Sukses

Ancol Bagi-Bagi Tiket Gratis 3 Februari 2023, Pengunjung Wajib Reservasi Sebelumnya

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang mau masuk Ancol gratis? Manajemen Taman Impian Jaya Ancol mengumumkan pembagian tiket gratis untuk 20 ribu orang untuk mengunjungi kawasan wisata di Jakarta Utara itu pada Jumat, 3 Februari 2023.

Dilansir Antara, Selasa (31/1/2023), Komunikasi Korporat Taman Impian Jaya Ancol, Ariyadi Eko Nugroho mengatakan calon pengunjung dapat memperoleh tiket gratis hanya dengan mereservasi diri di laman resmi Ancol. "Jadi total 20 ribu tiket gratis bisa direservasi mulai hari ini (Senin) sampai tanggal 2 Februari (Kamis). Masing-masing 5.000 tiket per hari," kata Eko.

Tersedia 5.000 tiket gratis di laman tersebut setiap hari hingga 2 Februari 2023. Manajemen Ancol membagi waktu reservasi untuk kuota 5.000 tiket gratis per hari tersebut sebagai berikut:

- Pukul 06.00 sampai 07.00 WIB tersedia 500 tiket

- Pukul 08.00 sampai 09.00 WIB tersedia 500 tiket

- Pukul 12.00 sampai 13.00 WIB tersedia 1.000 tiket

- Pukul 15.00 sampai 16.00 WIB tersedia 500 tiket

- Pukul 18.00 sampai 19.00 WIB tersedia 1.000 tiket

- Pukul 20.00 sampai 21.00 WIB tersedia 1.500 tiket.

Satu orang hanya bisa mengajukan reservasi satu tiket gratis. Tiket gratis masuk area Taman Impian Jaya Ancol tidak termasuk tiket masuk unit rekreasi seperti Dunia Fantasi, Sea World, Ocean Dream Samudra, Atlantis, dan Jakarta Bird Land. Selain itu, calon pengunjung tidak dapat menggabungkan fasilitas tiket gratis ini dengan promo lain seperti harga rombongan hemat berempat, Annual Pass, Six Months Pass dan lainnya.

Pengunjung yang telah mereservasi tiket gratis masuk Ancol disarankan tidak membawa kendaraan pribadi. "Sebab, tiket kendaraan tetap berbayar," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Motor Listrik

Menyambut para pengunjung, sejumlah pembaruan dilakukan Ancol. Salah satunya dengan menyediakan motor listrik bertenaga baterai Oyika. Tersedia 60 unit motor listrik yang bisa disewa di lima titik kawasan Ancol, yakni di kawasan halte Transjakarta Ancol, Beachpool, halte Pantai Indah, pintu gerbang timur, dan Putri Duyung Cottage.

Pengunjung perlu merogoh kocek Rp 30 ribu untuk dua jam penyewaan dan Rp 80 ribu untuk penyewaan sepuasnya selama jam operasional. Transaksi dilakukan dalam bentuk non-tunai.

Menyusuri kawasan Ancol dengan motor listrik bisa menjadi alternatif transportasi sekaligus kegiatan yang menyenangkan. Selain mudah dan murah, moda transportasi ini pun lebih ramah lingkungan.

Dikutip dari kanal Citizen Liputan6.com, sebagai alternatif moda transportasi jarak dekat, motor listrik bertenaga baterai Oyika ini sudah diatur sedemikian rupa untuk dapat berjalan dengan kecepatan maksimal 40 kilometer per jam. Pengunjung dapat menikmati perjalanan sambil menikmati pemandangan di kawasan Ancol.

3 dari 4 halaman

Cara Rekreasi Baru

"Menjelajah tempat wisata dengan motor listrik dinilai memiliki daya tariknya tersendiri, khususnya bagi pengunjung yang datang ke Ancol bersama keluarga. Selain dapat menikmati tempat-tempat menarik di Ancol, moda transportasi ini pun memiliki desain yang unik bagi para pengunjung yang ingin berfoto dan memiliki dokumentasi liburannya," ucap Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Oyika Powered Solutions (Oyika Indonesia), Herry Wirianto, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 29 Januari 2023.

Hal senada juga disampaikan Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Budi Aryanto. Pihak taman hiburan itu mengatakan bahwa Ancol selalu berusaha memberikan pengalaman liburan yang baru dan menghadirkan bermacam inovasi dan pelayanan bagi pengunjung agar tetap disukai.

"Selain itu, kehadiran Oyika yang bebas polusi ini juga bisa menjadi pilihan alat transportasi pengunjung berkeliling Ancol untuk mengunjungi unit rekreasi favorit seperti Dunia Fantasi, Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventures, Jakarta Bird Land hingga menuju ke Kawasan Symphony of The Sea," kata Budi.

4 dari 4 halaman

Didahului TMII

Motor listrik jadi salah satu bentuk solusi dari permasalahan lingkungan. Salah satunya menekan jumlah emisi. Selain itu, motor listrik berbeda dengan motor bensin, karena tidak mengeluarkan suara bising yang mungkin bisa mengganggu. Hal ini disebabkan tidak adanya proses pembakaran sumber energi seperti motor bensin.

Langkah serupa juga diambil TMII dengan menyediakan fasilitas kendaraan listrik berupa bus. Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menargetkan TMII bebas emisi pada akhir 2023. "Fully pada akhir 2023. TMII akan bebas emisi, kendaraan di parkiran akan disediakan EV bus (bus listrik) dari Inka untuk transportasi di dalam area," kata Wamen BUMN II, dalam Konferensi Pers dan Tour TMII Indonesia Opera, di TMII, Jumat, 25 November 2022, dikutip dari kanal Bisnis Liputan6.com.

Wamen BUMN menjelaskan rencana tersebut termasuk dalam tahap I dari tiga tahap revitalisasi yang dilakukan. Pemerintah merevitalisasi tahap I berupa infrastruktur dengan focal point danau.

Rencananya pada Maret-Juni 2023 akan dibuka wahana di TMII setelah selesai direvitalisasi. Proses revitalisasi dilakukan oleh Kementerian PUPR. Setelah selesai direvitalisasi, wahana akan segera dikomersialisasikan. "Maret-Juni 2023 akan membuka wahana yang telah direvitalisasi. Maret akan diserahkan dr PUPR, tahap komersialisasi," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.