Sukses

Taeyang Ungkap Sosok Penting di Balik Kolaborasi dengan Jimin BTS di Lagu Vibe

Ide kolaborasi Taeyang dan Jimin BTS untuk membuat lagu bersama ternyata muncul sejak dua tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Taeyang resmi kembali dengan lagu teranyar bertajuk Vibe. Berkolaborasi dengan Jimin BTS, pentolan Bigbang itu mengenang kembali perjuangannya untuk merilis lagu solo setelah enam tahun berlalu.

Satu jam jelang peluncuran single digital terbarunya secara global pada Jumat (13/1/2023), Taeyang menggelar diskusi langsung dengan para penggemarnya. Dalam kesempatan itu, ia mengaku merindukan para penggemar dan momen berinteraksi dengan mereka seperti itu.

"Aku sehat dan baik-baik saja. Ini pertama kalinya dalam enam tahun terakhir aku merilis musik solo baru, sejak album ketigaku dirilis pada 2017. Karena itu sudah begitu lama, aku cukup gugup," ucapnya dikutip dari AllKpop.

Taeyang pun mengungkapkan cerita di balik layar soal pembuatan single tersebut hingga bisa menggandeng Jimin BTS. Menurut ayah satu anak itu, ide tersebut muncul dari Teddy Park, produser Taeyang dan Bigbang sejak lama. Nama itu juga bertanggung jawab sebagai produser utama dan Direktur Kreatif BLACKPINK, sekaligus pendiri The BLACKLABEL, agensi yang kini menaungi Taeyang selepas dari YG Entertainment.

"Sekitar dua tahun lalu, para anggota BTS tidak aktif secara individual seperti saat ini, aku bekerja di musik sepanjang waktu sejak aku kembali dari wajib militer, dan Teddy hyung berkata sepintas pada satu hari, 'Sekarang adalah saat yang sangat baik untukmu dan Jimin untuk muncul dengan sebuah lagu yang benar-benar bagus. Semua orang akan menyukainya'," ucap Taeyang mengutip Teddy.

Ia mengaku terkejut mendengar komentar sang kolaborator saat itu. Ia mengaku tak pernah memikirkan hal tersebut sebelumnya. Apalagi, ia belum pernah berkolaborasi dengan penyanyi lain di proyek musiknya sebelumnya. Ia pun kesulitan mencari cara untuk mewujudkannya.

"Itu selalu hanya ada di benakku, tapi tahun lalu, aku diundang ke beberapa acara dan bertemu dengan para anggota BTS. Aku akhirnya bertemu dengan Jimin, dan sementara kami bicara tentang ini dan itu, kami secara alamiah membicarakan tentang bagaimana akan sangat menyenangkannya untuk bekerja sama di musik," tutur Taeyang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Duo Hip-hop

Selanjutnya, sudah bisa ditebak. Ia lalu mengundang Jimin ke studionya untuk menggarap lagu tersebut. Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, The BLACKLABEL menyebut kolaborasi keduanya tidak bisa diremehkan, karena tidak hanya menyatukan dua bintang K-pop dari era berbeda, tetapi juga menghubungkan dua boyband besar untuk pertama kalinya dalam sejarah.

"Legenda dan penyanyi utama BIGBANG telah menginspirasi generasi artis K-Pop termasuk Jimin. Karena itu, sudah sepantasnya mereka bergabung untuk perilisan pertama TAEYANG dalam enam tahun," demikian pernyataan dalam rilis tersebut.

Baik Taeyang maupun Jimin adalah vokalis yang memiliki kemampuan menari yang luar biasa. Keduanya mengambil bagian dalam komposisi lagu bersama dengan Teddy. Ada pula nama Kush, Vince, dan 24 dari THEBLACKLABEL yang bertindak sebagai penulis lagu dan produser.

