Sukses

Profil PT Ajinomoto Indonesia, Sejarah, Serta Produk dan Resepnya

PT Ajinomoto Indonesia adalah perusahaan yang memproduksi berbagai bumbu penyedap masakan.

Liputan6.com, Jakarta PT Ajinomoto Indonesia tentunya sudah dikenali oleh setiap orang Indonesia. Produknya yaitu Aji-No-Moto telah tersebar ke seluruh wilayah Indonesia dan telah digunakan bertahun-tahun untuk berbagai jenis masakan.

PT Ajinomoto Indonesia memiliki banyak produk yang sudah terkenal di Indonesia. Mulai dari Aji-No-Moto, Masako, Sajiku, Saori, Mayumi, dan Yum Yum Mi Instan Khas Thailand Rasa Tom Yum. Kamu tentunya sudah tidak asing dengan produk-produk ini.

PT Ajinomoto Indonesia adalah perusahaan yang memproduksi berbagai bumbu penyedap masakan. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan bumbu penyedap masakan terbesar di Indonesia, yang produk-produknya tentu sudah familier di telinga masyarakat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman resmi PT Ajinomoto Indonesia, Jumat (6/1/2023) tentang PT Ajinomoto Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil PT Ajinomoto Indonesia

Ajinomoto Indonesia Group atau PT Ajinomoto Indonesia yang merupakan bagian dari Perusahaan Global Ajinomoto Group telah hadir di Indonesia sejak 1969. Saat ini memiliki 3 pabrik di Mojokerto, Karawang (KIIC) dan Karawang Timur (ABI). Ajinomoto Indonesia Group terdiri dari PT Ajinomoto Indonesia, PT Ajinomoto Sales Indonesia, PT Ajinex Internasional, dan PT Ajinomoto Bakery Indonesia (ABI). PT Ajinomoto Sales Indonesia sendiri memiliki 3 kantor cabang penjualan yaitu di Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Dunia sekarang memiliki berbagai tantangan terkait pangan dan setiap negara memiliki kondisi yang berbeda-beda, seperti kekurangan gizi dan kelebihan gizi. Di sinilah peranan dari ide PT Ajinomoto Indonesia “Dengan pemahaman yang kuat tentang kebiasaan diet dan gizi dari masing-masing negara, untuk memberikan kelezatan yang mendukung kesehatan sehari-hari.”

Makan tidak hanya memberi makanan bagi tubuh tetapi juga bagi pikiran. Makanan yang dibuat untuk anggota keluarga dapat memperkaya kehidupan, dan makan bersama keluarga di meja makan dapat mempererat ikatan antar keluarga. Keinginan PT Ajinomoto Indonesia untuk menciptakan kesenangan memasak dan makan bersama, dan membangkitkan vitalitas tubuh keesokan harinya.

Pengetahuan terkait asam amino dapat membuat hidup lebih nyaman. Contohnya asam amino untuk otot guna mendukung para orang tua yang memiliki masalah terkait berkurangnya kekuatan otot, dan juga meningkatkan kinerja para atlet.

Telah terbukti bahwa asam amino dapat meningkatkan kualitas tidur. Dalam beberapa tahun terakhir, produk dan layanan yang PT Ajinomoto Indonesia tawarkan telah meningkat ke berbagai bidang seperti peningkatan kualitas tidur karena perusahaan terus memperluas potensi dari asam amino. PT Ajinomoto Indonesia menghadapi setiap masalah yang beragam di seluruh dunia satu per satu, langsung, dengan terus melakukan penelitian, melakukan trial berulang kali dan setiap hari belajar untuk menyelesaikan masalah yang ada.

“Untuk mewujudkan kesehatan yang lebih besar bagi orang-orang di seluruh dunia.” Itulah misi dari PT Ajinomoto Indonesia, dan perusahaan akan terus berupaya agar misi tercapai.

3 dari 4 halaman

Sejarah PT Ajinomoto Indonesia

“Untuk menciptakan bumbu yang enak dan terjangkau, dan mengubah makanan sederhana dan bergizi menjadi makanan lezat.” Itulah penggalan ungkapan dari Dr. Kikunae Ikeda, ilmuwan Jepang yang menemukan rasa UMAMI lebih dari seabad yang lalu. Ikeda menemukan bahwa komponen utama dari rasa umami adalah asam glutamat, salah satu asam amino. Ambisi Ikeda saat itu adalah untuk memperbaiki status gizi di Jepang, dan keinginannya “untuk membuat makanan sederhana menjadi lebih lezat,” yang membawa pada penemuan bumbu UMAMI AJI-NO-MOTO® untuk meningkatkan kelezatan pada makanan.

