Sukses

Menengok Desain Masjid Ivan Gunawan di Uganda, Tanpa Kubah dan Berbiaya Sekitar Rp1,5 Miliar

Ivan Gunawan membangun masjid di Uganda karena belum banyak masjid yang terletak di sana dan hanya menampung sedikit jemaah.

Liputan6.com, Jakarta - Proses pembangun masjid di Uganda, Afrika oleh Ivan Gunawan akhirnya rampung. Pembangunan masjid yang dimulai sekitar bulan April 2022 ini sudah selesai dan bisa digunakan oleh warga di sana untuk beribadah.

Masjid yang dibangun oleh desainer kondang ini berada di Distrik Butanjwa Hoima Uganda Barat. Dalam unggahan di akun Instagram miliknya pada Rabu, 1 Februari 2023, Ivan Gunawan membangun masjid di negara Afrika itu karena belum banyak masjid yang terletak di sana.

Rencana mulia ini pertama kali diketahui dari unggahan Instagram @Hamza.tamimy. Disebutkan, masjid yang dibangun Ivan tersebut mampu menampung hingga 400-500 jamaah. Bangunan ini cukup besar lantaran tempat ibadah di Uganda hanya bisa menampung sampai 200 jamaah.

"Ini masjid yang cukup besar dan megah, karena biasanya masjid-masjid yang dibuat di sini paling cuma menampung 150 sampai 200, tapi ini mencapai hampir dua kali lipatnya," tuturnya. Kini setelah rampung dibangun, masjid bernuansa putih itu terlihat dilengkapi dengan karpet warna-warni.

Pria yang biasa disapa Igun ini mengungkapkan taksiran biaya yang dikeluarkan untuk membangun masjid itu sekitar Rp1,5 miliar. "Pembiayaan sekitar Rp1,5 miliar lah. Aku yakin pasti banyak yang ngebantu, aku yakin, bisa cepat rampung" ucapnya, dilansir dari kapanlagi.com

Desain masjid ini termasuk unik terutama karena tidak memiliki kubah. Ventilasi bangunan tersebut juga tampak sedikit berbeda dengan model kerucut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Interior Minimalis

Keunikannya juga terlihat dengan interior minimalis. Jika bagian luar berwarna putih polos, nuansa berbeda begitu terasa saat memasuki masjid ini. Di sana tergelar panjang karpet warna-warni di dalamnya. Pada pintu masuk masjid tersebut terdapat papan kecil bertuliskan ‘Masjid Indonesia by Ivan Gunawan’.

Lewat Instagramnya, Igun sendiri meminta bagi siapapun yang sedang berlibur atau berkunjung ke Uganda untuk mampir ke masjid tersebut. Ia berharap masjid yang sudah selesai dibangun itu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar.

"Bismillahirrahmanirrahim dengan seijin ALLAH SWT mesjid INDONESiA di UGANDA sudah di resmikan. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik dan terjaga," harap Igun.

Pembangunan masjid ini awalnya diketahui dalam video berdurasi 32 detik yang beredar di Instagram pada April 2022 lalu. Dalam video itu, terlihat ada seorang pria yang diketahui bernama Hamza. Ia menjelaskan bahwa dirinya tengah berada di lokasi masjid milik Ivan Gunawan yang akan dibangun.

3 dari 4 halaman

Ungkap Rasa Syukur

"Assalamualaikum, kak Igun. Alhamdulillah sekarang kita sudah dapet tempat untuk lokasi masjid Indonesia, ini lokasinya di Ruabarangga, Uganda barat yang dapat menampung 400 hingga 500 jemaah," kata Hamza.

"Ini masjid yang cukup besar, karena biasanya masjid-masjid yang dibuat di sini paling cuma menampung 150 sampai 200 jamaah, tapi ini mencapai hampir dua kali lipatnya jadi memang cukup besar," sambungnya.

Hamza juga tak lupa mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya pada Ivan Gunawan. "Ga nyangka bgt sih keberangkatan kali ini di support total sama kak @ivan_gunawan , dari di repost, transfer dana yang bikin gue sama @yudhanurzahra sujud sukur merinding dan minta langsung dibangunin Masjid dengan nama Masjid Indonesia," tulis Hamza.

Ivan pun sempat berkomentar mengenai pembangunan masjid atas namanya. Igun menuliskannya di unggahgan Hamza terkait proses pengenalan awal lokasi Masjid Indonesia by Ivan Gunawan. "@mastercorbuzier Masjid kita ada di Uganda," tulis Ivan Gunawan menandai akun Deddy Corbuzier.

4 dari 4 halaman

Serba Putih

Pada 2021, Igun memenangkan tantangan yang diberikan Deddy Corbuzier, karena berhasil menurunkan berat badan sebanyak 20 kilogram (kg) dalam waktu tiga bulan. Atas kemenangannya itu, Igun berhasil mendapatkan uang sebesar Rp500 juta seperti yang dijanjikan ayah Azkara Corbuzier itu.

Ia pun akan menggunakan uang tersebut untuk menepati janjinya. "Ini bukan milik gue, milik masyarakat. Karena ini gue niatin bikin masjid di Garut," kata Igun di kanal YouTube Deddy Corbuzier,

Menurut Igun, ia sudah memiliki tempat untuk membangun masjid. Ada rekan bisnisnya yang mewakafkan tanah kepadanya untuk dibuat masjid dan tempat hafiz quran. Untuk konsep masjid, Ivan Gunawan mau nuansa serba putih. Ia juga akan menyediakan fasilitas buat para penjaga masjid. Nantinya juga akan ada kolam dan taman serta pepohonan yang mengelilingi masjid itu sehingga memberikan kesan sejuk.

"Aku buatin rumah untuk marbot, penjaga masjid jadi selalu bersih, bagus terawat. Gue sudah cari inspirasi, pengin warna putih, minimalis dan dibuka 24 jam," pungkas Igun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.