Sukses

8 Kostum Nasional yang Menarik Perhatian di Panggung Miss Universe 2022, Laksmi de Neefe Mulus Bawa Phinisi

Miss Universe 2023 menampilkan pementasan kostum nasional untuk menampilkan kekayaan negara yang unik. Ada 8 National costume di miss universe yang paling menarik perhatian, salah satunya adalah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Miss Universe 2022 kembali menghadirkan sesi kostum nasional dari 84 kontestan yang hadir di New Orleans Morial Convention, Lousiana pada Kamis, 12 Januari 2023. Sesi ini termasuk ditunggu-tunggu karena masing-masing kontestan akan menampilkan busana paling khas yang menggambarkan negaranya.

Masing-masing kandidat hanya memiliki waktu sedikit untuk bisa menampilkan terbaik dari keindahan tanah air mereka di atas panggung. Tak sekadar berdiri, sebagian besar berusaha menampilkan aksi teaterikal terbaik di depan juri.

Dari desain paling sederhana hingga kostum nasional rumit dan berukuran besar, semua dibawakan di atas panggung. Dari puluhan kontestan, berikut delapan kostum nasional yang dinilai paling menarik perhatian selama sesi yang berlangsung sekitar satu jam tersebut dan dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/1/2023).

1.  Trinidad & Tobago

Tampil di hampir penghujung acara, kostum Trinidad & Tobago mampu membelalakkan mata penonton. Saat itu, perwakilannya, Tya Jane Ramey menggunakan kostum emas yang dengan boneka besar di atasnya sebagai lambang dari karnaval khas yang ada di Trinidad dan Tobago.

Latar belakang baju karya Hott Stuff Promotions ini menceritakan sejarah karnaval di negaranya yang terinspirasi dari ejekan dan revolusi. Kostum itu begitu tinggi dengan hiasan kepala badut raksasa bernuansa keemasan di ujung teratas. Badut itu juga menggunakan baju yang sama persis oleh Ramey.

"Jika Anda mencari perayaan maka harus ke Trinidad & Tobago," ujar pembawa acara yang salah satunya adalah Miss Universe 2021 Shahnaz Sandhu.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bahama

Pada sesi kostum nasional, perwakilan Bahama Angel Cartwright mengenakan kostum berwarna biru dengan corak emas. Kostum itu dilengkapi dengan ikat pinggang berwarna hitam dengan garis emas di tengahnya. Ketiga warna tersebut mempresentasikan bendera Bahama.

Yang menarik perhatian jelas adalah properti yang menghiasi kostum nasionalnya. Bentuknya seperti kincir angin yang berwarna-warni, tapi nyatanya itu untuk menggambarkan kembang api.

Kostum ini terinspirasi dari suasana Bahama saat mendapat kemerdekaan pada 1973. Pada malam yang sama, bendera kebanggaan tersebut berkibar di langit Bahama dan di Clifford Park dikelilingi oleh kembang api. Hal inilah yang ingin disampaikan oleh Cartwright pada penonton sebagai selebrasi 50 tahun kemerdekaan negara yang berlokasi di kawasan Karibia itu.

3. Indonesia 

Tampil memukau, Laksmi de Neefe menggunakan kostum berhias kapal berwarna emas lengkap di kepala sebagai sorotan utama.  Dominasi warna emas dan biru ini juga senada dengan tongkat yang dipegangnya.

Kostum yang dibuat oleh Morphacio Body Art itu terinspirasi dari semboyan TNI AL, Jalesveva Jayamahe yang berarti Di Laut Kita Jaya. Tampilan ini menyimbolkan navigasi sebuah keseimbangan yang kuat dengan turbulensi dunia.

Laksmi terlihat mantap melangkah ke tengah panggung. Sesekali ia menggelengkan kepala ke kiri ke kanan untuk memamerkan hiasan di kepalanya. Aksi teaterikalnya diakhiri dengan meluruskan tongkat yang digenggamnya sejak awal, seakan-akan ia seorang ksatria.

 

3 dari 4 halaman

4. Amerika Serikat

Miss Amerika Serikat R’boney Gabriel juga disorot karena busana silver mengilap dilengkapi warna biru dan merah dan kalung serta mahkota yang dilengkapi mutirara. Gabriel juga membawa bintang dan bulan dengan warna keabuan di punggungnya, yang terlihat berat mengingat posturnya sedikit membungkuk. Tak lupa, ia memegang bendera Amerika Serikat sebagai tanda.

Kostum ini terisnpirasi dari penerbangan ke bulan pertama kali yang dilakukan oleh astronot Neil Armstrong pada 1969. Lewat kostum itu, Gabriel ingin menunjukkan bahwa perempuan juga bisa sebagai pemimpin untuk membawa terbang ke bulan. Selain itu, kostum itu untuk menghormati NASA Johnson Space Center yang ada di Amerika Serikat.  

5. Guatemala

Kostum nasional dikenakan oleh Ivana Batchelor adalah sebagai pujian untuk beragam harta karun negara itu, mulai dari piramida megah El Gran Jaguar hingga kalender suku Maya di kalung. 

Pada bagian belakang juga ia menggunakan hiasan jaguar yang memperingati sebagai hewan dari budaya suku maya. Yang paling menarik perhatian adalah  Batchelor membawa hiasan dorongan yang direpresentasikan sebagai bangunan piramida yang megah. 

6.  Panama

Kostum yang digunakan oleh Solaris Barba disebut Jembatan Dunia, Jantung Semesta. Kostum ini memberikan sentuhan gemerlap pada praktik lukisan tubuh Pribumi. 

Tubuhnya ditutupi manik-manik rumit dan berlian imitasi yang terlihat seperti seni tradisional, dengan hiasan kepala logam dan sarung tangan yang serasi. Ketika dia berbalik, ada juga simbol hati raksasa yang menempel di punggungnya, yang melambangkan cintanya kepada orang-orang yang mengunjungi negara asalnya.

4 dari 4 halaman

7. Republik Dominika

Republik Dominika diwakili oleh penampilan Andreina Martinez Founier Ia mengenakan kostum berwarna cokelat yang serasi dengan hiasan kepala yang nampak seperti kepala burung hingga hiasan di tangan, seolah-olah seperti sayap burung.

Kostum Founier ini terinspirasi oleh burung nasional Dominika, palmchat. Kostum ini ingin mengenali pentingnya burung di budaya Dominika. Tidak main-main, kostum ini juga terbuat dari 4000 bulu sutra palmchat dan material biodegradable.

8. Vietnam 

Kostum Châu Nguyen dengan indah memamerkan kehidupan desa mereka yang terinspirasi dari desa kerajinan tangan di Vietnam bagian Selatan. Seluruh pakaian disulam dengan kilauan halus, termasuk bagian belakang yang rumit, yaitu penggunaan tikar pada bagian belakang dan dihiasi beberapa bulu warna-warni. 

Untuk hiasan kepala, berbeda dengan yang lain, ia menggunakan topi caping dengan warna senada untuk mendukung karya kerajinan tangan tersebut. Kostum Châu yang terkait dengan patriotik dan penuh vitalitas itu seluruhnya terbuat dari bahan ramah lingkungan yang memiliki kualitas tinggi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.