1908, Dr. Kikunae Ikeda (Professor dari Universitas Tokyo) memperoleh paten untuk memproduksi Monosodium Glutamate (MSG) sebagai bumbu rasa umami (gurih)

1909, Saburosuke Suzuki II pertama kali menjual bumbu umami AJI-NO-MOTO®. Mulai dipasarkan pada tanggal 20 Mei

1969, PT Ajinomoto Indonesia berdiri pada bulan Juli 1969

1970, Pabrik Mojokerto dibangun dan mulai memproduksi AJI-NO-MOTO® secara lokal

1980, MSG dinyatakan kembali sebagai bahan tambahan pangan yang aman oleh US FDA

1986, Departemen Industri memulai kegiatan operasionalnya, dan produk AJI-PLUS® diluncurkan

1987, PT. AJINEX Internasional berdiri

1989, Brand Masako® mulai diluncurkan dan dipasarkan

1994, PT. Ajinomoto Sales Indonesia berdiri

1999, Brand Sajiku® mulai diluncurkan dan dipasarkan

2005, Brand SAORI® mulai diluncurkan dan dipasarkan

2007, Departemen HOREKA Berdiri dan mulai memperkuat bisnis HOREKA

2009, Kantor Pusat PT Ajinomoto Indonesia Grup Berdiri

2012, Pabrik Ajinomoto Karawang mulai beroperasi dan memproduksi Masako®

2012, Brand Mayumi® diluncurkan dan dipasarkan

2015, Produk AMAMIPLUS & BAKSOPLUS diluncurkan

2016, AJINOMOTO BAKERY INDONESIA berdiri dan memulai bisnis frozen bread

2017, Brand Yum Yum® dan Delito® diluncurkan

2019, Brand Birdy® diluncurkan dan memulai bisnis minuman bubuk

4 dari 4 halaman

Produk dan Resep PT Ajinomoto Indonesia

Produk Retail

- Aji-No-Moto. penyedap rasa yang dibuat melalui proses fermentasi dengan bahan baku utama tetes tebu pilihan. Berstrandar internasional dan di bawah lisensi AJINOMOTO Tokyo sebagai perusahaan pertama yang memproduksi penyedap rasa sejak 1909.

- Masako. Bumbu kaldu spesial yang dibuat dengan daging ayam dan sapi pilihan, dengan ekstrak daging lebih mantap dan rasa asin, gurih, dan bumbu lebih seimbang. Diolah dengan tekonologi tinggi dan higienis  hingga menghasilkan bumbu kaldu yang berkualitas untuk kaldu buatan di rumah.

- Sajiku Tepung Bumbu. Tepung bumbu yang dibuat dari perpaduan tepat antara tepung dan rempah pilihan, membuat hasil gorengan memiliki rasa dan aroma yang lezat serta renyah dengan cara yang praktis.

- Sajiku Bumbu Praktis Siap Pakai. Bumbu praktis dan lengkap untuk membuat masakan favorit keluarga. Dibuat dengan rempah-rempah pilihan yang telah dikeringkan, sehingga membuat masakan menjadi lezat tanpa tambahan bumbu lainnya dan dapat digunakan untuk makanan sehari-hari.

- Saori. Saus yang dibuat dari bahan pilihan bermutu menjadikan masakan sehari-hari lebih istimewa dengan rasa khas oriental. Terdiri dari tiga varian rasa yaitu saus tiram, saus teriyaki, dan saus asam manis. Dibuat dengan bahan utama dari negara asal dan telah disesuaikan dengan selera orang Indonesia.

- Mayumi. Mayonnaise yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas, memberikan rasa yang berbeda karena rasa creamy yang penuh mulut dan sangat kaya rasa untuk makanan sehari-hari. Cocok digunakan untuk salad sayur/buah, sandwich, dan isi/campuran makanan lainnya.

- Yum Yum Mi Instan Khas Thailand Rasa Tom Yum. Mi instan dengan rasa Tom Yum khas Thailand, yang terbuat dari bumbu dan rempah pilihan ala Thailand.

Produk Industri

- AJI-PLUS

- AJI-PLUS EKICHO

- DASHIPLUS

- Neriplus

- Ebiplus

- Amamiplus

- Baksoplus

- AJIMATE

- AJI-AROMA

- AJI-NO-MOTO 25 KG

- AJITIDE I+G

- Aspartame Amino Sweet

- ACTIVA

- AJITIDE IMP

- Piliplus

- GARLICOPLUS

Selain itu, ada pula produk Bisnis Horeka dan Dapur Umami dari PT Ajinomoto Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.