Sukses

Merespons Pasar, Martha Tilaar Gandeng Etrea Gabungkan Perawatan Kecantikan Tradisional dan Instan

Martha Tilaar yang selama ini mengusung konsep perawatan kecantikan tradisional tak bisa mengabaikan permintaan pasar untuk mendapatkan kecantikan lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta - eknologi kecantikan semakin canggih seiring waktu. Hal itu memungkinkan pelanggan mendapatkan hasil yang lebih instan. Tak mau ditinggalkan zaman, Martha Tilaar berkolaborasi dengan Etrea, klinik perawatan anti-penuaan dini, menyodorkan layanan perawatan kecantikan yang menggabungkan dua elemen, instan dan tradisional.

"Kita harus realistis supaya tetap relevan dengan kemauan pasar. Cara natural memang butuh proses lama dan penuh ketekunan. Dalam kapasitas Martha Tilaar, kita akan tetap lakukan seperti yang dilakukan selama ini," ujar Direktur Martha Tilaar Center Wulan Tilaar dalam peresmian Etrea Anti-Aging Clinic di Jakarta, Selasa, 31 Januari 2023.

Wulan menyebut, pihaknya tetap mempertahankan tradisi yang berasal dari kearifan budaya Indonesia. Perawatan tradisional yang menggunakan herbal, misalnya, tetap dilakukan, tetapi dikombinasikan dengan teknologi kecantikan yang lebih maju. Tujuannya agar hasil yang instan itu tetap aman dan efektif bagi pelanggannya.

"Perawatan tradisional dengan herbal-herbal itu tujuannya menyiapkan kondisi kulit sebelum tindakan atau sesudah tindakan. Membuat kulit yang merah-merah itu supaya normal lagi. Ini praktik yang lazim di luar negeri. Dokter yang lakukan tindakan invasif, spa kami yang bantu mempersiapkannya," ujar Wulan mencontohkan. 

Diany Pranata, Direktur Etrea Anti Aging Clinic, menyebut bahwa perpaduan antara tradisional dan modern menjadi daya jual unik yang membedakan kliniknya dengan tempat serupa. Ia menerangkan bahwa efek samping dari hasil instan yang diperoleh lewat bantuan teknologi, bisa dibantu diatasi dengan perawatan tradisional.

"Proses slimming ada yang mau cepat. Kalau cara tradisional baru bisa dapat hasilnya setelah berbulan-bulan, tapi Etrea bisa cepat, sebulan. Tapi, kulitnya langsung kendor. Nah, kita butuh perawatan bengkung (untuk mengurangi efeknya)," sebut dia memberi contoh berbeda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Variasi Perawatan

Diany menerangkan pihaknya saat ini memiliki alat laser pico yang memiliki gelombang nano untuk melayani beragam tindakan, seperti menghilangkan melasma, menyamarkan bopeng bekas jerawat, selulit, hingga menghilangkan tato. Teknologi ini sudah banyak diterapkan di berbagai klinik kecantikan di Indonesia karena hasilnya bisa langsung terlihat setelah satu sesi perawatan.

Bedanya, mereka akan menyiapkan kondisi kulit dengan teknik tradisional yang disebut biofacial. Kulit pasien akan dibersihkan menggunakan bahan alami, seperti jeruk untuk kulit berminyak, kulit normal dengan lidah buaya, atau kulit kering dengan witch hazel.

"Disesuaikan dengan kondisi. Ibaratnya kita bikin layak untuk laser, baru dioper... Kalau enggak (facial), kulitnya kaget," kata Wulan.

Setelah tindakan selesai, pasien akan kembali disarankan melakukan perawatan, yakni dengan dimasker. Fungsi masker itu untuk mendinginkan wajah yang kemerahan setelah dilaser. Pilihan maskernya dari beras putih, beras merah, dan beras hitam. 

"Beras itu kaya vitamin E dan kolagen. Itu bisa menstimulasi pembentukan sel baru. Semakin cepat (terbentuk sel baru), semakin baik. Kulit bisa recover lebih cepat," tutur Wulan.

 

3 dari 4 halaman

Biaya Perawatan

Etrea, kata Diany, juga memiliki perawatan penurunan berat badan menggunakan teknik suntik yang disebut pluryal mesotherapy. Ada pula perawatan suntik lainnya, yakni botox dan filler. Seluruh perawatan dikerjakan oleh dokter yang berpengalaman dan tersertifikasi. Saat ini, Etrea memiliki dua dokter yang bertugas.

"Ruang treatment kami pun satu ruangan hanya untuk satu pasien sehingga lebih eksklusif dan memberikan kenyamanan untuk pasien,” sambung Diany.

Florencia Novita, General Manager Etrea menambahkan bahwa tersedia paket perawatan yang mengombinasikan antara teknologi dan tradisi, seperti memadukan Body Firm & Dermo Tapping untuk Slimming; memadukan Body Contour dengan Bengkung untuk Refirming; dan Pico Laser dengan scrub dan pijat untuk Post-Natal Treatment.

"Jadi untuk para ibu yang habis melahirkan, ini akan menjadi waktu yang menyenangkan untuk merawat dan memanjakan diri dengan Post-Natal Treatment," kata Florencia.

Diany menyebut paket perawatan di klinik itu berbiaya mulai Rp2,75 juta. Namun sampai 7 Februari 2023, pihaknya menyediakan paket promo, yakni diskon menjadi Rp1,999 juta untuk perawatan cengan pico laser.

4 dari 4 halaman

Tren Kecantikan 2023

Sementara itu, kesadaran orang untuk menjaga kesehatan dan kecantikan makin tinggi sejak melewati tiga tahun masa pandemi COVID-19. Banyak produk skincare lokal yang bertumbuh tak kalah dengan produk dari luar.

"Awareness orang untuk perawatan tubuh, termasuk wajah meningkat pesat, melonjak sekali. Dengan lebih banyak di rumah orang makin lebih banyak melihat dirinya sendiri banyak memiliki kekurangan makanya melakukan perawatan," ujar dr. Kardiana Dewi, dokter kulit dan kecantikan yang hadir saat talkshow di Tokopedia Beauty Awards, Kamis 2 Desember 2022. 

Seiring meredanya pandemi, banyak kaum hawa yang sebelumnya memiliki waktu untuk mengikuti berbagai langkah menggunakan skincare kini lebih memilih kepraktisan. Berbagai produk lokal juga ikut mengakomodir permintaan tersebut dan membawanya ke tren berikutnya.

"Tren kecantikan 2023 orang ingin kulit glowing tapi lebih simpel," sebut dr. Kardiana.

Pada prinsipnya yang mendasar dalam merawat kulit adalah rajin melakukan cleansing dan double cleansing. Selanjutnya, mereka menggunakan pelembab yang water-base, lalu sunscreen untuk menghalau sinar UV A dan UV B.

Sementara dari sisi produk lokal, ia melihat semakin banyak brand yang mengeluarkan produk yang memberi hidrasi untuk kulit. Ada banyak produk skincare yang sudah menawarkan kandungan ceramide berkali lipat untuk menghidrasi kulit. Selain ceramide yang sebenarnya sudah ada dalam sel kulit manusia, bahan ini akan melindungi lapisan skin barrier. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.