Sukses

Kalori Susu Kental Manis Bisa Penuhi Angka Kecukupan Gizi

Liputan6.com, Jakarta Sejak tahun 1897, susu kental manis sudah menjadi pelengkap berbagai jenis bahan pelengkap sarapan pilihan keluarga Indonesia.

Kepopuleran susu kental manis semakin meluas seiring berkembangnya waktu karena cita rasanya yang lezat dan gurih. Dengan cita rasanya yang lezat, kreasi camilan untuk keluarga semakin mudah untuk dibuat.

Selain rasa dan kepraktisannya, susu kental manis juga mengandung vitamin dan mineral. Bahkan, susu kental manis pun mengandung kalori di dalam produknya.

Dengan kalori susu kental manis yang ada di dalamnya bisa memenuhi angka kecukupan gizi yang telah ditentukan oleh pemerintah. 

Untuk mengetahui lebih dalam kalori susu kental manis yang terdapat di dalamnya dan bisa penuhi angka kecukupan gizi, simak ulasannya di bawah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

AKG dan Kalori Susu Kental Manis

Angka kecukupan gizi merupakan sebuah nilai yang menunjukkan kebutuhan rata-rata zat gizi tertentu yang harus dipenuhi setiap hari bagi hampir semua orang dengan karakteristik tertentu untuk hidup sehat. AKG digunakan sebagai patokan zat gizi rata-rata yang diperlukan oleh suatu kelompok orang.

Dalam angka kecukupan gizi, terdapat beberapa instrumen yang harus dipenuhi. Mulai dari karbohidrat. Lemak, hingga protein.

Itu semua akan menentukan seberapa besar kalori yang ada dalam tubuh. Kebutuhan kalori juga menggambarkan besarnya energi yang dibutuhkan dalam sehari.

Sebagai informasi, kebutuhan kalori masing-masing orang memang berbeda, jika menilik AKG dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mencatat bahwa kebutuhan kalori untuk pria dan wanita dewasa sebesar 2150 kkal.

Sedangkan jika merujuk kepada Kementerian Kesehatan RI, rata-rata kebutuhan kalori untuk pria usia 30-49 tahun adalah sekitar 2625 kkal per hari dan wanita usia 30-49 tahun adalah sekitar 2150 kkal per hari.

Jika membicarakan kebutuhan kalori, sebagian besar orang kerap menghindari dengan berbagai alasan kesehatan yang menyertainya. Jika ditilik lebih dalam, kalori memiliki energi yang bisa berperan sebagai bahan bakar untuk melakukan ragam aktivitas. Entah itu aktivitas yang hectic atau tidak, kalori tetap menjadi instrumen utama agar organ tubuh bisa berfungsi secara baik.

Rata-rata kalori susu kental manis terkandung di dalamnya sebanyak 130 kkal per sasetnya. Itu artinya, kandungan kalori susu kental manis hanya 6 persen dari kebutuhan kalori harian yang dianjurkan dalam Angka Kecukupan Gizi (AKG) untuk orang dewasa, yaitu rata-rata 2150 kkal per hari. Itu artinya, kalori susu kental manis bisa penuhi angka kecukupan gizi jika dikonsumsi dengan tepat.

Ketika mengonsumsi susu kental manis dengan tepat, selain bisa penuhi angka kecukupan gizi, juga bisa memberikan semangat yang lebih dan suasana hati yang happy untuk menjalani setiap aktivitas akan meningkat. Dan kebutuhan kalori ini, bisa didapatkan melalui makanan, minuman, atau camilan yang menjadi favorit setiap orang.

Dilansir dari Sibirskiy Trade House, kandungan kalori susu kental manis dapat berperan sebagai penambah kebutuhan kalori harian.

Kebutuhan kalori harian bisa terpenuhi dengan tepat apabila digunakan dengan konsumsi yang secukupnya untuk bahan tambahan di menu makanan dan minuman.

Satu lagi yang harus diingat, kalori yang masuk, khususnya kalori susu kental manis ke dalam tubuh harus diimbangin dengan gaya hidup sehat.

Pasalnya, jika kalori yang masuk terlalu banyak dibandingkan kalori yang keluar, itu akan terjadi penumpukan. Dan penumpukan yang terjadi di dalam tubuh akan berubah menjadi lemak yang bisa mempengaruhi kesehatanmu.

Untuk itu, gaya hidup sehat menjadi kunci. Kamu bisa rutin melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga dan bersepeda. Dan yang tak boleh dilupakan, kalori yang masuk juga harus sesuai dengan saran penyajian dari bahan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

3 dari 6 halaman

Aman Dikonsumsi Sehari-hari

Dengan kandungan kalori yang terdapat pada susu kental manis, apakah aman untuk dikonsumsi? Jawabannya adalah iya.

