Sukses

Hore, Taman Hiburan Nintendo Bertema Super Mario Bros Dibuka di California

Taman hiburan Nintendo itu menjadi cabang pertama yang dibuka di luar Jepang. Pengunjung bisa bermain gim Super Mario Bros versi dunia nyata.

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo akhirnya membuka taman hiburan pertama mereka di luar Jepang. California, Amerika Serikat, menjadi lokasi terpilih dari taman bermain yang terinspirasi dari permainan gim Super Mario Bros itu.

Super Nintendo World akan dibuka bulan depan, hanya beberapa minggu sebelum Mario kembali ke layar lebar lewat film Hollywood terbaru. Wahana itu akan menjadi bagian Universal Studios Hollywood, yakni taman hiburan yang menjadi rumah berbagai wahana berdasarkan film dan program TV waralaba mereka, dari Waterworld hingga Harry Potter.

Dengan industri video game yang skala perkembangannya melampaui film, ditambah penggunaan teknologi interaktif yang makin melibatkan pengunjung, bos kedua perusahaan akhirnya sepakat bergabung untuk memanfaatkan popularitas Mario dan Luigi, karakter tukang ledeng yang suka melompat-lompat di platform.

Atraksi Nintendo yang baru sebagian besar serupa dengan taman kembarnya yang baru dibuka tetapi sedikit lebih luas di Osaka. Di dalamnya termasuk wahana "Mario Kart: Bowser's Challenge" yang menggunakan kacamata augmented reality.

Para pengunjung diajak berlomba di sepanjang trek versi nyata yang dikelilingi oleh dekorasi dalam ukuran sebenarnya. Mereka dapat membidik dan menembakkan cangkang virtual ke penjahat terkomputerisasi yang ditampilkan di pelindung individu yang dipasang di kepala.

Ada juga sejumlah mini-game yang bisa dimainkan pengunjung bergelang interaktif untuk memperoleh koin dan perangko sebagai syarat untuk melakukan "pertarungan terakhir" dengan Bowser Jr yang jahat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memori Masa Kecil

"Ini semacam taman bermain terbaik," kata Jon Corfino, wakil presiden Universal Creative, dikutip dari AFP, Sabtu (21/1/2023). "Kami dikenal karena waralaba film kami yang hebat dan sangat imersif. Game adalah hal yang berbeda. Bagaimana akhirnya kami terlibat dengan hiburan yang berkembang dengan sendirinya... hiburan tidak statis."

Para penggemar Nintendo dengan segera memenuhi taman bermain yang berada di Los Angeles. Mereka bergegas setelah kabar pembukaan beredar cepat sejak minggu lalu. Pengunjung bisa merasakan 'soft opening' yang bertujuan untuk mengecek apakah ada kendala teknis sebelum tempat itu dibuka secara resmi.

"Berada di sini, seperti masa kecil saya di kehidupan nyata," kata Carlos Moctezuma yang mengenakan pakaian Mario ke taman.

"Saya sudah mengenal Mario sejak kelas dua. Itu adalah salah satu gim pertama saya di Game Boy," kata rekannya Lexsi Houseman, berpakaian seperti Luigi. "Ini mimpi yang menjadi kenyataan."

Peluncuran resmi Super Nintendo World ditetapkan pada 17 Februari 2023, ketika pengunjung yang dikelilingi oleh mekanik Yoshis, Piranha Plants, dan Goombas dari gim waralaba tercinta akan disambut oleh aktor yang berpakaian seperti Mario, Luigi, dan Princess Peach. Taman hiburan Nintendo ketiga akan menyusul di Orlando.

 

3 dari 4 halaman

Film Baru

Sementara itu, Universal Pictures - studio film Hollywood yang berbagi perusahaan induknya dengan taman hiburan itu - akan merilis The Super Mario Bros. Movie pada bulan April 2023. Film ini menampilkan aktor AS Chris Pratt sebagai pengisi suara Mario tukang ledeng Italia, yang memancing kontroversi dan kritiks di media sosial. Meski begitu, film itu menarik lebih banyak perhatian pada film sarat nostalgia.

Bintang Hollywood lain yang juga menjadi pengisi suara adalah Anya Taylor-Joy sebagai Princess Peach, Jack Black sebagai Bowser, dan Seth Rogen sebagai Donkey Kong. Ini akan menjadi upaya kedua Hollywood untuk membawa karakter paling terkenal Nintendo ke layar lebar, setelah film live-action pada 1993 yang disorot secara luas.

Gim Super Mario Bros pertama kali diluncurkan pada 1985 untuk konsol Nintendo NES. Gim platform, yang menampilkan Mario berlari dan melompat melewati rintangan untuk mengumpulkan koin dan menyelamatkan Putri Peach dari kura-kura Koopa yang jahat, didasarkan pada gim arcade Mario Bros yang dirilis sebelumnya.

Trailer pertama film tersebut dirilis awal Oktober 2022 yang hanya menampilkan sedikit gambaran dari konflik yang akan diangkat film tersebut. Teaser trailer yang berdurasi 2 menit 25 detik itu belum menampilkan baik sosok Donkey Kong maupun Princess Peach.

4 dari 4 halaman

Sinopsis Film

Trailer itu disusul peluncuran trailer kedua pada Rabu, 30 November 2022. Cuplikan itu menampilkan aksi petualangan Mario untuk melindungi Kerajaan Jamur. Perjuangan Mario bersama Princess Peach harus membuat mereka rela melawan monster hingga beradu dalam arena, layaknya tantangan di versi gim.

Mengutip dari The Rolling Stones, trailer dibuka dengan Mario (Chris Pratt) melawan Donkey Kong (Seth Rogen) di tengah stadium pertandingan. Kala Mario memasuki arena, Donkey Kong langsung menyambutnya dengan pukulan dan menghajarnya habis-habisan. Kamera kemudian berpindah ke Princess Peach dan Toad, yang keduanya menunjukkan ekspresi khawatir.

Trailer kemudian bertransisi ke adegan yang dipimpin oleh Bowser (Jack Black) yang menawan Luigi (Charlie Day) dengan kekuatannya. Trailer kedua yang berdurasi 2 menit 14 detik ini akhirnya menampilkan sosok Princess Peach yang menjadi tokoh penting di dalam gim Mario Bros. Kemunculan Peach dimulai dengan adegan peringatannya akan kedatangan Bowser.

“Bersama, kita akan menghentikan monster itu,” ucap Peach berani dengan kostum pahlawan dan membawa kapak besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.