Sukses

Miss Jerman Juara Miss International 2022, Wakil Indonesia Gagal Raih Prestasi

Jasmin Selberg, wakil dari Jerman berhasil memenangkan gelar Miss International 2022 dalam malam final yang digelar di Jepang pada Selasa, 13 Desember 2022.

Liputan6.com, Jakarta Wakil dari Jerman, Jasmin Selberg berhasil memenangkan gelar Miss International 2022 dalam malam final yang digelar di Tokyo Dome City Hall, Jepang pada Selasa (13/12/2022). Jerman keluar sebagai juara Miss International 2022 setelah mengalahkan wakil Tanjung Verde, Peru, Kolombia, Jamaika, Kanada, Spanyol, dan Republik Dominika di babak 8 besar. 

Sebelumnya pada tanggal 7 Desember, kontes Miss International 2022 mengumumkan dimulainya pemungutan suara untuk Top 15. Selberg mengalahkan peserta dari 66 negara dan wilayah di seluruh dunia yang mengikuti rangkaian acara di Tokyo musim dingin ini setelah absen selama dua tahun karena pandemi COVID-19. 

Dihelat untuk ke-60 kalinya, tahun ini Indonesia diwakili oleh Puteri Indonesia Lingkungan 2022 yaitu Cindy May Mc Guire. Sayangnya, Cindy gagal meraih tempat di ajang kontes kali ini. Bahkan Cindy tak berhasil masuk dalam jajaran Top 15 Miss International 2022, namun ia tetap berterima kasih kepada pendukungnya. 

"Terima kasih banyak untuk Yayasan Putri Indonesia, Mustika Ratu, Mama, Papa, adik dan seluruh keluarga, teman-teman dan juga peagen lovers Indonesia yang sudah datang jauh-jauh ke Jepang untuk menonton, thank you so much i love you all," ungkap Cindy di akun resmi puteri Indonesia dikutip Selasa, (13/12/2022). 

Dalam kompetisi untuk memperebutkan mahkota Miss International 2022, peserta dikerucutkan menjadi 15 finalis terbaik untuk melaju ke babak selanjutnya. Jajaran Top 15 Miss International 2022 disaring melalui penilaian yang dilakukan selama masa karantina berlangsung. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Jasmin Selberg

Kembalinya kontes Miss international setelah dua tahun adalah salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggemar kontes kecantikan, setelah dua tahun absen diselenggarakan. Dari 65 ratu kecantikan, Jasmin Selberg, perwakilan Jerman untuk Miss International membawa pulang mahkotanya. Dia menggantikan Bint Sireethorn Leearamwat dari Thailand, yang memegang gelar tersebut selama lebih dari tiga tahun sejak penobatan terakhir pada 2019.

Mengutip dari philstarlife, Selasa (13/12/2022), Jasmin Selberg  adalah ratu kecantikan alami, ia masih berusia 22 tahun dan berasal dari Dortmund Utara. Ia juga diketahui telah mewakili Jerman dua kali dalam kontes yang berbeda yaitu Miss Globe 2021 dan Miss Supranational 2022.

Dia juga bergabung dengan Miss Universe Jerman di mana dia ditempatkan di Top 16. Selain kini memiliki mahkota, salah satu hal yang paling berharga dalam hidupnya adalah binatang.

Selberg diketahui memiliki hewan peliharaan tikus, kucing, dan kuda. Laman Instagram-nya benar-benar penuh dengan kehidupan, menampilkan hidupnya sebagai ratu kecantikan dan hidupnya bersama teman-teman berbulunya.

 

3 dari 4 halaman

Mahkota Baru

Selain unggul dalam kontes, Jasmin juga berkembang pesat dalam menggapai pendidikannya. Dia memiliki latar belakang pendidikan Sejarah dan Filsafat di Universitas Ruhr di Bochum dan juga memiliki latar belakang Penjualan dan Pemasaran.

Jasmin juga bekerja sebagai juru bahasa di EuroShop Trade Fair dan Alberta Professional Outfitters Society, mengetahui bagaimana berbicara bahasa Inggris, Jerman, Estonia, dan Korea. Dia juga mendirikan Queens Raising Awareness, sebuah komunitas internasional yang digerakkan oleh nilai-nilai dan rasa urgensinya.

Hal itu berpijak pada filosofi dirinya bahwa perubahan kecil bisa berdampak besar dengan ia berkolaborasi bersama berbagai ajang Ratu Kontes Kecantikan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah di lingkungan dan masyarakat. Dia adalah ratu kecantikan pertama yang memakai mahkota Miss International yang baru.

Meraih gelar tersebut, Jasmin menjadi ratu kecantikan pertama yang mengenakan mahkota baru Miss International. Mahkota baru, dibuat oleh Long Beach Pearl, terdiri dari 333 mutiara putih murni untuk melambangkan keberuntungan dan kelangsungan hidup, dan 1.960 permata putih untuk menandakan tahun dimulainya kontes.

4 dari 4 halaman

Pemenang Lengkap

Sementara itu, mengenai mahkota yang bary mengutip dari Instagram resmi Miss International, Long Beach Pearl adalah sponsor pembuatan mahkota untuk Miss International 2022 dan Miss International Japan 2023. Mahkota bertema sakura ini juga menonjolkan tiga mutiara yang berukuran hingga 15 milimeter.

Pengungkapan mahkota yang terjadi di Kota Ho Chi Minh di ajang Miss International tahun sebelumnya juga menandai tonggak sejarah baru bagi Long Beach Pearl, menegaskan nilai-nilai dan keahlian merek, berkontribusi untuk menghormati keindahan, bakat, dan keberanian orang-orang Vietnam di tingkat berikutnya. Tema sakura melambangkan ikon populer Jepang yang mekar selama musim semi.

Sakura atau cherry blossom adalah representasi dari ketahanan dan keindahan. Apa yang bisa lebih elegan daripada menggabungkannya dengan mutiara Vietnam yang indah yang dibuat oleh @longbeachpearl.

Dalam daftar lengkap, berikut urutan juara untuk Miss International 2022:

Jasmin Selberg(Miss Germany)

1st Runner UpStephany Amado(Miss Cabo Verde)

2nd Runner UpTatiana Calmell(Miss Peru)

3rd Runner UpNatalia Lopez Cardona (Miss Colombia)

4th Runner UpCelinee Santos Frias (Miss Dominican Republic)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.