehyde Manor dan Middlewick House, yang keduanya terletak di Wiltshire. Laura bersekolah di St Mary's Shaftesbury, sekolah asrama putri Katolik, dan Sekolah Persiapan Heywood.

Ia kemudian mendaftar di Universitas Oxford Brookes di mana ia belajar Sejarah Seni dan Pemasaran. Seni kemudian jadi hasrat seumur hidup bagi Laura. Setelah mengelola Space Gallery di London, ia ikut mendirikan Eleven, sebuah galeri seni rupa di Belgravia pada 2005.

Laura menikah dengan model Calvin Klein yang beralih profesi jadi akuntan, Harry Lopes, di Wiltshire pada 2006. Saat itu, hadir teman dan keluarganya, termasuk Pangeran William, Pangeran Harry, dan, tentu saja, Duchess Camilla.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernikahan

Laura tampil menawan saat itu dalam gaun Anna Valentine, desainer yang sama yang gaunnya dikenakan Camilla ketika menikah dengan Pangeran Charles pada 2005. Harry, sementara itu, memiliki garis keluarga yang juga mengesankan.

Ia adalah cucu Massey Lopes, Baron Roborough ke-2, dan akan mewarisi Gnaton Hall di Devon dan Skelpick Estate di dataran tinggi Skotlandia. Laura dan Harry berbagi tiga anak bersama, putri Eliza (15), serta putra kembar mereka, Gus dan Louis (13).

Penggemar kerajaan mencatat bahwa Eliza diberi kehormatan jadi pengiring pengantin di pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada 2011. Ia terlihat digendong kakek tirinya, Pangeran Charles saat itu, di balkon Istana Buckingham untuk melihat kerumunan besar.

Sementara itu, Department for Digital, Culture, Media, and Sport Inggris telah merilis situs web khusus penobatan Raja Charles III dan Permaisuri Camilla pada Senin, 6 Februari 2023. "Coronation of His Majesty The King & Her Majesty The Queen Consort," bunyi salah satu keterangan di laman tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Daftar Lagu

Laman itu menjelaskan detail tentang upacara yang akan datang di Westminster Abbey dan acara meriah yang direncanakan selama tiga hari libur akhir pekan. Dalam pembaruan seru lain, dikutip dari People, 7 Februari 2023, pihaknya juga merilis "Coronation Celebration Playlist" di Spotify.

Playlist berdurasi dua jam itu dimulai dengan Come Together oleh The Beatles dan sebagian besar menampilkan grup dan musisi Inggris. Total, daftar lagu itu berisi 27 lagu, termasuk dari Coldplay, David Bowie, Ed Sheeran, Ellie Goulding, George Ezra, Harry Styles, Queen, Jeff Beck, Rod Stewart, Sam Ryder, Spice Girls, The Kinks, The Who, dan Tom Jones.

Dengan sentuhan yang pas, mix ditutup dengan King oleh Years & Years. Istana Buckingham mengumumkan pada Oktober 2022 bahwa penobatan Raja Charles III dan Permaisuri Ratu Camilla akan diadakan pada Sabtu pertama bulan Mei.

Pasangan kerajaan itu akan dimahkotai dalam ritual keagamaan oleh Uskup Agung Canterbury di Westminster Abbey dan keluar bersama anggota keluarga kerajaan lain di balkon Istana Buckingham setelah kebaktian.

4 dari 4 halaman

Perayaan Penobatan

Keesokan harinya, orang-orang di seluruh Inggris Raya diajak berkumpul, merayakan Coronation Big Lunch. Digagas Proyek Eden, acara ini dimaksudkan "meningkatkan semangat komunitas, mengurangi kesepian, serta mendukung amal dan tujuan baik".

Malam harinya, Coronation Concert akan disiarkan langsung dari Kastil Windsor. Meski lineup penampil belum diumumkan, istana sebelumnya mengatakan konser tersebut akan menghadirkan "ikon musik global dan bintang kontemporer" yang didukung orkestra dan penari kelas dunia.

Tiket gratis akan tersedia untuk umum melalui undian nasional. Konser tersebut juga akan dihadiri sukarelawan dari beberapa afiliasi amal Raja dan Permaisuri.

Disinkronkan dengan pertunjukan, "Lighting up the Nation" akan membuat lokasi-lokasi ikonis di seluruh Inggris diterangi proyeksi, laser, dan tampilan drone. Perayaan ditutup pada Senin, 8 Mei 2023, yang dinyatakan Perdana Menteri Rishi Sunak sebagai hari libur bank.

Warga negara Inggris pun diundang untuk berpartisipasi dalam Big Help Out, sebuah inisiatif sukarela, dan memberikan waktu mereka untuk tujuan yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.