Lagu tersebut disertai dengan visual yang menarik perhatian seperti terlihat di poster yang diluncurkan. Ada dua konsep visual yang diadopsi, yang dimulai dengan gaya monokromatik dari keduanya. Sementara di poster kedua memperlihatkan Taeyang dengan gaya rambut sleek dan tampilan tegas.

"Kami memulainya dengan pemotretan untuk jaket dulu, dan hasilnya melebihi ekspektasi kami, sehingga seingatku kami berdua sangat puas. Kami terlihat seperti duo hip-hop klasik," ujar Taeyang dalam klip tanya jawab itu.

3 dari 4 halaman

Langsung Trending

Kerja sama dua ikon K-Pop beda generasi ini tentu langsung disambut hangat penggemar dua musisi. Begitu “Vibe” rilis pada hari ini, antusiasme penggemar pecah.

Saat artikel ini ditulis, dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, nama Taeyang dan Jimin BTS pun juga ramai dibicarakan di Twitter karena banyak penggemar yang menyambut baik kolaborasi dan comeback Taeyang ini. Tagar #VibeFtJimin bahkan nongkrong di posisi pertama Twitter Indonesia. Video klipnya juga langsung masuk posisi empat trending di YouTube, untuk kategori musik.

Adapun lagu VIBE merupakan lagu yang mempunyai genre perpaduan R&B. Jimin pun masuk di lagu ini pada pertengahan lagu dan membuat kolaborasi tersebut semakin menampilkan warna lagunya. Suara Jimin dan Taeyang berpadu dengan sangat baik berpadu dengan video musiknya yang memperlihatkan dance dari Taeyang yang karismatik.

Dikutip dari PinkVilla, Jimin dan Taeyang menampilkan vibe yang berbeda dengan sinergi kuat dan tatapan tajam. Para fans Jimin turut senang, bahkan sebelum lagu tersebut resmi diluncurkan, karena ia bisa berkolaborasi dengan sosok yang menginspirasi musiknya. Seorang pengguna Twitter mencuit bahwa kolaborasi itu mewujudkan mimpi Jimin dan kini dia juga menginspirasi jutaan orang lainnya.

4 dari 4 halaman

Sosok Taeyang

Membahas Taeyang tidak mungkin mengabaikan BIGBANG, salah satu grup K-Pop paling berpengaruh dan terkenal di akhir 2000-an dan 2010-an. Mereka adalah yang pertama mendapatkan pengakuan global, tampil di stadion di seluruh dunia untuk jutaan penggemar dalam jumlah yang memecahkan rekor dan telah memengaruhi banyak aksi dalam genre untuk berbagai gaya musik dan produksi sendiri.

Dijuluki "Kings of K-Pop", BIGBANG adalah salah satu boy band terlaris sepanjang masa, memenangkan lebih dari 100 penghargaan, berada di "Daftar Konser Terbaik" New York Times, dan memenangkan "Best Worldwide Act" di Penghargaan MTV Eropa. Penampilan Taeyang terakhir bersama grupnya adalah saat mereka membawakan single Still Life yang diluncurkan pada April 2022 setelah empat tahun vakum.

Selain mencetak sejarah dengan band, Taeyang juga merupakan artis solo yang berprestasi. Ia merilis empat album yang sukses, termasuk dua album yang menduduki #1 di chart Album Dunia Billboard dengan serangkaian hit termasuk "Eyes, Nose, Lips" yang memenangkan " Song of the Year” di semua acara penghargaan utama Korea.

Sedangkan bagi Jimin, lagu tersebut menandai usaha pertamanya ke dalam musik solo seperti anggota BTS lainnya yang saat ini fokus pada karir solo mereka. Sebelumnya, J-Hope debut sebagai solois pada 2022 dengan album 'Jack In The Box' dan Jin debut dengan single solonya 'The Astronaut' pada Oktober 2022. Disusul RM yang merilis album solonya 'Indigo' pada Desember 2022 dan Jungkook juga merilis lagu solonya 'Dreamers' sebagai soundtrack resmi Piala Dunia FIFA 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.