Berdasarkan BPOM, susu kental manis merupakan produk dengan kandungan susu yang aman dikonsumsi sehari-hari. Dengan statement tersebut, kalori susu kental manis bisa menjadi asupan kalori sehari-hari. 

Dengan satu catatan, tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan! Fyi, susu kental manis bisa dikonsumsi oleh anak-anak di atas 12 bulan dengan diimbangi oleh asupan makanan lain agar gizi tetap seimbang ya!

4 dari 6 halaman

Kalori Susu Kental Manis dan Ragam Kreasi Menu

Dalam menjalani setiap aktivitas, tubuh membutuhkan asupan kalori yang memadai. Dengan kalori susu kental manis, kamu bisa membuat ragam menu untuk sarapan yang lebih disukai keluarga.

Ragam kreasi menu lezat yang bisa menemani waktu sarapan dan waktu senggang bisa kamu buat dengan memanfaatkan kebaikan yang terkandung dalam kalori susu kental manis lho.

Kamu bisa membuat ragam kreasi roti tawar dengan tambahan susu kental manis untuk sarapan. Atau kamu bisa membuat kue kering di kala waktu senggang yang dikombinasikan dengan lezatnya susu kental manis.

Kalori susu kental manis juga bisa menjadi mood booster di kala sibuknya pekerjaan menghampiri. Kamu bisa membuat minuman kekinian dengan kombinasi susu kental manis atau minuman segar dengan topping susu kental manis.

5 dari 6 halaman

Seimbangkan Gaya Hidup Aktif

Asupan gizi tidak serta merta berasal dari kalori susu kental manis saja, dibutuhkan asupan nutrisi lainnya. Itu diperlukan agar tubuh mendapatkan energi yang cukup dalam menjalani kesibukan sehari-hari. Sangat penting untuk menyeimbangkan itu semua agar kinerja tubuh dapat tercapai secara maksimal.

Menyeimbangkan asupan kalori susu kental manis yang memberikan rasa lezat bisa dilakukan dengan terapkan pola makan sehat.

Mengatur pola makan dengan perbanyak konsumsi buah dan sayur guna memenuhi kecukupan vitamin dan mineral dalam tubuh itu penting. Selain itu, harus ditambah dengan rutin berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh saat menjalani berbagai aktivitas dan ketika cuaca tak menentu.

6 dari 6 halaman

Cerdas Memilih Produk Susu Kental Manis

Berbagai penjelasan di atas menunjukkan, kandungan kalori susu kental manis bisa menjadi salah satu alternatif asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Agar manfaat kalori susu kental manis bisa terserap secara maksimal, cermat memilih produk susu kental manis menjadi kunci.

Kamu dengan mudah mendapatkan produk susu kental manis. Mulai dari warung kelontong, mini market yang berderet di pinggir jalan, atau supermarket terdekat.

Selain itu, produk susu kental manis juga tersedia dalam berbagai kemasan, mulai dari sachet, pouch, hingga kaleng yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Harga dari susu kental manis pun terjangkau oleh semua kalangan.

Dengan mudahnya mendapatkan produk susu kental manis dan memiliki harga yang terjangkau, kamu perlu perhatikan beberapa detail produk susu kental manis ya!

Pertama, kamu perlu cek label kemasan untuk mendapatkan informasi seputar kalori susu kental manis dan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya secara lebih detail.

Kedua, kamu perlu perhatikan kemasannya sebelum membeli produk. Kamu harus benar-benar memastikan bahwa produk yang kamu pilih itu masih dalam kondisi yang utuh, tertutup rapat, dan tidak menggembung.

Langkah ini dilakukan agar memastikan bahwa kandungan kalori susu kental manis di dalamnya masih terjaga dengan baik dan kualitas produknya masih bagus.

Terakhir, kamu harus cek tanggal kadaluarsa dari susu kental manis ya! Langkah ini bisa kamu lakukan dengan mengecek izin edar produk susu kental manis yang dikeluarkan oleh BPOM.

Selain itu, ketika produk susu kental manis sudah mengeluarkan bau yang tidak sedap, rasa yang sudah tidak enak, dan warna yang berbeda, sebaiknya tidak dikonsumsi.

Pada akhirnya, kita harus memilih asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, salah satunya adalah kalori susu kental manis. Dan agar kalori tersebut dapat memberikan dampak positif untuk tubuhmu, perlu melakukan pola hidup yang sehat dengan asupan nutrisi lainnya dan berolahraga. Jangan lupa juga untuk memilih dengan cerdas produk susu kental manis ya!

 

(*) 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS