Sukses

Cara Baru Razia Rambut Anak SMA, Kerahkan Penata Rambut Profesional

Alih-alih kabur, anak-anak SMA yang terjaring razia rambut malah jadi senang dapat penataan rambut gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Razia rambut masih diberlakukan di berbagai sekolah untuk mendisiplinkan siswanya yang tidak menuruti aturan. Biasanya, guru sudah menyiapkan gunting untuk memotong rambut mereka. Bahkan, ada guru yang asal memotong rambut siswanya sebagai sanksi karena telah melanggar.

Namun, hal ini tidak berlaku di delapan SMA yang terpilih untuk menggelar razia rambut dengan bantuan penata rambut profesional. Acara bertajuk Razia Ganteng itu digelar di SMAN 68 Jakarta, SMAN 61 Jakarta, SMAN 71 Jakarta, SMAN 34 Jakarta, SMAN 50 Jakarta, SMA Mentari Intercultural School Bintaro, SMAN 6 Cirebon, dan SMAN 4 Cirebon, pada 24--26 Januari 2023.

Dari siaran pers yang diterima Liputan6.com, 26 Januari 2023, proses razia rambut ini dilaksanakan pada pagi hari. Seperti biasa, para guru mengumpulkan siswa di lapangan yang memiliki rambut panjang atau potongan rambut tidak sesuai dengan standar sekolah untuk 'dihukum'.

Mereka kemudian diedukasi tentang pentingnya kerapian rambut di lingkungan sekolah. Selain itu, kegiatan tersebut diharapkan mematahkan rasa takut siswa ketika razia rambut di sekolah karena ternyata bisa menjadi menyenangkan. Bahkan, ada yang berharap dirazia agar tampilannya semakin keren.

Acara ini bekerja sama dengan barbershop ternama, seperti Captain Barbershop di Jakarta dan Paparazzi Barbershop di Cirebon. "Apes sih, kena razia rambut, tapi kali ini bukan razia yang menyebalkan. Soalnya razia kali ini, gua langsung di-make over sama hairstylist ternama," tutur Reza Pahlevi, siswa Kelas III SMAN 68 Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Standar Potongan Rambut Siswa

Dalam video unggahan akun Instagram Captain Barbershop, seorang guru dari SMAN 68 Jakarta menjelaskan aturan untuk standar rambut siswa ketika di lingkungan sekolah. Pertama, rambut harus di atas alis dan telinga sekitar satu hingga dua sentimeter. Sedangkan, model rambut yang dipilih tidak boleh bervariasi seperti misalnya gaya rambut yang menampilkan potongan garis-garis di bagian sisi samping kepala.

Ketiga, siswa tidak diperbolehkan untuk mencat rambut ketika berada di lingkungan sekolah. Standarnya adalah natural, kecuali memang memiliki warna rambut sesuai dengan gen.

SMAN 68 Jakarta menjalin kerja sama dengan Gatsby dan ST22 Youth Partner (lembaga pemberdayaan Anak Muda di Indonesia) untuk menghadirkan penata rambut profesional pada razia rambut. Ada stan khusus untuk para siswa yang mengikuti razia tersebut dan mendapatkan masing-masing penata rambut.

"Kami mendapat manfaatnya. Anak-anak yang tadinya rambutnya acak-acakan, kita pangkas jadi rapi ini bisa juga menjadi indikator kerapihan. Barangkali acara seperti ini bisa dilanjutkan," kata Dwi, salah seorang guru di SMAN 50 Jakarta.

3 dari 4 halaman

Gaya Rambut French Crop

Gaya rambut french cut sempat menjadi tren pada tahun 2022, bahkan saat ini masih banyak yang menggunakan potongan dengan gaya rambut tersebut. Melansir dari laman Trendspotter, French Crop Cut sangat ideal untuk siapa saja yang mencari potongan keren yang membutuhkan gaya minimalis.

Potongan ini adalah gaya rambut rapi yang cocok untuk pria profesional, seseorang yang selalu bepergian, dan siswa sekolah. Untuk penataan rambut, tergantung pada kependekan dan ketebalan rambut masing-masing.

Selain itu potongan yang sempat viral adalah french crop disconnect. Gaya rambut ini memperlihatkan rambut menjadi lebih pendek bahkan dicukur sangat tipis secara tiba- di bagian samping dan belakang kepala. Potongan rambut terputus biasanya diakhiri dengan potongan panjang di garis rambut dan sisi kepala. Ini tidak hanya memberikan French Crop tampilan keren namun juga sangat serbaguna dan hampir tidak memerlukan gaya.

Gaya rambut French Crop sangat mirip dengan Caesar Cut. Hal ini dapat dilihat pada potongan lancip atau potongan bawah dengan rambut pendek di bagian atas.

4 dari 4 halaman

Tips Merawat Rambut Bagi Pria

Melansir dari Healthline, ada tiga tips yang bisa dilakukan oleh para kaum adam untuk merawat rambutnya.

1.  Jaga Kebersihan Kulit Kepala

Menurut Dr. Matthew Lopresti, kepala ahli bedah dari Leonard Hair Transplant Associates, kulit kepala yang bersih merupakan kulit kepala yang sehat. "Pastikan tidak mencuci rambut Anda secara berlebihan karena dapat menghilangkan minyak pelindung rambut," tuturnya.

2.  Menggunakan Produk yang Tepat

Untuk menemukan produk yang tepat, Anda perlu mengetahui jenis rambut Anda apakah lurus, keriting, bergelombang, tipis, atau kering. Hal ini berlaku untuk penggunaan sampo dan gel penata rambut.

3.  Jaga Kelembaban Rambut

Menurut Jan-Rietveld, pencukur rambut dan pemilik Schorem Barbier menyebutkan bahwa penggunaan kondisioner juga perlu untuk menjaga kelembaban rambut, terlebih lagi bagi yang memiliki rambut hitam. "Menggunakan kondisioner merupakan kunci menjaga helaian rambut tetap terawat dan tetap membatasi mencuci rambut hanya sekali atau dua kali seminggu," katanya.

Sementara, untuk rambut berminyak disarankan untuk menggunakan sampo dengan kandungan mentol atau mint untuk mengurangi sebum berlebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.